1488325646638[1]

Introducing Our Partner: FUMIKU (Forum Ukhuwah Masyarakat Indonesia di Kumamoto)

Kali ni web PPIJ Kumamoto ingin memperkenalkan beberapa partner kami dalam berorganisasi maupun bermasyarakat di Kumamoto. Perkenalan dimulai dari sebuah organisasi yang pada dasarnya beririsan dengan PPIJ Kumamoto yaitu Forum Ukhuwah Masyarakat Indonesia di Kumamoto atau disingkat FUMIKU.

Apasih FUMIKU itu?

Apabila PPIJ Kumamoto adalah organisasi resmi yang menaungi mahasiswa di Kota Kumamoto dan sekitarnya maka FUMIKU adalah sebuah organisasi non-formal yang menaungi masyarakat Indonesia di Kumamoto. Dengan kata lain, FUMIKU memiliki lingkup yang lebih luas, mencakup pelajar, permanen residents, maupun kenshusei dan jishusei yang bekerja di Kumamoto. FUMIKU sendiri secara resmi (walaupun organisasi informal) berdiri mulai tahun 2006, yang saat itu digagas oleh beberapa warga Indonesia yang tinggal di Kumamoto. Dengan kata lain pula, FUMIKU usianya bahkan lebih tua daripada PPIJ Kumamoto yang secara resmi baru ada mulai tahun 2007. Awalnya FUMIKU adalah perkumpulan bagi warga muslim di Kumamoto saja, tetapi dengan terus bertambahnya warga non-muslim di Kumamoto, maka FUMIKU berubah menjadi sebuah forum yang bisa menaungi semua warga Indonesia dari berbagai adat, ras, suku maupun agama di Kumamoto. Setiap tahun pelajar maupun kenshusei terus berganti, akan tetapi masih ada para permanent resident yang tinggal di Kumamoto seperti Pak Marlo, Pak Ujang, Pak Cepi, dll inilah yang sampai saat ini terus menjaga keberlangsungan FUMIKU.

Ashikita Beach Tour_3027

Bagaimana FUMIKU bekerja?

Struktur Organisasi dari FUMIKU sangatlah sederhana karena ini adalah organisasi non-formal. Pada tahun sebelum-sebelumnya dalam kesehariannya Struktur Organisasi FUMIKU hanya terdiri dari seorang bendahara saja, sedangkan ketua hanya ada saat acara FUMIKU Cup saja. Mulai tahun 2016, dengan jumlah masyarakat Indonesia yang semakin banyak dan karena diperlukannya keteraturan lebih baik dalam mengelola organisasi ini, FUMIKU memiliki seorang koordinator yaitu Pak Budi Nugroho, seorang bendahara yaitu saudari Azzah dan seorang sekretaris yaitu saudara Feby. Walaupun secara struktural cuma 3 orang, akan tetapi setiap ada kegiatan FUMIKU setiap anggotanya selalu siap sedia bergotong royong untuk melaksanakannya sehingga setiap kegiatan bisa sukses terlaksana dengan baik. PPIJ Kumamoto dan FUMIKU sendiri pada dasarnya seperti 2 organisasi dengan 1 badan yang sama. Setiap kegiatan FUMIKU pastilah PPIJ Kumamoto akan terlibat disana, dan begitupula sebaliknya setiap kegiatan PPIJ Kumamoto, maka warga Indonesia yang non-pelajar di Kumamoto yang bernaung dibawah FUMIKU pun pasti terlibat disana.

1488314625179[1]

Apa saja sih kegiatan FUMIKU?

Kegiatan FUMIKU cukup banyak, yang rutin diadakan antara lain bagi yang muslim adalah adanya pengajian bulanan, kemudian ada juga kegiatan tadarusan dan TPA untuk anak-anak setiap minggunya dan juga tak lupa kegiatan masak dan makan bersama. Pada 25-26 Maret 2017 ini nanti pun FUMIKU akan mengadakan Dauroh bersama Ustad Salim A Fillah, sponsored by PKPU. Dauroh ini bukanlah yang pertama karena pada tahun 2014 lalu pun FUMIKU juga sukses mengadakan acara Dauroh yang serupa.

Selain acara yang bernuansa Islami FUMIKU bekerjasama dengan PPIJ Kumamoto biasa setiap tahun rutin menyelenggarakan acara rekreasi bersama (simak: Ashikita), dan tentunya salah satu acara FUMIKU yang paling besar yaitu FUMIKU CUP, ajang kompetisi bulutangkis yang paling terkenal bagi masyarakat Indonesia di Kyushu. FUMIKU CUP biasanya diselenggarakan setiap tahun antara bulan Februari atau Maret tetapi pada tahun 2017 ini dikarenakan banyaknya gymnasium besar yang masih dalam perbaikan akibat Gempa Kumamoto April 2016 lalu menjadikan FUMIKU CUP diundur sampai waktu yang belum ditentukan. Mari kita doakan agar acara yang dah belasan tahun diselenggarakan ini bisa segera dapat diwujudkan kembali tahun ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *