SAMSUNG CAMERA PICTURES

OCN Mobile One! Pilihan Berlangganan Paket Murah untuk Handphone di Jepang

Di Jepang penggunaan handphone simfree memang sesuatu yang tidak populer. Kebanyakan orang Jepang sendiri pasti akan memilih berlangganan paket yang telah disediakan oleh operator besar seperti Docomo, AU (KDDI) maupun Softbank. Keuntungan dari menggunakan paket yang ditawarkan oleh operator besar tersebut adalah kita sekaligus mendapatkan Handphone plus kontrak selama 2 tahun. Akan tetapi harga yang ditawarkan oleh operator-operator tersebut cukup mahal, diatas 7ribu yen/bulan. Keunggulannya selain mendapat asuransi kerusakan dan kehilangan handphone, paket ini sudah termasuk paket telepon gratis dalam lama waktu tertentu, SMS gratis dalam jumlah tertentu dan Internet sesuai kuota pilihan kita.

Namun demikian, banyak orang dari Indonesia yang datang ke Jepang dengan modal handphone yang kondisinya masih bagus, sangat sayang kalau harus membeli handphone lagi, apalagi dengan harga kontrak bulanannya yang terasa mahal. Solusi dari masalah ini adalah mencari operator-operator yang menjual simcard saja beserta paket yang lebih murah tentunya, salah satunya adalah OCN. OCN sendiri pada dasarnya adalah anak perusahaan (MVNO) dari Docomo, sehingga menggunakan OCN berarti juga menggunakan sinyal kuat khas dari Docomo sendiri. Kenapa OCN yang ditawarkan disini? well, kebetulan saja banyak warga Kumamoto yang menggunakannya. Artikel ini, sedikit retouch dari artikel Mr Af sebelumnya disini dengan beberapa keterangan tambahan yang bisa membantu.

OCN sebenarnya punya 6 pilihan kartu perdana tetapi 2 diantaranya adalah pilihan bagi yang tinggal hanya sebentar saja di Jepang, sedangkan 4 yang lainnya adalah untuk kontrak jangka panjang disini, pada link ini dijabarkan perbandingan ke-4 SIM tersebut, di artikel ini kami sedikit mereviewnya:

ocn

  1. Voice Enable Simcard (merah): harga mulai 1.728 Yen/bulan. Mendapatkan nomer telepon jepang yang diawali 070/080/090, mendapat nomer telepon IP (voip) diawali 050, bisa kirim SMS, bisa internetan.
  2. Data Communication only (biru), harga mulai  972 Yen/bulan. Hanya bisa untuk internetan saja, tidak mendapat nomer handphone.
  3. Data Communication + SMS (hijau), harga mulai 1.101,6 Yen/bulan. Bisa untuk internetan dan SMS, tidak mendapat nomer handphone
  4. Data Communication + 050 plus (hitam), harga mulai 1.134 Yen/bulan. Bisa internetan dan mendapat nomer telepon IP (voip) diawali 050. Telepon menggunakan aplikasi 050 plus ini nantinya bisa digunakan untuk menelpon ke telepon rumah/nomer HP biasa juga.

harga diatas tersebut adalah harga termurah apabila memilih paket data 110 MB/hari, paket lain yg tersedia 170mb/hari, 3GB/bulan. 5GB/bulan, 10GB/bulan dan 15GB/bulan. Untuk yang voice enable simcard bisa juga untuk memilih paket tambahan telepon gratis setiap 5menit pertama sebesar 850 Yen/bulan apabila dirasa perlu.

Untuk mendapatkan simcard-simcard tersebut, bisa didapatkan secara online di ntt x-store, amazon, ichiba, yahoo, akan tetapi amazon lebih recommended coz harganya yg jauh lebih murah. Untuk simcard yg data communication (nomer 2,3,4) setelah memesan di amazon, setelah simcard sampai, bisa langsung dipasang dan diaktivasi.. sedangkan untuk Voice enable simcard, kita hanya mendapat paket yang isinya semacam kode aktivasi beserta panduan aktivasi dan pemesanan simcard yang sesungguhnya. Setelah kita melakukan aktivasi sesuai petunjuk, mengisi data diri, memilih simcard dan jenis layanan, maka simcard yang asli baru akan datang setelah sekitar 3 hari setelah pengisian form selesai kita lakukan.

Tips untuk pengguna voice enable simcard, download aplikasi telepon bawaan OCN di playstore agar bisa menelpon secara murah, jadi setiap mau melakukan panggilan telepon keluar gunakan aplikasi ini. Selain itu bagi pengguna voice enable simcard, tidak perlu mencontreng pilihan menggunakan nomer 050 ketika aktivasi/pengisian form. Nomer 050 yang didapat nantinya akan dikirim ke email OCN yang kita buat ketika aktivasi dan pengisian form. Nomer 050 yang didapat dilengkapi password sementara untuk melakukan aktivasi nomer 050, untuk melakukan aktivasi silakan download aplikasi OCN 050 Plus terlebih dahulu, kemudian isikan nomer dan password sementara, kemudian create password yang kita kehendaki.  Penggunaan voice enable simcard OCN minimal adalah 6 bulan, apabila kurang dari itu akan dikenai charge sebesar 8.000 Yen. Oh ya tersedia juga layanan untuk melakukan MNP (Pindah dari operator lain ke OCN tanpa mengganti nomer HP).

Metode pembayaran paling mudah yang prosesnya cepat adalah menggunakan kartu kredit, sedangkan untuk menggunakan cara lain seperti autodebet dari Bank caranya lebih rumit, panduannya bisa dilihat disini dan pertanyaan pertanyaan umum mengenai pembayaran bisa merujuk ke halaman ini. Keuntungan lain dari penggunaan OCN ini adalah mendapatkan gratis basic fee untuk bulan-bulan pertama. Perhitungan bulan mengikuti pergantian bulan pada kalender, sehingga akan lebih menguntungkan apabila apply pada awal bulan karena mendapat periode gratisan yang lebih panjang.(ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *