Bicara soal Jepang, salah satu yang selalu terbersit dalam pikiran adalah indahnya musim semi dengan bunga Sakuranya yang tersohor di penjuru dunia. Warna pink yang identik dengan kelembutan dan keramahan Jepang seakan penanda bahwa kita telah memasuki musim semi. Akan tetapi, tahukah teman-teman kalau ada bunga lain yang tidak kalah menarik, dan bahkan menjadi penanda masuknya musim semi?

Yap, kita berbicara tentang bunga Plum. Walaupun tidak tersohor seperti bunga Sakura, keindahan bunga yang satu ini tidak bisa diremehkan. Plum memiliki warna kelopak pink terang, sehingga jika kita melihat sekilas, kita bisa salah mengira bahwa ini adalah bunga Sakura. Akan tetapi, dibandingkan dengan Sakura, warna pink Plum lebih kuat. Bunga ini juga mekar lebih awal, biasanya mulai akhir Februari, sehingga sering dijadikan sebagai penanda masuknya musim semi.

Memasuki bulan Maret, kuncup bunga Sakura mulai terlihat di pohonnya. Mulai terlihatnya kuncup ini menjadi tanda bagi masyarakat Jepang untuk mulai mengecek kapan bunga ini akan mekar sempurna. Hal ini dikarenakan rentang waktu mekarnya yang cukup sempit (1-2 minggu), sehingga diperlukan penjadwalan untuk melakukan hanami. Hanami (花見) terdiri dari dua huruf kanji, hana(花) yang berarti bunga, dan mi(見) yang berarti melihat. Sesuai namanya, kegiatan ini merupakan tempat dimana keluarga Jepang berkumpul untuk melihat Sakura, melakukan kegiatan seperti karaoke, piknik, atau minum bersama. Kegiatan bersama ini merupakan ajang sekali setahun, sehingga kedatangannya selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jepang.

Tachioka natural park (立岡自然公園)
Kumamoto University Red Gate (熊本大学赤門)

Di sekitar rentang waktu ini juga biasanya seremoni kelulusan sekolah atau kuliah diadakan, sehingga seringkali bunga Sakura menjadi backdrop dalam kegiatan foto bersama kelulusan. Romantis sekali, ya?

Tahun 2022 ini, PPIJ-Kumamoto juga mengadakan kegiatan hanami bersama mengundang mahasiswa dan keluarganya di Kumamoto Castle pada tanggal 20 Maret 2022.

Kegiatan Hanami PPIJ Kumamoto 2022

Untuk tahun 2022 ini, kota Kumamoto mengadakan event National Urban Greening Fair “Kumamoto Fair -THE GREEN VISION-“, yang mana merupakan salah satu festival bunga terbesar di Jepang, dan diselenggarakan kembali di kota Kumamoto setelah 36 tahun. Di festival ini, berbagai macam bunga dari seluruh Jepang akan dipamerkan di beberapa sudut kota Kumamoto, seperti daerah sekitar Kumamoto Castle, Suizenji Park, dan Tatsudayama Mountain. Event ini diadakan dari tanggal 19 Maret sampai 22 Mei, sehingga saat ini pun kita masih bisa menyaksikan keindahan dari bunga-bunga yang dipamerkan. Untuk teman-teman yang ingin ikut merasakan keindahan Kumamoto Fair, bisa menyaksikan di situs atau di Instagram.

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *