Undelivery notice

Pernah mendapatkan undelivery notice di kotak pos apato? Kalau pernah, trus apa yang kamu lakukan? kalau kami sih yang pertama kali dilakukan adalah bertanya kepada teman lalu bertanya ini surat apaan ya? hehehe… maklumlah Nihonggo Wa Tabemasen (Marlo 2016).

Sejatinya undelivery notice itu kita dapatkan karena ada sesuatu pengiriman yang harus diterima langsung oleh kita sebagai penerima yang dituju. Biasanya sih berupa barang ataupun surat berharga (misal kartu kredit, ATM, paspor dll).

Menurut pengalaman teman-teman PPIJK yang sering mendapatkan undelivery notice (karena jarang diapato alias ngelab, padahal sih biar ngirit listrik dan gas) ada beberapa hal yang biasanya dilakukan ketika mendapatkan undelivery notice. Misalnya pergi ke kantor pos/JPpost (karena logo yang tertera disitu JPpost) atau minta tolong teman yang bisa berbahasa jepang untuk menelepon ke nomor telepon yang tertera di undelivery notice tersebut.

undelivery_notice_1 undelivery_notice_2

Solusi

Nah diartikel ini kami coba memberikan beberapa alternatif tindakan yang bisa dilakukan jikalau kamu mendapatkan undelivery notice. Dengan harapan nantinya siapapun tidak usah bingung atau meminta bantuan teman lagi deh kalau dapat si undelivery notice…………….

Sebelum melakukan tindakan selanjutnya, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah undelivery notice tersebut adalah untuk kita (jangan sampai itu ternyata untuk tetangga, gebetan atau mantan kita). Caranya dengan memeriksa di bagian “lihat gambar 1” kolom paling atas (受取人機 / Addressee). Bila kita perhatikan, di undelivery notice tersebut ada beberapa pilihan yang diberikan (ada 5 pilihan). Namun biasanya karena tidak bisa membaca huruf kanji, maka bingung dan ambil shortcut alias langsung tanya ke temen deh.

Nah dari ke-5 pilihan yang ada tersebut, kami akan memberikan pilihan tindakan yang paling mudah dan sering dilakukan seperti dibawah ini:

  1. Bawa undelivery notice tersebut ke kantor pos (JPpost) dan tunjukkan kepada petugasnya. Selanjutnya, biasanya, akan disuruh kembali lagi esok harinya untuk mengambil kiriman barang/suratnya.

  2. Telepon ke nomor call center 0800-998-8000 (24 jam), atau ke nomor lokalnya (yang ada di pilihan nomor 5). Sayangnya kedua nomor call center tersebut berbahasa Jepang. Nah kalau yang English version silahkan kontak ke 0570-046-111 (08.00am – 10.00pm untuk Senin s/d Jumat dan 09.00am – 10.00pm untuk Sabtu dan Minggu).

  3. Melalui website http://www.post.japanpost.jp/ pilihan terakhir ini adalah pilihan yang paling favorit kami lakukan. Sayangnya websitenye berbahasa Jepang. Namun jangan khawatir kan ada GoogleChrome hehehe……..

Selamat mencoba……………………….

Semoga bermanfaat…………………..

(af)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *