Bagi siapapun yang ingin melanjutkan studi ke tingkat Master/Doctor, khususnya ke luar negeri seperti Jepang, tentu sudah memiliki tujuan Universitas mana yang akan dituju serta sudah melakukan kontak kepada calon Supervisor (Professor) meminta kesediaanya untuk membimbing yang sesuai dengan riset studinya. Biasanya cara yang dilakukan yaitu melalui hubungan antar Universitas, Dosen/Professor, Instansi atau informasi dari teman yang sudah terlebih dahulu melakukan studi di sana. Namun hal tersebut ada kalanya tidak berlaku bagi calon mahasiswa yang masih “galau” karena belum juga ada gambaran mengenai Universitas dan/atau Supervisor mana yang harus dikontak. Untuk itu biasanya para galau’ers akan disarankan untuk mencoba mencari langsung daftar para Professor yang sesuai dengan bidang studinya dengan mengunjungi situs universitas.

Mencari Supervisor/Universitas secara langsung/pribadi yang bersedia untuk menerima kita menjadi mahasiswanya tanpa melalui hubungan-hubungan relasi seperti yang disebutkan diatas memang lebih sulit untuk dilakukan (namun tidak mustahil). Sebagai buktinya, ada beberapa mahasiswa di Jepang (salah satunya di Kumamoto University) yang ternyata berhasil melakukan hal tersebut meskipun diawalnya mereka membayangkan akan sangat sulit ketika melakukannya.

Nah berdasarkan pengalaman diatas, bagi siapapun yang masih galau karena belum memiliki Letter Of Acceptance (LOA)/Certificate Of Acceptance (COA), silahkan coba kunjungi halaman web Kumamoto University disini yang berisi daftar nama para Professor/Supervisor beserta bidang keahliannya masing-masing di GSST. Setelah tau professor yang kira-kira punya bidang sesuai dengan riset yang kita minati, kita hubungi beliau melalui email. Perkenalkan diri dengan baik, nama, asal negara, asal instansi, kemudian sampaikan ketertarikanmu pada riset beliau dan niat untuk mendaftar menjadi anggota lab-nya, jangan lupa juga beri gambaran ide awal apa yang ingin kamu riset. Untuk melengkapi lampirkanlah CV-mu juga di email yang kamu kirim. Apabila bidangmu kurang cocok ma beliau, bisa juga kamu tanyakan bidang yang beliau kuasai apa saja atau memohon saran professor lain yang bidangnya sesuai denganmu.

Biar gak galau…. silahkan dicoba yach. Ganbatte kudasai :)

(af/ds)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *