peta-apato

Tips dan trik mencari apato/apartemen di Kumamoto

Bagi mahasiswa asing Kumamoto University (Kumadai) yang menetap di Kumamoto University International House (kaikan) dan masa studinya lebih dari satu tahun, maka mutlak diwajibkan untuk pindah atau mencari tempat tinggal baru diluar kaikan. Bingung mau pindah kemana? Jangan khawatir, untungnya, sangat banyak pilihan apartemen/rumah yang bisa disewa dan lokasinya tetap dekat dan bahkan lebih dekat ke kumadai (FYI : jarak antara Kumadai ke kaikan +/- 1,5 KM).

Berikut ini beberapa pilihan bagaimana cara mendapatkan tempat tinggal (apato/rumah) sebelum pindah dari kaikan :

  1. Jika memiliki kemampuan berbahasa Jepang dengan baik, bisa langsung berburu apato/rumah yang di inginkan dan menghubungi si pemilik/agen. Hampir di seluruh bangunan apato/apartemen/rumah yang disewakan tertera nomor telepon dari agen/pemilik yang bisa dihubungi secara langsung,

  2. Memanfaatkan fasilitas yang di tawarkan CO-OP untuk membantu mendapatkan tempat tinggal baru yang sesuai dengan kriteria masing-masing calon penyewa (lokasi, harga, ukuran, fasilitas, dll). Cukup dengan datang langsung ke CO-OP dan meminta layanan untuk dicarikan apato (bisa minta ditemani oleh teman yang bisa berbahasa Jepang/Tutor). Pilihan ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh para mahasiswa asing, khususnya bagi yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Jepang dan/atau tidak memiliki rekan dari negara yang sama di Kumadai.

  3. Meminta bantuan teman-teman Indonesia yang sebelumnya sudah tinggal di apato untuk mencarikan/mendapatkan informasi mengenai apato yang kosong. Cara ini lebih mudah dan cepat karena biasanya bisa langsung dipertemukan dengan si pemiliknya (Oya san). Misal : Apato Ogatahaitsu, Ikeda-Koko, Ryo-kusuisou, dll.

  4. Memanfaatkan informasi yang di situs http://www.univcoopsumai.jp/kumamoto/?tb=3&mo=srch_order yang disediakan oleh CO-OP. Situs ini memberikan informasi mengenai tempat tinggal yang tersedia untuk disewakan. Alamat situs diatas secara spesifik memberikan informasi di area Kumamoto University Kurokami (bisa memilih lokasi dan jumlah kamar). Setelah mendapatkan apato yang cocok, bisa mendatangi langsung untuk melakukan survey dan/atau menghubungi si pemilik/agen nya.

 

Tips

: kebanyakan tempat tinggal yang ditawarkan menggunakan saja agen, sehingga biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan kontrak awal (hanya sekali saja) cukup besar. Untuk mensiasatinya, bisa mencari tempat tinggal yang tidak melalui agen/berhubungan langsung dengan sang pemilik (Oya san). Misalnya Ogatahaitsu, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya extra.

Berikut ini beberapa situs agen apato yg di area kumadai (direkomendasikan menggunakan browser Chrome agar bisa dgn mudah mentranslatenya):

  1. Coop
  2. Able
  3. Houseresh
  4. Meiwa
  5. Chiken

 

Selamat berburu apato….. (terima kasih kepada Annas Anwar atas informasinya)

Semoga bermanfaat.

Foto sumber dari http://s3.seikyou.ne.jp/index.htm?uid=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *