download

Mendapatkan COE untuk membawa keluarga saat studi di Kumadai

COE

Bagi yang ingin membawa keluarga ketika studi di Kumamoto University / Kumadai, persyaratan yang diperlukan adalah seperti biasa sama dengan ketika ingin melakukan perjalanan ke Jepang atau negara lainnya yaitu Paspor dan Visa (walaupun ada beberapa negara tujuan yang bebas Visa). Namun berbeda dengan pengajuan Visa yang dibutuhkan pada saat melakukan liburan atau kunjungan singkat, bila ingin memboyong keluarga ke Kumamoto harus mengajukan Visa untuk menetap dalam jangka waktu yang lama (Long Term resident). Untuk itu diperlukan dokumen Certificate Of Eligibilty (COE) atau “surat sakti” sebagai syarat mutlak untuk mendapatkan Visa tersebut.

Berikut ini kami informasikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan serta bagaimana cara mengajukan COE bagi mahasiswa/mahasiswi yang ingin membawa keluarganya.

Cara mengajukan :

Cara mengajukan yang tertulis disini khusus bagi mahasiswa Kumamoto University, sedangkan mahasiswa kampus lain untuk informasinya bisa ditanyakan ke International Office masing-masing. Apabila oleh International Office tidak disediakan jasa pengurusan CoE maka CoE harus diurus langsung ke Kantor Imigrasi setempat. Dokumen yang harus dibawa apabila mengajukan langsung sama, jadi bisa merujuk ke tulisan kami ini.

  1. Silahkan datang langsung ke International Student Office (ISO) yang terletak di kampus utara untuk meminta formulir pengajuan pembuatan COE dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan.
  2. Setelah dokumen yang dipersyaratkan telah di isi dan disiapkan dengan lengkap, serahkan kepada petugas di ISO paling lambat hari kamis sebelum jam makan siang.
  3. Biasanya kita akan diminta oleh petugas di ISO untuk memberikan alamat email agar apabila COE sudah selesai mereka bisa segera memberikan informasi untuk mengambil COE.

Persyaratan :

  1. Form aplikasi yang sdh diisi (per orang) (form juga bisa didapatkan di Kantor Imigrasi bagi yang mengurus langsung di kantor Imigrasi)
  2. Fotokopi buku nikah (mau fotokopi lihat disini)
  3. Fotokopi akte kelahiran anak
  4. Pas foto 4×3 masing-masing anggota keluarga yang akan dibuatkan COE. (mau cetak foto lihat disini)
  5. Fotokopi resident card mahasiswa/mahasiswi yang mengajukan permohonan
  6. Fotokopi buku tabungan atau surat keterangan beasiswa (misal Financial Guarantee Statement). Bagi yang beasiswanya dari MEXT pengajuan surat keterangan bisa melalui International Student Office
  7. Fotokopi paspor masing-masing anggota keluarga
  8. Student certificate atau letter of admission (detilnya sebaiknya minta bantuan tutor).
  9. Biaya kirim dalam bentuk prangko yang bisa di beli di CO-OP atau kantor Pos (JP Post)(detilnya bisa ditanyakan langsung ke International Student Office (ISO) karena biayanya tergantung jumlah anggota keluarga/pemohon)

Waktu yang dibutuhkan untuk memproses COE tersebut bisa berbeda-beda (menurut pengalaman paling lama 1 bulan).

Catatan penting : Masa berlaku COE adalah 3 bulan terhitung sejak dari tanggal diterbitkan.

Nah apabila sudah ada rencana kapan waktunya untuk membawa keluarga, jadi sudah bisa memperhitungkan yach.

Semoga bermanfaat :)

(af/bn/ds)

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Kartu Kredit (Tuo Card) di Co-op Kumamoto University

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *