Frequently Asked Questions (FAQ)

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan (FAQ) yang muncul ketika orang-orang sudah diterima di kuliah di Kumamoto, khususnya Kumamoto University. Disini kami merangkum beberapa Pertanyaan dan jawaban yang biasa kami terima di facebook, email, maupun di web kami.

Q: Banyak nggak sih warga Indonesia di Kumamoto?

A: Ada lebih dari 60 pelajar yang berkuliah di Kumamoto, sebagian besar kuliah di Kumamoto University, dan beberapa di Soujo University. Diantara 60 Pelajar ini, biasanya ada mahasiswa exchange yang hanya di Kumamoto selama beberapa waktu saja mulai 3 bulan sampai 1 tahun yang jumlahnya belasan. Selain itu banyak mahasiswa yang membawa keluarganya disini, sehingga ada lebih dari 100 warga Indonesia yang tinggal di Kumamoto.

Q: Mahal nggak sih biaya hidup di Kumamoto?

A: Untuk pertanyaan ini ada artikel kami yang bisa menjadi jawaban: http://ppij-kumamoto.org/2016/12/15/mahal-nggak-sih-biaya-hidup-di-kumamoto-check-this-out/

Q: Bagaimana cara mencari tempat tinggal di Kumamoto?

A: Untuk mahasiswa baru, biasanya akan ditawarkan untuk tinggal di Dormitory (International House), harga dan kelengkapan bisa dilihat http://ewww.kumamoto-u.ac.jp/en/prospective/accommodation/international_house/. Adapun mahasiswa yang tidak mendapatkan jatah tinggal di International House karena sudah penuh, mau tidak mau harus mencari apartment sendiri untuk ditinggali tipsnya baca di http://ppij-kumamoto.org/2016/08/30/tips-dan-trik-mencari-apatoapartemen-di-kumamoto/. Untuk mahasiswa/researcher yang disini untuk exchange biasanya alokasi international house sudah disediakan.

Q: Bagaimana transportasi dari ke dan di Kumamoto?

Untuk Transportasi dari ke maupun di Kumamoto bisa dibaca tulisan kami di halaman berikut http://ppij-kumamoto.org/transportasi/

Q: Bagaimana transportasi ke Kampus?

A: Mahasiswa Kumamoto University biasanya menggunakan sepeda untuk bepergian kemana-mana, untuk mahasiswa full degree disarankan beli saja, harga sepeda mulai kisaran 12.000 yen ada. Untuk mahasiswa exchange tersedia peminjaman sepeda, akan tetapi terbatas jumlahnya, jadi mungkin tidak semuanya dapat jatah pinjaman sepeda. Kalau menggunakan Bus dari Dormitori ke Kampus Kurokami dan sebaliknya harganya 150 Yen, yang kampusnya di Honjo atau Oe lebih mahal lagi karena lebih jauh dari dormitori.

Q: Jauhkah Kampus/Dormitori dari pusat keramaian di Kumamoto?

A: Tidak jauh, pusat keramaian di Shimotori bisa ditempuh dalam 15 menit menggunakan sepeda dari kampus Kurokami, atau sekitar 20 menit dari dormitori. Parkir sepeda selama 2 jam pertama gratis, dan per-1 jam berikutnya hanya 100 rupiah, jadi sangat terjangkau dibandingkan bolak balik menggunakan bus. Sekali jalan menggunakan bus dari kampus Kurokami ke Shimotori atau sebaliknya kita harus mengeluarkan ongkos sebesar 200 Yen.

Q: Bagaimana cara mengurus berbagai administrasi ketika sampai di Kumamoto?

A: Sesampai di Kumamoto ada beberapa administrasi yang harus diurus seperti mendaftarkan alamat di residence card, membuat asuransi kesehatan, membuat buku tabungan, untuk itu kita tentu butuh bantuan. untuk Residence card sendiri apabila teman-teman tiba di Jepang pertama di Bandara Besar seperti Haneda, Narita, KIX, maupun Fukuoka maka residence card bisa dikeluarkan oleh pihak imigrasi bandara, apabila tiba langsung dari luar negeri di Kumamoto maka residence card harus diajukan di City Hall. Residence card adalah KTP kita selama di Jepang, yang wajib dibawa ketika kita pergi kemanapun, seringkali ada pemeriksaan oleh polisi dikarenaka antisipasi imigran gelap/overstay.

Di Kumamoto University dikenal sistem Tutor. Tutor adalah mahasiswa yang ditunjuk untuk mendampingi kita dalam tempo waktu tertentu, biasanya adalah mahasiswa Jepang. Tutor akan mengantarkan kita untuk mengurus pendaftaran alamat dan pembuatan asuransi kesehatan di City Hall, pembuatan buku tabungan, kemudian kita juga bisa meminta tutor mengantarkan kita untuk membuat Kartu Credit (Tuo-Card, baca di http://ppij-kumamoto.org/2016/03/08/cara-untuk-mendapatkan-kartu-kredit-tuo-card-di-koperasi-kumamoto-university/), bisa juga kita mintai tolong untuk mendaftar kontrak berlangganan layanan mobile phone (handphone). Termasuk juga untuk pengisian SOSEKI untuk mendaftarkan mata kuliah pilihan, silakan minta bantuan Tutor.

Ket: Tutor dibayar oleh Kumamoto University untuk membantu kita sampai beberapa bulan, jadi jangan pernah merasa sungkan untuk meminta bantuan tutor. Kebanyakan Tutor bahasa inggrisnya kurang baik, jadi google translate akan sangat membantu.

Q: Kalau ingin membawa keluarga bagaimana caranya?

A: Baca artikel dari kami berikut ini http://ppij-kumamoto.org/2016/03/11/mendapatkan-coe-untuk-membawa-keluarga-saat-studi-di-kumadai/

Q: Dari Bandara ke Kumamoto University/Dormitori pake apa ya?

A: Ketika diterima di Kumamoto University biasanya pihak International Affairs Division akan membantu kita mengenai panduan bagaimana dari Bandara sampai di Kumamoto. Secara Umum teman-teman seharusnya mendarat di Kumamoto Airport atau Fukuoka Airport. Walaupun kedua-nya sama-sama melayani penerbangan Internasional akan tetapi penerbangan Internasional ke Kumamoto Airport langsung masih jarang. Apabila teman-teman turun di Kumamoto Airport, teman-teman harus mencari Limousine Bus arah ke Kumamoto Kotsu Center, akan tetapi lebih baik turun di Torichosuji saja yang lebih dekat, biaya Bus 700 Yen. Dari Fukuoka Airport teman-teman harus mencari tempat penjualan tiket bus, biasanya berupa vending machine, bisa minta tolong petugasnya kalau bingung, silakan tanyakan Bus arah ke Kumamoto melalui Highway, pilih Torichosuji sebagai pilihan tujuan, harga 2.060 Yen kalau hanya 1 orang, tetapi jika lebih dari 1 orang membeli untuk tujuan sama akan mendapat discount.

Di Kumamoto Airport maupun Fukuoka Airport tersedia free wifi, teman-teman bisa mengabari Tutor ketika sudah sampai disana. Sebelum berangkat ke Jepang, biasanya Tutor akan memperkenalkan diri, teman-teman bisa sekalian mengirimkan Itinerary perjalanan ke Tutor jadi Tutor bisa tau kapan perkiraan teman-teman sampai, dan dia bisa menjemput di Torichosuji/Kotsu Center.

Q: Berlangganan Handphone di Kumamoto bagaimana caranya?

A: Cara pertama adalah dengan berlangganan di Operator Besar seperti Docomo, AU maupun SoftBank, 3 operator ini menawarkan Kontrak 2 tahun dengan harga bulanan yang kisarannya mulai 7000an Yen/bulan, dengan harga itu teman-teman sudah mendapatkan handphone smartphone baru plus paket bulanan handphone berupa telepon, sms, internet. Akan tetapi apabila teman-teman datang kesini dengan handphone yang masih baik dan hanya membutuhkan simcard saja maka ini bisa jadi pilihan http://ppij-kumamoto.org/2017/01/03/ocn-mobile-one-pilihan-berlangganan-paket-murah-untuk-handphone-di-jepang/.

Q: Apa Saja Kegiatan Warga Indonesia di Kumamoto?

A: Yang jelas kami setiap sabtu dan minggu pagi ada olahraga bersama, kemudian untuk yang muslim ada pengajian setiap bulan, TPQ buat anak-anak setiap sabtu, ada juga acara rutin mingguan membaca qur’an bersama (tahsin) setiap pekan, untuk teman-teman yang baru datang pas Oktober ataupun Maret biasanya kami adakan welcome party, selain itu ada kegiatan Hanami (menonton sakura), farewell party untuk yang telah menyelesaikan pendidikan di Kumamoto, Rekreasi bersama, gathering malam tahun baru, dll. Untuk yang gemar bersepeda ada juga kumpulan teman-teman yang gemar bersepeda sampai tempat tempat rekreasi di Kumamoto.

Q: Masjid di Kumamoto banyak nggak sih?

A: Hanya ada 1 Masjid di Kumamoto, tempatnya dekat dengan Kurokami Campus,  tempat teman-teman yang di bidang science, engineering, dan sosial. Untuk teman-teman di Bidang Kedokteran dan Pharmacy yang di Honjo dan Oe tentu ini cukup jauh tetapi bisa ditempuh dengan sepeda dalam 15-20menit.

Q: Sulitkah mencari makanan halal bagi muslim?

A: Begitu sampai di Kumamoto tentunya bingung awalnya membedakan mana jajanan yang halal dan haram, disini kemampuan membaca tulisan jepang teman-teman diuji. hapalkan kanji bahan makanan haram dan juga katakana untuk makanan haram, dan hindari itu semua, selain itu beberapa facebook page seperti Halal Japan bisa membantu karena disana ada informasi banyak makanan mana halal mana haram. di Kumamoto ada Siswahyu Halal Food yang menyediakan bahan makanan dan bumbu halal, Mie dar Indonesia, kemudian ada A-Price yang memiliki halal corner. di Cafetaria juga ada beberapa produk bersertifikasi halal, ditambah lagi di cafetaria dan forico ada informasi mengenai kandungan daging-dagingan apa saja yang ada di makanan yang mereka sediakan. Untuk info lebih lanjut mengenai ini sering seringlah join komunitas muslim Indonesia nantinya.

Q: Tempat belanja kebutuhan sehari-hari dimana saja?

A: Ada banyak tempat belanja:

  1. Daging Halal: Siswahyu Halal Food, A-Price
  2. Supermarket: Cosmos, Hirose, Trial, Ace
  3. Pasar/Beli sayur dan buah: Kokai, Miyahara
  4. Convenient Store (buka 24jam): 7eleven, family mart, lawson, popura
  5. Serba 100 Yen: Daiso, Seria
  6. Toko Barang Second: 2nd Street, Hardoff
  7. Pakaian dan long john: Uniqlo, GU
  8. Sepeda: Nafco, Hirose, Asahi, Sharinkan, Kagawa
  9. Link google map tempat-tempat tersebut plus tempat lain http://ppij-kumamoto.org/tempat-populer/

Q: Bagaimana Cuaca/Iklim di Kumamoto?

A: Sepertihalnya wilayah Jepang lain, Kumamoto mengalami 4 musim, di musim dingin walaupun jarang ada salju suhu udara ketika pagi hari seringkali dibawah 0 derajat (desember-februari), sedangkan di musim panas bisa sangat panas mencapai 38 derajat (juni-agustus) pada siang hari. Pada akhir februari biasanya bunga Ume mulai berkembang, sedangkan Sakura muncul mulai akhir maret, bulan November biasanya daun daun mulai menguning untuk kemudian gugur.

Q: Bagaimana menghubungi PPIJ Kumamoto?

A: Hubungi kami lewat fanpage facebook https://www.facebook.com/ppikumamoto/ atau email ppijkumamoto.adm@gmail.com

Info Lengkap mengenai Kehidupan di Kumamoto dan PPIJ Kumamoto bisa dilihat di Buku Panduan PPIJ Kumamoto berikut: http://ppij-kumamoto.org/2017/07/19/buku-panduan-ppijk-2017/