Website PPIJK Manual

First Drafted by Fajar Purnama

(Untuk akses konsultasi dengan admin)

1 Sebagai Penulis

1.1 Halaman Website

Halaman website PPIJK dapat ditemukan di alamat “ppij-kumamoto.org” yang telah dibangun dengan WordPress.

Untuk menulis pada website ini bisa masuk ke alamat “ppij-kumamoto.org/wp-admin” seperti pada Gambar 1.

1-_halaman_websiteGambar 1. Halaman Website

Setelah mengakses alamat tersebut akan diminta username dan password pada Gambar 2. Jika input benar akan masuk ke dashboard pada Gambar 3.

2-_halaman_loginGambar 2. Halaman login

3-_dashboardGambar 3. Dashboard

[youtube id=”XU8er4EElWY” width=”600″ height=”350″]

1.2 Post

Informasi yang paling sederhana dan bersifat seketika biasa ditulis via post. Berikut langkah-langkah untuk menulis post di website PPIJK:

  1. Pilih menu post pada menu bar di sebelah kiri jendela seperti pada Gambar 4.

4-_menubar_postGambar 4. Menubar Post

  1. Tulis judul dan isi post, isi post biasanya berupa text dan gambar. Gambar dapat diupload langsung ke website atau dapat diambil dari sumber lain untuk menghemat space pada website contoh “flikr.com”.

  2. Pilih kategori untuk post tersebut pada menubar category yang terletak di sebelah kanan jendela seperti pada Gambar 5.

5-_menubar_categoryGambar 5. Menubar Category

  1. Silahkan jelajah opsi-opsi lainnya, setelah selesai pencet tombol “publish” yang terletak di sebelah kanan atas jendela seperti Gambar 6 (jika tidak ingin ditampilkan, rubah opsi menjadi “draft”).

6-_menubar_publishGambar 6. Menubar Publish

  1. Di halaman depat post akan tampil tergantung kategori yang dipilih seperti pada Gambar 7.

7-_post_baru_yang_tampil_di_halaman_depanGambar 7. Post baru yang tampil di halaman depan

[youtube id=”-dtiVHuq4_o” width=”600″ height=”350″]

1.3 Page dan Menu

Informasi yang bersifat permanen dan statis dibuat dalam bentuk halaman (page). Proses pembuatan mirip seperti pembuatan post hanya pilih menu “page” seperti Gambar 8.

 

8-_menubar_pageGambar 8. Menubar Page

  1. Untuk memasukan “page” (post dan lainnya bisa dimasukkan juga) ke navigation bar / menu pada halaman website, pilih menu “appearance” pada menubar yand disebelah kiri jendela seperti Gambar 9.

9-_menubar_appearanceGambar 9. Menubar Appearance

  1. Pilih page yang ingin ditambahkan lalu pencet tombol “add to menu” yang akan tampil di paling bawah menu yang telah ada seperti Gambar 10.

10-_penambahan_menu_1Gambar 10. Penambahan Menu 1

  1. Ambil menu tersebut dan letakan dilokasi yang diinginkan seperti Gambar 11, dan save.

11-_penambahan_menu_2Gambar 11. Penambahan Menu 2

[youtube id=”CMr83t-fPVI” width=”600″ height=”350″]

2 Sebagai Manager

2.1 User / Pengguna

Account admin sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan yang sangat administrative. Pada website ini sangat dianjurkan untuk membuat account untuk masing-masing pengguna. Hal ini sangat dianjurkan karena dapat mengendali dan mencatat aktifitas yang dilakukan pada website ini. Berikut langkah-langkah untuk menambah pengguna:

  1. Pilih menubar “user” dan “add new user” seperti Gambar 12.

    12-_menubar_userGambar 12. Menubar User

  2. Isi form termasuk email pengguna seperti Gambar 13 (pengguna harus verifikasi melalui email).

13-_form_penambahan_userGambar 13. Form Penambahan User

[youtube id=”SNKVZmrLwHo” width=”600″ height=”350″]

2.2 Dasar Tampilan Website

  • Tema WordPress yang digunakan di website ini adalah Avenue (pemilihan tema dapat dilakukan menubar Appearance > Theme dapat dilihat pada Gambar 14). Fitur, pengaturan, tampilan, dan banyak hal lainnya sangat dipengaruhi oleh tema, dan tidak aneh bila cara mengelola Website ini tidak sama dengan cara mengelola Website lain. Contohnya fitur Facebook dan Twitter sudah termasuk di tema ini, contoh lainnya penambahan adsense lewat widget belum tentu dapat dilakukan atau belum tentu berhasil (di Website ini mengandalkan plugin khusus). Plugin tambahan lainnya belum tentu cocok (compatible) dengan tema yang ditentukan.

14-_menu_themeGambar 14. Menu Theme

  • Menubar Appearance > Customization berisi pengaturan judul website, icon, menu, widget, dan halaman depan.

15-_menu_customizationGambar 15. Menu Customization

  • Menubar Appearance > Widget untuk memasukkan script di tampilan Website. Widget yang telah ditambahkan antara lain script pencarian Google (manual), Youtube (dari plugin), Twitter (dari plugin), Facebook (tersedia oleh tema), beberapa kategori / category, arsip, kunjungan, dan cluster map.

16-_menu_widgetGambar 16. Menu Widget

  • Menubar Avenue Theme dapat mengatur header, logo, background, footer, style, dll (silahkan dijelajahi sendiri).

17-_menu_avenue_themeGambar 17. Menu Avenue Theme

[youtube id=”K-nzM5CjrD4″ width=”600″ height=”350″]

2.3 Adsense / Iklan

Alamat Google Adsense adalah “google.com/adsense” merupakan layanan untuk manampilkan iklan di suatu website sehingga dapat mengeluarkan penghasilan. Saat mengakses alamat Google Adsense seperti pada Gambar 18 terdapat menu “Home” untuk kembali ke halaman depan, “My ads” tempat untuk mengambil script ad untuk ditampilkan di website (namun disini tidak perlu dilakukan, otomatis menggunakan plugin dari wordpress), “performance report” untuk melihat penghasilan, “optimization” berisi sugesti untuk meningkatkan kinerja. Icon bell merupakan notifikasi, dan icon gear merupakan pengaturan. “Settings” berisi informasi account, list website, third party contoh youtube, dan access and authorization. “Status” merupakan kondisi dari adsense, dan payment berisi cara pembayaran.

18-_halaman_depan_google_adsenseGambar 18. Halaman depan Google Adsense

Untuk memasang iklan di halaman website dapat menggunakan plugin adsense dari Google yang dapat diatur melalui menubar settings pada Gambar 19. Setelah itu melalui tombol “manage” akan berada di halaman untuk memasang iklan pada Gambar 20. Iklan dipasang di selain halaman depat melalui menu yang bearada di kiri atas jendela.

19-_menu_adsenseGambar 19. Menu Adsense

20-_tampilan_pemasangan_iklanGambar 20. Tampilan pemasangan iklan

[youtube id=”I48-jv-lC3A” width=”600″ height=”350″]

3 Sebagai Adminstrator

3.1 Plugin

WordPress sendiri secara otomatis dapat mendeteksi dan menginstall beberapa plugin, atau plugin dapat didownload secara manual dalam bentuk zip dan sebagainya, lalu diupload. Silahkan dijelajahi menu plugin sendiri.

[youtube id=”CnwUZ-s-HK8″ width=”600″ height=”350″]

3.2 Setting

Settings untuk mengatur alamat WordPress, judul, tata cara menulis, membaca, memberi komentar, dan banyak hal lain yang disarankan untuk menjelajahi sendiri.

[youtube id=”4jV4LMgAXp0″ width=”600″ height=”350″]

3.3 Update

Di menu akan sering muncul notifikasi untuk update, jika ragu untuk update sebaiknya konsultasi dengan yang lebih ahli. Yang paling sering diperhatikan adalah compatibility (kecocokan) dari tema yang dipakai, plugin yang diinstall, versi html, php, mysql, dan bahasa pemrograman lainnya yang dipakai hosting wordpress ini. Jika update mendukung dari compatibility ini, disarankan untuk diupdate untuk mengikuti perbaikan bug, keamanan, dan penambahan fitur.

[youtube id=”31y2QrnZzR8″ width=”600″ height=”350″]

3.4 Hosting

PPIJK menyewa layanan hosting di “awardspace.com” dapat dilihat pada Gambar 21. Terdapat banyak fitur yang disarankan untuk dijelajahi sendiri, sementara disini akan dibahas pengaturan saat ini. Di dashboard telah dipasang widget yang sering digunakan, diantara lain terdapat tampilan statistik dan fitur yang digunakan contohnya versi php pada Gambar 22. Layanan prabayar saat ini adalah domain / alamat website dan hosting seperti pada Gambar 23 yand dapat ditemukan pada menu Buy Services > Renew Services.

21-_dashboard_ppijk_di_awardspace-comGambar 21. Dashboard PPIJK di awardspace.com

22-_tampilan_statistik_dan_fitur_pada_dashboardGambar 22. Tampilan statistik dan fitur pada dashboard

23-_service_domain_dan_hosting_yang_disewaGambar 23. Service domain dan hosting yang disewa

[youtube id=”V-_ZVr_-vp4″ width=”600″ height=”350″]

3.4.1. Domain

Public domain merupakan alamat website yang dikenal di The Internet. Dalam jaringan komputer alamat secara resmi adalah dalam bentu alamat internet protocol (IP), namun diciptakannya domain name (DN) untuk memudahkan pengguna mengingat alamat website tersebut. Alamat “ppij-kumamoto.org” dibeli melalui “awardspace.com”, untuk memudahkan pengaturan domain telah ditampilkan di dashboard pada Gambar 21. Setelah masuk akan tampil seperti Gambar 24 yang berisi domain dan sub-domain.

24-_halaman_pengaturan_domainGambar 24. Halaman pengaturan domain

[youtube id=”vgz2GYzoaHM” width=”600″ height=”350″]

3.4.2. Web Server

Setelah pembuatan domain, isinya dapat diatur melalui menu directory pada Gambar 21. Halaman ini berisi pengaturan isi halaman website salah satunya ppij-kumamoto.org yang dibangun dengan WordPress. Pengaturan directory dan file website dapat dilakukan di halaman ini, pada Gambar 25.

25-_halaman_pengaturan_directory_dan_file

Gambar 25. Halaman pengaturan directory dan file

[youtube id=”KBo53WWCZXA” width=”600″ height=”350″]

3.4.3. Database Server

Website klasik dan sampai saat ini masih menggunakan database server untuk menyimpan dan mengambil nilai (value) atau kata kasarnya data. Halaman database dapat diakses pada widget database pada Gambar 21. Terlihat di Gambar 26 website ini menggunakan MySQL server.

26-_halaman_pengaturan_databaseGambar 26. Halaman pengaturan database

[youtube id=”Y9w1Pi2tBnA” width=”600″ height=”350″]

3.5Backup