1496975049925

Buka Bersama Keluarga Besar PPIJK dan Fumiku

Alhamdulillah pada tanggal 8 Juni 2017 di Ruang Multipurpose Kumamoto University International House, PPIJ Kumamoto bersama dengan Fumiku berkesempatan menghimpun warga Indonesia di Kumamoto untuk mengadakan buka bersama. Acara ini diikuti oleh sekitar 50 orang warga Indonesia yang tinggal di Kumamoto yang terdiri dari berbagai kalangan, baik pelajar dan keluarganya, pekerja magang, maupun permanent resident di Kumamoto.

Tidak seperti biasanya dimana biasanya kami mengadakan acara setiap hari Sabtu atau Minggu atau hari libur, acara ini diadakan pada hari kerja. Hal ini dikarenakan kami menjadikan moment ini sebagai ‘aji mumpung’, mumpung kami kedatangan Ustad dari Dompet Dhuafa yaitu Dr. Izzudin Abdul Manaf. Pada tahun ini Kumamoto mendapatkan jadwal pada hari kerja, sehingga kami dengan memaksimalkan waktu yang ada, menggelar acara buber ini, sekaligus acara Kajian dengan Ustad Izzudin sebagai pembicaranya.

Dr. Izzudin Abdul Manaf atau nama asli beliau Dr. Izzudin Edi Siswanto adalah seorang ahli dibidang Ekonomi Syari’ah, beliau lulus S1 dari Islamic University of Medina, Saudi Arabia, lantas beliau melanjutkan S2 di National University of Malaysia dan beliau mendapatkan gelar PhD di bidang syariah dari Malaya University tempat beliau menjalani pendidikan S3 beliau. Beliau saat ini adalah pengajar di STEI SEBI dan merupakan Director dari Wafaa International.

1496975059178

Ustad Izzudin berada di Kumamoto dari 5 Juni 2017-10 Juni 2017, selain mengisi kajian buka bersama komunitas Indonesia, beliau juga mengisi kajian ba’da sholat subuh dan sholat dhuhur di Kumamoto Islamic Center dengan tema utamanya tentu saja masalah ekonomi syari’ah. Selain itu belau berkesempatan juga menyampaikan Khutbah Jum’at pada tanggal 9 Juni 2017 ini.

Pada tanggal 8 Juni 2017 sendiri Ustad Izzudin menyampaikan materi yang sangat menarik yaitu “Islamic Financial Planning”, “Sukses Perencanaan, Sukses Masa Depan”. Disini Ustad sangat menekankan bahwa tips untuk bisa sukses di masa depan maka kita harus memiliki planning masa depan yang pasti, yang terukur dan juga tertata dengan baik. Beliau juga mengajarkan tips berinvestasi yang syari’ah, dan langsung mencontohkan di depan kami bagaimana cara berinvestasinya.

Menu berbuka sendiri menyajikan berbagai sajian menu makanan yang dimasak oleh ibu-ibu warga Indonesia disini, berbagai olahan makanan yang khas Indonesia banget pun tersaji dikarenakan sistem potluck dimana setiap keluarga membawa menu hidangannya sendiri-sendiri, sehingga orang-orang bisa memilih menu yang disukainya.

Rasanya kemesraan ini janganlah cepat berlalu.. akan tetapi sekitar pukul 20.50 acara buka bersama ditutup dengan acara foto bersama, semoga kehangatan antar warga Indonesia di Kumamoto ini bisa terus berlanjut.. terimakasih bagi teman-teman yang telah berkenan datang memeriahkan acara ini.. Terimakasih pada Dompet Dhuafa dan Ustad Izzudin yang telah memberi kesempatan kami menggali ilmu lebih dalam disini.. semoga teman-teman semua yang menjalankan ibadah puasa pun terus diberkahi puasanya, dan bisa menyempurnakan Ramadan-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *