Rangkuman milis PPIJK mengenai Koneksi internet di Kumamoto City-Jepang

Ada beberapa pertanyaan sbb:
1. Untuk membeli kartu TO YOU CARD, yaitu kartu yang digunakan untuk bepergian dengan bus dan bisa dibeli di bus atau Kumamoto University Co-Op. Selama kita menunjukkan ID card student, maka akan dapat diskon, masalahnya adalah, apakah student ID universitas asal (ITS atau UNAIR) dapat digunakan? Sedangkan biaya bus berkisar antara 200 – 600 yen/way untuk dalam kota,benarkah?
2. Agar mahasiswa tetap eksis dengan internet, apakah kita perlu sewa router di airport di Jepang? ataukah ada persewaan di Kumamoto Univ atau kota? punya rekomendasi dan gambaran kisaran harga serta penggunaannya?

Tanggapan dari anggota milis lainnya:
Diana
1. TO YOU card itu kartu bis yg dulu kalau tidak salah, sekarang kartu tsb tidak berlaku lagi. Sekarang yg ada IC card, nah itu saya juga kurang tau. Mungkin sistem nya sama saja. Selain IC card, ada juga 1 day pass buat tram dan bus, kalau cuma pergi sekitar kumamoto kampus dan shimotori, kartu itu cukup berguna, harganya sekitar 790 yen. Kartu nya bisa di beli di kotsu senta. Kalau cuma ke kampus shimotori pp mending bayar lgsg saja karena biaya sekitar 200/ perjalanan.
2. Setahu saya, di pusat2 kota Kumamoto ada free wifi walaupun agak lemot. Kalau untuk sewa router saya kurang tau. Saya rasa di hotelnya ada free wifi.

Faisal
1. Untuk kartu bus TO YOU CARD. Untuk membeli kartu ini tidak hanya dari coop saja Bu, di terminal bus kumamoto (kumamoto kootsu senta) juga ada mesin vending kartunya, penggunaannya sangat mudah, tinggal beli yg versi umum atau student (self service, “jujur” based service, jadi selama mahasiswa apapun saya kira boleh). Untuk yang di coop saya kira tidak perlu menunjukkan kartu student. Ini seingat saya Bu. Diskonnya sudah ada di kartu (atau tiket, jika beli tiket. Diskon 30% dari harga umum). Namun perlu diperhatikan, beberapa saat sebelum saya pulang, ada pengumuman kartu tersebut tidak dapat dipakai lagi. Kalau tidak salah sampai februari 2016 ini, mohon teman2 yang diKumamoto mengkonfirmasi. Sebagai pengganti, perusahaan2 bus di Kumamoto mengeluarkan kumamon IC card. Sepertinya untuk mendapatkan diskon, ada cara belinya sendiri, saya kurang tahu.
2. Kalau tidak salah di fukuoka airport bisa pakai wifi airport Bu. Apakah butuhnya hanya di Airport? Untuk persewaan, saya kurang mengetahui. Di beberapa spot di tengah kota kumamoto (shimotori atau castle) ada free wifi juga. Di kampus, untuk short term student yang tidak dapat student card kemungkinan tidak bisa akses inet. Jika ingin, bisa pakai komputer di perpustakaan. Masuknya karena tidak ada kartu bisa lewat loket ijin khusus. Atau barangkali panitia spring program menyediakan aksesnya.

Syirajuddin
Kalau akses internet sementara, dulu yg pernah saya coba adalah pakai SIM econnect. Pakai WCDMA 2100MHz tapi sayangnya ga semua handphone support. HP saya ga bisa, sementara punya temen bisa padahal sama2 support WCDMA dan merk sama, cuma beda seri. SIM hanya bisa dipakai untuk paket data, ga bisa telp atau sms. Harganya skitar ¥3000 an. Harus pesen dulu, bisa pick up di airport besar atau dikirim ke hotel.

Rendy
Saya coba jawab pertanyaannya sesuai pengalaman saya,
1. Bus card ada 2 tipe, kartu pulsa (berdiskon) dan IC card (tidak berdiskon), namun sejak Agustus 2015 kartu pulsa sudah distop penjualannya karena sistem akan beralih penuh ke IC card. Jadinya sistem pembayaran bus sekarang hanya bisa menggunakan IC card dan cash saja. Untuk IC card dapat dibeli di terminal pusat Kotsu Senta seharga 2000 yen (kalau tidak salah isinya 1000 yen, sedangkan 1000 yennya harga kartunya). Biaya bus dalam kota benar sekitar 200 – 600 yen, sebagai contoh untuk biaya perjalanan dari terminal pusat Kotsu Senta ke kampus sekitar 300 yen.
2. Untuk internet sewaktu di area kampus, bisa memanfaatkan jaringan internet kampus setelah nanti diberi akses oleh pihak kampus. Sedangkan untuk internet di tempat tinggal (kalau tinggalnya di KU International House) bisa berlangganan internet dengan biaya sekitar 3000 yen per bulan. Atau kalau tidak salah bisa juga beli kartu simcard Jepang dengan biaya sekitar 2000 yen per bulan (telepon+internet volume based).

Haris Puspito Buwono
1. Utk kartu bus.
Utk yang spring semester saya kurang paham apakah bakal dapat gratis dari kumamoto univ atau tidak. Utk yang tahun kemarin, summer program ya kalo tidak salah, mereka mendapat kartu bus gratis dari kumamoto univ. kalaupun mau beli sendiri, seperti yg diutarakan mas faishal.
2. Akses internet.
Menambahi saja. Selain dipusat pusat strategis tersedia wifi gratis, ada juga rental wifi. Bisa dipesan dari indo bisa juga langsung di tkp seperti bandara fukuoka. Ceck saja “rental wifi japan”. Biaya rental tergantubg dari kapasitas. Yang paket ekonomis, sekitar ¥1000 per hari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *