Sebagaimana postingan Jomblo? Jangan khawatir, di Kumadai pasti dapat pasangan yang setia, tentunya memiliki sepeda untuk keperluan transportasi sehari-hari tidak dapat dielakkan lagi. Ada beberapa pengalaman rekan-rekan tentang cara memperoleh sepeda. Yang paling mudah adalah membeli baru di toko sepeda terdekat, misalnya Kagawa, Hirose, dan Nafco. Sepeda baru dapat diperoleh dengan kisaran harga 11,000¥ s.d 20,000¥ lengkap dengan stiker kuning tanda pendaftaran di kepolisian Kumamoto City dengan STNK nya.

Selain membeli sepeda baru, adakalanya mahasiswa baru mendapatkan sepeda warisan dari senpai nya atau bahkan membeli di toko barang bekas. Meskipun didapatkan dari toko barang bekas, di Jepang khususnya Kumamoto, kualitas sepedanya masih bagus karena terawat. Perbedaannya dengan sepeda baru, seringkali kelengkapan STNK dan stiker kuning sepeda warisan atau beli bekas sudah tidak ada lagi. Nah, hal ini terkadang membuat keasyikan bersepeda menjadi agak terganggu, terutama jika ada razia kelengkapan kendaraan dari kepolisian terdekat. Biasanya mereka menanyakan resident card dan STNK sepeda lalu mencocokkannya. Jika kita tidak bisa menunjukkan dokumen tersebut, alamat kita akan menerima pertanyaan bertubi-tubi dan bisa menyusahkan kita ke depannya.

img_2320.jpgUntuk menghindari hal tersebut menimpa kita, sangat disarankan agar kita melakukan pendaftaran sepeda atas nama kita sendiri. Tata cara yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Bawa sepeda anda ke kantor polisi terdekat, untuk wilayah sekitar Kumadai, lokasi kantor polisi ada di Shirakawa Koen.
  2. Bawa dokumen resident card dan kuitansi pembelian sepeda bekas (jika ada), jika sepeda warisan dan STNK nya juga diwariskan, silakan dibawa juga.
  3. Lapor ke petugas resepsionis dan menyampaikan keperluan untuk mendaftarkan sepeda.
  4. Kita diminta menunggu beberapa saat hingga petugas pendata akan turun dan memeriksan identitas fisik sepeda kita, nomer rangka dicatat.
  5. Selanjutnya kita akan diarahkan ke ruang pendaftaran sepeda di lantai 2. Disana petugas akan memberikan formulir yang harus kita isi sesuai dengan data resident card.
  6. Setelah itu kita membayar biaya pendaftaran sebesar 500¥, lalu petugas akan menempelkan stiker kuning ke sepeda kita. Jika kita beruntung, kita akan menerima hadiah berupa kunci gembok sepeda yang trendi.
  7. Pendaftaran selesai.

Setelah melewati proses ini, kita dapat berkendara sepeda dengan nyaman tanpa khawatir kena razia polisi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi segenap pembaca. (bn)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *