Dengan menggunakan JR Kyushu international student pass untuk Northern Kyushu Area yang dapat digunakan selama 3 hari, saya dan teman-teman dari Kumamoto University bertualang ke 3 prefecture berbeda di bagian utara pulau Kyushu, yaitu Saga, Fukuoka, dan Oita Prefecture (Yufuin).

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan:

  1. Pembelian JR Kyushu international student pass dapat dilakukan di Co-op North Campus Kumamoto University atau di Kumamoto Station seharga 7200 yen untuk wilayah utara Kyushu dan 14400 yen untuk seluruh pulau Kyushu.
  2. Jika membeli di Kumamoto Station, diharuskan untuk membawa Residence Card dan Student Card. Jika membeli di Co-op North Campus Kumamoto University hanya membawa Residence Card saja.
  3. Kereta Shinkansen hanya bisa dinaiki hingga Hakata Station untuk 3 Day Pass Northern Kyushu Area.
  4. Perhatikan jadwal kereta terakhir dari stasiun saat akan pulang (saya sertakan di itinerary kolom Keterangan), terutama untuk trip yang menggunakan kereta ekspress. Perhitungkan juga waktu yang dibutuhkan untuk pindah kereta dari kereta ekspres ke Shinkansen saat perjalanan pulang.
  5. Terdapat dua jenis kereta menuju Yufuin, yaitu Yufu dan Yufuin No Mori. Jika memilih Yufu tidak ada tambahan biaya. Namun, jika akan menggunakan Yufuin No Mori, harus pesan tiket terlebih dahulu di JR Office (tidak semua stasiun memiliki JR Office) dan harus membayar tambahan biaya 520 yen.
  6. Kyushu Railway Timetable dapat diunduh disini.

Silahkan membaca kelanjutannya disini…


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *