Bagi para mahasiswa asing yang studi di Kumamoto University dan membawa keluarga (khususnya mahasiswa Indonesia) dan ingin menyekolahkan anaknya di TK/Youchien, Sekidai Youchien yang terletak di dekat kokai/pasar merupakan langganan tetap untuk tempat bersekolah. Selain karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari lingkungan kampus (kebanyakan mahasiswa apatonya tidak jauh dari area kampus), para staf dan pengajarnya juga sudah sangat akrab dengan orang Indonesia. Hal tersebut dikarenakan hampir 100% warga Indonesia menyekolahkan anaknya di Sekidai Youchien.

Bila ingin mendaftarkan anaknya di Sekidai Youchien, selain bisa bertanya langsung kepada para senpai, disini coba di jelaskan persyaratan dan tahapan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar.

 

Persyaratan :

  1. Resident card (orang tua dan anak)

  2. Surat keterangan zero tax* dari City hall (karena selama studi statusnya penerima beasiswa maka di Jepang akan dianggap tidak punya penghasilan) atau laporan SPT pajak** di Indonesia (bisa dicetak melalui situs djponline.go.id bila telah memiliki akun e-filing SPT). Hal ini sangat diperlukan untuk meringankan biaya sekolah yang akan dikenakan.

  3. Mengisi formulir yang disediakan di Sekidai Youchien (akan dipandu oleh staf disana karena semuanya berbahasa Jepang).

* : Bila telah menetap di Kumamoto lebih dari 1 (satu) tahun (misal sejak Januari 2014) dan ingin menyekolahkan anaknya pada bulan April 2015 (di Jepang tahun ajaran baru dimulai bulan April), maka silahkan datang ke loket 9 (tax service) di lantai 2 gedung City hall dengan membawa Resident Card (suami dan istri) beserta kartu mahasiswa. Nanti disana akan dipandu untuk mengisi form zero tax. selanjutnya form tersebut bisa dicetak (opsional) dikenakan biaya 300 yen.

** : Bila belum lebih dari 1 (satu) tahun menetap di Kumamoto (misal sejak Oktober 2014) dan

ingin menyekolahkan anaknya pada bulan April 2015, dikarenakan pihak City hall tidak bisa

menerbitkan surat keterangan zero tax, maka silahkan membawa hasil print laporan SPT

pajaknya.

 

Tahapan :

  1. Cukup mendatangi langsung Sekidai Youchien untuk mendaftarkan anaknya dengan mengisi berbagai macam formulir yang disediakan.

  2. Selanjutnya akan menerima berbagai informasi yang berisi tentang apa yang harus dipersiapkan bagi anak untuk mengikuti kegiatan selama di Yochien.

Bila dirasa masih kurang jelas, silahkan menghubungi langsung para senpai di Kumadai khususnya para kaum Ibu yang banyak berjibaku langsung dengan urusan tersebut (Thanks for woman/wife/mom).

Semoga bermanfaat :)

(af)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *