g6793

Tips Nonton Bioskop di Jepang

Halo semua! Akhir-akhir ini banyak sekali film-film mancanegara yang seru-seru. Apalagi mengingat Marvel dan DC yang sedang bersaing menyajikan film Superhero yang makin beda dari awal tahun 2000-an. Dengan teknologi yang jauh lebih canggih, kualitas gambar dan cerita menjadi lebih menarik minat para penonton untuk tidak ketinggalan menonton langsung di layar kaca. Nah yang jadi pertanyaan, seperti apasih nonton bioskop di Jepang bagi orang asing? Kali ini, kita mau bagi-bagi sedikit cerita dan tips nih untuk kalian para cinemaholic yang ingin nonton bioskop di Jepang.

Beberapa dari kalian mungkin akan berkespektasi bahwa cuplikan film diatas adalah contoh film yang akan kalian tonton di Jepang. Tidak seperti Indonesia, banyak sekali film mancanegara yang di dubbing ke Bahasa Jepang dan ditayangkan di cinema. Tapi jangan khawatir, tentu tidak semua film sepenuhnya menggunakan Bahasa Jepang. Kerennya Jepang adalah, mereka menyediakan 2 versi film yang bisa kita nikmati yaitu versi subtitle (jimaku / 字幕), dan versi dubbing (fukikae / 吹替).

Memilih Film
Bagi orang asing yang ingin menonton film mancanegara, tentu saya sarankan untuk memilih versi subtitle (jimaku / 字幕) saat menonton film. Dengan memilih versi subtitle, kita bisa menikmati film dengan suara aslinya. Jangan pernah berekspektasi bahwa subtitle nya menggunakan Bahasa Inggris ya. Subtitle yang digunakan tentu Bahasa Jepang. Namun jika teman-teman ingin menonton film Jepang tentu saja film yang akan teman-teman tonton tidak akan menggunakan subtitle Bahasa Jepang, bahkan tidak ada subtitle sama sekali seperti jika teman-teman menonton film Indonesia di bioskop Indonesia. Salah satu film Jepang yang saya tonton adalah Hagane no Renkinjutsushi (鋼の錬金術師) atau yang biasa dikenal teman-teman pecinta film kartun dengan nama FullMetal Alchemist.

1

Tentu saja film tersebut benar-benar tidak memiliki subtitle dan bahasa yang digunakanpun Bahasa Jepang. Saya sendiri dengan level bahasa yang pas-pasan kadang tidak mengerti dengan percakapan di film tersebut. Tapi tenang, untuk yang sudah biasa menonton film jepang, kalian akan terbiasa dan mengerti (mungkin sedikit-sedikit) dengan topik yang dibicarakan dalam film. Satu lagi yang menarik adalah, mungkin teman-teman akan menemukan judul film yang berbeda dari judul aslinya. Pengalaman saya ketika menonton Thor: Ragnarok, saya sempat kebingungan mencari nama film di papan screening bioskop. Apalagi tulisannya Bahasa Jepang.  Ternyata, setelah melihat website, saya menemukan preview film nya dengan judul film マイティソーバトルロイヤル (Maiti Sō Batoru Roiyaru / Mighty Thor Battle Royal). Bukan Thor: Ragnarok. Unik bukan?

Untuk jadwal penayangan, teman-teman bisa akses web cinema tersebut. Saya sendiri, hanya pernah ke United Cinema. Maklum, sudah member, jadi saya mendapatkan diskon untuk menonton. Selain United Cinema, ada juga TOHO Cinema dan AEON Cinema. Kerennya lagi, tidak seperti di Indonesia, setiap cinema di Jepang memiliki harga yang sama untuk harga umum. Tentu setiap cinema memiliki kebijakan yang berbeda untuk diskon harga. Nanti akan saya jelaskan juga tentang harga cinema di Jepang lebih detail di bagian berikutnya.

Berikut adalah website untuk cinema di Jepang.

Selain itu, teman-teman juga bisa menikmati hadiah saat menonton. Beberapa cinema menyediakan special gift untuk para penonton untuk beberapa film. Pengalaman saya adalah, saya pernah mendapatkan postcard Batman saat menonton film Justice League. Tidak hanya hadiah, semua cinema juga menjual merchandise film tersebut seperti handuk, gantungan kunci, clearholder, pin, dan masih banyak lagi.

4

Harga Sekali menonton di Bioskop
Nah, kali ini saya mau berbagi informasi tentang harga bioskop di Jepang. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Harga bioskop di jepang untuk umum adalah sama, yaitu 1800 yen untuk umum. Untuk mahasiswa (dibuktikan dengan kartu pelajar) adalah 1500 yen. Untuk pelajar SMA, SMP, SD, ataupun anak seharga 1000 yen. Semua Cinema di Jepang  juga menyediakan diskon malam. Diskon ini berlaku untuk film yang tayang diatas jam 20.00. Jadi harga satu tiket untuk semua orang adalah 1300 yen. Selain itu, ada juga diskon ‘Ladies Day’ dimana harga tiket untuk perempuan pada hari rabu adalah 1100 yen. Selain itu, dari pengalaman saya, kita bisa membuat kartu member Club Spice di United Cinema. Dengan kartu itu, kita bisa menonton film dengan harga hanya 1000 yen di setiap hari Jum’at. Jika menggunakan kartu ini juga kita bisa mendapatkan diskon di hari biasa. Untuk dewasa diskon sebesar 300 yen, sehingga dari 1800 menjadi 1500 yen. Untuk Pelajar diskon 100 yen, sehingga untuk Mahasiswa dari 1500 menjadi 1400 yen, dan untuk pelajar SMA kebawah dari 1000 yen menjadi 900 yen. Untuk pembuatan kartu ini, teman-teman hanya perlu mengisi nama saja lho. Dengan harga 500 yen untuk pembuatan kartu, teman-teman bisa menikmati diskon selama setahun. Tentu kartu tersebut bisa diperpanjang.

Jadi bagaimana tips and trick dari kita kali ini? Semoga membantu untuk teman-teman yang ingin menonton film jepang ya. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *