info_beasiswa

MEXT Scholarship (Monbukagakusho) Kumamoto University untuk Master dan Doctoral (October 2017) Dibuka!!

Akhirnya yang ditunggu telah tiba! MEXT Schoolarship Program Master dan Doctoral Kumamoto University untuk mulai perkuliahan October 2017 telah dibuka. Deadline pendaftarannya adalah 19 January 2017.

Info lengkapnya bisa dilihat di https://www.fast.kumamoto-u.ac.jp/gsst-en/admissions/ atau klik gambar dibawah ini untuk Graduate School of Science and Technology (GSST):

mext

Beasiswa MEXT yang ditawarkan disini adalah Beasiswa yang alokasinya sudah khusus diberikan oleh Kementrian Pendidikan Jepang kepada Kumamoto University (biasa disebut juga system University to University atau U to U), sehingga prosedur tes-nya pun jauh lebih sederhana daripada yang biasa melalui Japan Embassy di Indonesia (jalur government to government atau G to G).

Sama seperti tahun sebelumnya untuk Master akan mendapatkan 144.000 Yen dan Doctoral akan mendapatkan 145.000 Yen perbulannya untuk biaya hidup dan tentu free biaya masuk dan biaya kuliah. Teman-teman juga mendapatkan bebas biaya pembuatan visa dan juga bebas biaya keberangkatan nantinya. Sebagai catatan, pada tahun 2016 ini ada 3 orang mahasiswa asal Indonesia yang berhasil masuk menjadi mahasiswa Master ataupun Doctoral dari jalur ini.

Pendaftaran pada dasarnya bisa langsung mengirim saja seluruh berkas ke GSST. Akan tetapi apabila ingin mengirimkannya melalui Liaison Office Kumamoto University yang bertempat di ITS untuk kemudahan maka dipersilakan. Untuk Pendaftaran melalui Liaison Office, deadline berkasnya 16 January 2017.

kontak Liaison Office:

Mia Hernawati
Gedung Pasca sarjana (lantai.1)
Direktorat Kerjasama
Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111
Telp / WA : 081333839689

Bagi yang ingin mendaftar di Computer Science and Electrical Engineering, Kumamoto punya Special Allocation untuk itu, insyAllah pendaftarannya akan dibuka setelah pendaftaran MEXT yang umum ini ditutup (akhir february). Pertanyaan melalui program ini bisa langsung ditanyakan ke Liaison Office, maupun langsung ke email yang tertera di information form, bisa juga teman-teman mengontak account facebook PPI Jepang Kumamoto untuk pertanyaan lebih lanjut.

Sedangkan bagi teman-teman yang berminat untuk masuk ke Graduate School of Medicine Sciences hanya tersedia Beasiswa MEXT untuk Doctoral Degree saja. Info lengkapnya bisa dilihat di http://www.medphas.kumamoto-u.ac.jp/en/medgrad/admissions/index.html atau klik gambar dibawah ini untuk GSMS. Deadline pendaftarannya adalah 18 January 2017.

mext-2

Jangan lewatkan kesempatan ini, bagi teman-teman yang belum lulus saat ini tetapi optimis bisa lulus September 2017 teman-teman tetap bisa daftar dengan surat jaminan yang dikeluarkan oleh Dekan biasanya, tapi harus pastikan teman-teman benar-benar lulus sebelum masuk sebagai mahasiswa Kumamoto University. Bagi yang nilai Toefl/iBT/IELTS/TOEIC-nya kurang sedikit dari syarat tetep coba saja karena dari pengalaman ada beberapa MEXT awardee yang kurang sedikit nilainya tetapi masih bisa lolos, tentu harus ada kelebihan lain yang membuat professor dan kampus tidak ragu menerimamu ya. Jadi tunggu apa lagi, buruan daftar!!

kunjungi juga tips cari supervisor Galau belum mendapatkan Supervisor tuk melanjutkan studi? Silahkan cek ke Kumadai (ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *