Perpisahan dengan tempat yang sekian lama kita tinggali tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Akan tetapi sebagai warga Indonesia, sebagai orang-orang yang datang ke Jepang ini sebagai tugas belajar, riset atau keperluan tertentu yang sifatnya sementara tentunya kita mau tidak mau harus meninggalkan Jepang khususnya Kumamoto untuk kembali mengabdi di tanah air kita.

Apa saja sih yang harus dilakukan ketika telah menyelesaikan pendidikan kita di Kumamoto?

  1. Menutup Account Bank setelah seluruh transaksi telah dipastikan selesai dilakukan
  2. Memutus Kontrak Telepon (mobile phone) bagi yang berlangganan mobile phone di Jepang
  3. Lunasi seluruh tunggakan dan memutus kontrak Apartemen, Listrik, Gas, dll. Silakan hubungi pemilik kontrakan masing-masing untuk kemudahan prosesnya.
  4. Sepertihalnya ketika datang, ketika pergi kita juga harus lapor ke City Hall, dan melunasi asuransi kesehatan yang masih belum dibayarkan. Bagi yang sudah membayar sedangkan ternyata biaya asuransi untuk bulan terakhir lebih sedikit jangan khawatir, kelebihan uang yang dah terlanjur dibayar akan dikembalikan. Idealnya lapor ke City Hall paling cepat 2 minggu sebelum kepergian ke tanah air.
  5. Terakhir adalah menyerahkan residence card ke pihak Imigrasi di Airport keberangkatan kita untuk istilahnya dinyatakan selesai masa kependudukan sementara kita di Jepang. Kita akan diminta mengisi formulir penyerahan residence card tersebut di Imigrasi.
  6. Prosedur tambahan: wariskan barang-barang anda yang masih layak digunakan ke yang masih tinggal di Kumamoto. Bagi yang kesulitan untuk membagikannya jangan khawatir PPIJK siap membantu. Barang yang sudah tidak layak digunakan lebih baik dibuang, jangan membuat repot yang ditinggalkan.

Pastikan seluruh prosedur dilaksanakan dengan baik ya. Kita telah diterima dengan baik disini oleh Pemerintah Jepang maka kita pergi pun harus dengan baik pula. (ds)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *