Fukuoka airport adalah bandara internasional yang terdekat dengan Kumamoto. Sebenarnya di Kumamoto terdapat Kumamoto Airport, namun Kumamoto Airport merupakan bandara domestik sehingga bila kita terbang dari luar Jepang maka Fukuoka Airport biasanya akan menjadi pilihan bandara kedatangan kita.

Berdasarkan pengalaman, shuttle bus merupakan transportasi paling praktis dari Fukuoka airport ke Kumamoto walaupun dengan waktu tempuh cukup lama, yaitu 2 jam. Bila ingin lebih cepat maka kita bisa menggunakan Shinkansen, namun untuk dapat naik Shinkansen kita harus menuju Hakata Station. Tentunya itu akan merepotkan bila kita membawa koper cukup banyak. Kendala yang sama akan kita alami ketika kita akan pulang dari Kumamoto melalui Fukuoka Airport. Bila kita naik Shinkansen, maka kita akan berhenti di Hakata Station. Dari Hakata Station kita harus naik bus lagi menuju Fukuoka International Airport.

Cara Naik Bus dari Fukuoka Airport Menuju Kumamoto

Jika anda tiba di terminal kedatangan Fukuoka International Airport dan telah menyelesaikan prosedur imigrasi, maka anda tinggal menuju highway bus information untuk membeli tiket shuttle bus menuju halte di Torichosuji, Kumamoto. Harga saat saya beli pada bulan Januari 2019 adalah 2060 Yen. Bila anda tidak tau bagaimana cara membeli tiket, silahkan meminta bantuan kepada petugas highway bus information.

Setelah mendapatkan tiket, anda bisa langsung menuju Bus Stop 3 yang berada persis di depan terminal kedatangan internasional bandara Fukuoka (lihat Gambar 1). Bis ke Kumamoto biasanya akan berangkat tiap jam. Anda bisa melihat jadwal pastinya di highway bus information.

Gambar 1. Denah Terminal Kedatangan Internasional Bandara Fukuoka
Cara Naik Bus dari Kumamoto Menuju Fukuoka Airport

Untuk menuju ke Fukuoka Airport dari Kumamoto anda bisa mendatangi halte shuttle bus Torichosuji yang berada di depan Hotel Nikko Kumamoto. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan jadwal kedatangan shuttle bus dengan membaca jadwal yang ditampilkan di papan pengumuman halte. Pada contoh jadwal di Gambar 2, angka kolom paling kiri adalah jam, dan angka pada kolom Fukuoka Airport adalah menit. Jadi misalkan anda datang di halte pukul 08:00 JST, maka bis terdekat yang anda dapat anda pilih adalah pukul 08:09 dan 08:39 JST.

Gambar 2. Jadwal keberangkatan shuttle bus ke Fukuoka Airport dari Torichosuji

Biasanya shuttle bus tersebut akan memiliki tulisan “Fukuoka Airport” dalam huruf romawi untuk memudahkan turis. Tapi untuk meyakinkan, anda bisa menanyakan langsung ke supir bis.

Koper anda (bila besar atau banyak) dapat anda masukkan ke bagasi bis, namun bila kecil dan sedikit dapat anda bawa ke dalam bis.

Ketika naik bis, anda harus mengambil tiket kecil yang keluar dari alat tiket dekat pintu masuk bis (atau tanyakan supir bis dimana alat tiketnya). Tiket kecil itu berisi nomor halte. Di layar TV bus akan tampil harga yang harus anda bayar ketika turun dengan mencocokkan nomor tiket tersebut di layar. Tarif saat saya beli pada bulan Januari 2019 adalah 2060 Yen.

Silahkan menikmati perjalanan anda hingga anda sampai di terminal keberangkatan internasional Fukuoka Airport. Jika telah sampai, anda bisa membayar dengan uas pas (karena supir bis tidak bisa memberi kembalian) ke mesin yang berada di dekat pintu keluar.

Pro Tips
  • Sebenarnya anda bisa membeli tiket bis pulang pergi dari Fukuoka Airport ke Kumamoto. Biasanya harganya lebih murah daripada tiket sekali jalan. Silahkan tanyakan ke petugas highway bus information tentang cara membeli tiket PP tersebut.
  • Bila anda kesulitan membaca huruf jepang di jadwal halte, anda bisa menggunakan Google Translate for Android atau iPhone untuk menerjemahkan karena Google Translate telah memiliki fitur character recognition.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *