text4292

Selamat Tinggal Ramadhan, Sampai Bertemu Lagi!

Taqabbalallahu minna wa minkum.
Selamat tinggal bulan Ramadhan. Selamat lebaran teman-teman.

Akhirnya, setelah melewati perjuangan berpuasa di Jepang selama sebulan penuh, kita dipertemukan lagi dengan Idul fitri. Sebelumnya, kita sudah bercerita bukan tentang kisah berpuasa di Kumamoto? Nah, kali ini kita akan berbagi sedikit tentang kisah lebaran di Kumamoto. Seperti yang kita bilang di post tentang ramadhan di Kumamoto, Jepang bukan merupakan negara dengan mayoritas islam. Sehingga tidak ada yang namanya libur lebaran. Kali ini, lebaran jatuh pada hari jum’at. Sehingga, aktivitas kegiatan berlangsung seperti biasanya. Kuliah tetap berjalan, dan Kerja pun tidak ada libur. Karena itu kali ini di Kumamoto Jepang, Sholat Ied diadakan 2 kali. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi rekan-rekan yang memiliki aktivitas atau tanggung jawab di hari kerja. Sholat Ied diadakan pukul 07.00 pagi dan pukul 09.00 pagi. Sholat Ied di Kumamoto Jepang mengikuti Mazhab Hanafi dimana pada rakaat pertama takbir dilakukan di awal dan rakaat kedua Takbir dilakukan sebelum rukuk. Seusai sholat Ied, Khotib memberikan Khutbah. Tentu seperti adat lebaran, setiap orang saling bermaaf maafan setelah kegiatan usai. Tidak hanya bermaaf-maafan, kita juga melakukan foto bersama. Merayakan lebaran di Negeri orang tentu merupakan pengalaman baru bagi warga asing. Tentu kita ingin mengabadikan momen ini dan membaginya dengan keluarga, bukan?

Setiap Tahunnya, setelah sholat Ied diadakan kegiatan makan bersama oleh tiap-tiap negaranya. Setiap negara akan membawa makanan masing masing untuk di makan bersama rekan-rekan satu negara. Tapi hal itu juga tidak menghentikan antara negara untuk berbagi masakkannya. Nah kali ini, Indonesia memasak Soto Betawi lho. Setelah usai makan, rekan-rekan kembali melanjutkan aktivitasnya. Tentu saja banyak orang yang melakukan adat berkunjung seperti di Indonesia.

Kali ini, sekian dulu kisah lebaran di Kumamoto!
Kami dari segenap kepengurusan PPI Jepang Komisariat Kumamoto ingin memohon maaf sebesar-besarnya jika ada salah ya! Selamat lebaran! Selamat berkumpul bersama keluarga! Semoga kita bisa dipertemukan lagi dengan ramadhan di tahun depan.

Berikut foto-foto kegiatan lebaran di Kumamoto Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *