Saat ini layanan internet telah menjadi kebutuhan penting pagi sebagian besar orang termasuk wisatawan atau mahasiswa yang baru pertama kali datang ke Jepang atau Kumamoto pada khususnya. Walaupun di beberapa tempat seperti bandara internasional atau mall menyediakan layanan free WiFi, namun kadang kita memerlukan layanan tersebut saat di tengah perjalanan. Misalnya untuk keperluan navigasi menggunakan Google Map.

Salah satu cara untuk mendapatkan layanan internet selama melakukan perjalanan ke luar negeri adalah dengan memanfaatkan layanan roaming yang disediakan oleh provider Indonesia. Pada artikel ini kita akan membahas layanan XL Pass dari XL Axiata.

Untuk kamu yang mau praktis internetan di luar negeri. Hanya di XL, kuota Paket Prabayar HotRod, XTRA Combo juga dapat digunakan di luar negeri semudah di dalam negeri dengan menggunakan XL PASS.

Dengan XL PASS, kuota paket internet Anda dapat digunakan saat bepergian di 57 negara favorit .Tak perlu repot mengganti SIM Card atau mencari spot wifi, cukup aktifkan XL PASS sesaat sebelum “terbang” atau sesampainya di negara tujuan.

XL Pass

Ya, XL Pass hanyalah layanan roaming saja, sedangkan kuota internet yang digunakan adalah kuota kuota Paket Prabayar HotRod atau XTRA Combo yang telah anda miliki sebelumnya selama di Indonesia.

Cara Mengaktifkan XL Pass

Langkah dalam menggunakan layanan XL Pass adalah:

  1. Beli layanan HotRod atau XTRA Combo. Bila anda masih memiliki kuota HotRod atau XTRA Combo selama di Indonesia, maka anda tidak perlu membelinya lagi.
  2. Beli layanan XL Pass. Anda bisa membelinya dengan menekan *123*747# di HP anda atau menggunakan aplikasi myXL, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa, dan Ayopop.
  3. Pastikan anda memilih tanggal pengaktifan XL pass sesuai dengan tanggal kedatangan anda di Jepang.
  4. Jika melakukan aktivasi XL PASS di Indonesia pastikan setting data roaming dalam posisi ‘OFF’ sebelum berangkat ke luar negeri. Setiba di negara tujuan, pastikan sudah terima SMS notifikasi bahwa XL PASS sudah aktif sebelum merubah settingan data roaming dalam posisi ‘ON’. Lihat Gambar 1 untuk mengetahui cara pengaturan setting data roaming.
  5. Selesai layanan XL pass anda telah diaktifkan.
Gambar 1. Cara pengaktifan roaming
Hal-hal yang perlu diperhatikan
  • XL PASS bisa dibeli saat berada di Indonesia atau setelah berada di luar negeri. Untuk kenyamanan, disarankan mengaktifkan XL PASS sebelum keberangkatan.
  • Khusus Prabayar: Kuota HotRod, Combo XTRA, XTRA Combo, XTRA Combo PRIMA bisa digunakan di luar negeri setelah XL PASS aktif dan terhubung dengan operator yang berlaku; jika kuota HotRod, Combo XTRA, XTRA Combo, XTRA Combo PRIMA habis tetap dapat menikmati internet TANPA BAYAR.
  • XL PASS tidak diperpanjang secara otomatis, namun pelanggan dapat membeli XL PASS lebih dari 1 kali.
  • Masa berlaku XL PASS mengikuti waktu di Indonesia bagian Barat (WIB).
  • Provider internet Jepang yang menjadi rekanan XL adalah Softbank, jadi pastikan area yang anda kunjungi terjangkau oleh layanan Softbank.
Review Layanan

Menggunakan layanan XL pass ini sangat memuaskan. Saya telah menggunakannya di Kumamoto selama 7 hari dan tidak mengalami gangguan. Namun memang biayanya cukup mahal (lihat Gambar 2). Berdasarkan pengalaman saya, lebih murah membelinya melalui aplikasi pihak ketiga seperti Traveloka, dll. karena biasanya mereka menyediakan diskon atau promo-promo tertentu. Bulan Januari 2019, saya mendapatkan promo dari Traveloka, sehingga saya dapat membeli XL pass 7 hari dengan harga Rp 144.000 dari harga aslinya sebesar Rp 200.000.

Gambar 2. Tarif XL Pass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *