7-1024x768

Indonesia Cultural Day

Indonesia Cultural Days (ICN) pertama kali diadakan pada tanggal 23 Februari 2018. Kegiatan ini adalah kegiatan pengenalan budaya Indonesia dari berbagai pulau yang pertama kali diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Jepang di Kumamoto (PPIJK). Motivasi kegiatan perdana ini adalah agar masyarakat Kumamoto, penduduk setempat yang tinggal di Kumamoto, dan pelajar international dapat mengetahui, mengenal, budaya Indonesia dan berbagai makanan khas Indonesia. Selain itu, disajikan pula wisata-wisata pilihan Indonesia yang dikemas dalam drama.

Tepat pada pukul 10:00, acara ICN dibuka oleh perwakilan KBRI. Setelah pembukaan acara ICN sampai dengan siang hari, agenda ICN diawali dengan acara pentas seni musik, lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Sembari dilanjutkan dengan pengenalan makanan-makanan khas Indonesia, para pengungjung dihadirkan dengan alunan music-musik tradisional daerah Indonesia. Bersamaan dengan berjalannya pengenalan makanan khas Indonesia, para pengunjung juga dilibatkan untuk meramaikan suasana dengan mengikuti kompetisi dan perlombaan tradisional Indonesia, seperti balab kelereng dan lomba memasukkan pensil kedalam botol. Beberapa pengunjung yang beruntung juga berkesempatan mendapatkan hadiah undian.

Pada kesempatan yang sama, ada beberapa pengunjung yang tertarik untuk mencoba pakaian-pakaian tradisional Indonesia, batik, kebaya dan ada juga mereka yang berkesempatan memainkan alat musik tradisional angklung.

Malam harinya, panitia mengadakan makan malam bersama perwakilan KBRI Tokyo, KIFA, dan para pengunjung. Sate ayam, dan jajanan tradisional disediakan secara cuma-cuma. Selanjutnya tepat pukul 19:00, kegiatan ICN ditutup oleh agenda terakhir dengan penampilan drama. Penampilan drama ini sangat unik, pasalnya ditampilkan dengan menggabungkan cerita berlatar belakang modern dan tradisional yang mempersembahkan tari-tari tradisional dan music-musik pengiring di setiap pergantian adegannya. Bahkan salah satu tari tradisional Indonesia dari Bali, yaitu kecak, di ikuti oleh pelajar internasional. Pada saat ini pula, banyak penonton berdecak kagum bercampur tawa. Penutupan drama diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan di lanjutkan dengan lagu tradisional dimana para aktor drama mengajak semua penonton untuk ikut menari bersama.

Sebagai kegiatan perdana, persiapan ICN tidaklah mudah karena diperlukan kerjasama antara masyarakat Indonesia dari berbagai elemen di Kumamoto, baik pelajar maupun pekerja. Yang tidak kalah penting, kegiatan ini disukseskan dengan dukungan sponsor dari KBRI Tokyo dan KIFA. Besar harapan dengan diadakan ICN, kita dapat memperkenalkan kepada masyarakat internasional mengenai budaya-budaya Indonesia, makanan khas, lagu-lagu tradisional, permainan daerah, dan sejarah Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *