Seperti halnya kota lain di Jepang, Pemerintah Kota Kumamoto (selanjutnya kita sebut dengan Kumamon) memiliki aturan ketat mengenai mekanisme membuang sampah. Kita harus membuang sampah sesuai dengan aturan tersebut. Bila tidak, maka kita akan mendapatkan peringatan dari Kumamon. Pada beberapa kasus, misalkan kita menginap di apartemen yang bekerja sama dengan Kumamoto University, kita juga akan mendapatkan e-mail peringatan dari International Office atas keteledoran kita saat membuang sampah. Nah agar kejadian seperti itu tidak terjadi, yuk kita pelajari mekanisme membuang sampah di Kumamoto.

Di artikel kami sebelumnya Aturan Pembuangan Sampah Oversize telah dijelaskan bagaimana membuang sampah oversize di Kumamoto. Pada artikel ini kami lebih menyajikan panduan umum dalam pemilihan sampah dan pembuangan sampah di Kumamoto.

Secara umum Kumamon membagi sampah ke dalam 8 kategori, yaitu:

  1. Burnable Waste;
  2. Paper Waste;
  3. Plastic Container and Wrapping Waste;
  4. Recyclable Waste;
  5. PET Bottles and Hazardous Waste (Special Waste);
  6. Landfill Waste;
  7. Large Waste; dan
  8. Waste the City does not collect (harus menghubungi Industrial Waste Disposer).

Sekarang mari kita amati dengan cermat pamphlet tentang membuang sampah dari Kumamon berikut ini:

ENGLISH

atau bisa secara langsung download disini Garbage Separation Chart

Sedangkan Jadwal Pembuangan Sampah dari Maret 2017-Februari 2018 untuk area Kurokami dapat dilihat disini

5_4645_101736_up_NKR308UI

atau bisa didownload disini Garbage Calendar

Pada panduan membuang sampah burnable dan landfill terdapat kata (paid), tetapi sebenarnya cara teman-teman membayar adalah secara tidak langsung yaitu dengan cara membeli plastik khusus dengan label berwarna biru untuk burnable dan berwarna hijau untuk landfill. Plastik ini bisa didapat di supermarket maupun convenient store terdekat. Harga plastik ini lebih mahal daripada apabila teman-teman membeli plastik bening untuk membuang sampah jenis lain.

Secara prinsip pastikan anda membuang sampah pada waktu yang tepat dan dengan menggunakan cara yang tepat. Apabila membuang pada waktu yang salah maupun dengan plastik yang salah bisa dipastikan sampah yang dibuang tidaklah akan diambil oleh petugas.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *