text4558

Refleksi Akhir Tahun 2017

Tahun 2017 akan segera berakhir. Di setiap akhir tahun biasanya sebuah organisasi akan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan selama setahun silam. Refleksi berasal dari kata reflect yang artinya cerminan. Maka konteks ini dapat diartikan bahwa suatu organisasi melihat kembali pada diri sendiri apa saja yang sudah dilakukan. Dalam tulisan kali ini, kami sebagai pengurus baru PPIJ Kumamoto untuk masa kepengurusan 2017/2018 akan sedikit berbagi tentang kegiatan kami selama beberapa bulan terakhir sebagai refleksi untuk perbaikan diri kedepannya. Sebagai organisasi sosial-pendidikan, tentu fokus lingkup kami berada pada kehidupan sosial dan pendidikan pelajar Indonesia di Jepang, terutama di Kumamoto. Selain itu, terdapat juga poin-poin sosial antara pelajar dengan masyarakat, baik masyarakat Indonesia yang tinggal di Jepang, masyarakat Jepang, maupun masyarakat internasional lainnya. Beberapa poin ini sudah dilaksanakan tentunya oleh PPIJ Kumamoto dengan usaha yang maksimal. Tentu saja semua itu tidak lepas dari bantuan beberapa organisasi seperti KIFA dan partisipasi masyarakat Indonesia dan lainnya.

Kegiatan PPIJ Kumamoto 2017/2018 dimulai dari Pekan Olahraga Korda Kyushu-Okinawa. Pada masa ini PPIJ Kumamoto masih menghadapi masa transisi dari kepengurusan lama menuju kepengurusan baru. Pekan olahraga ini dihadiri oleh beberapa Persatuan Pelajar Indonesia di area Kyushu. Perlu disyukuri bahwa pada kegiatan ini, PPIJ Kumamoto berhasil meraih 3 gelar juara, sehingga dinobatkan sebagai juara umum 2 di pekan olahraga ini. Pulang dengan rasa puas, prestasi yang dibawa 10 perwakilan PPIJ Kumamoto patut dibanggakan. Kegiatan selanjutnya adalah undangan makan malam dari KIFA untuk bertemu dengan tim badminton dari Indonesia yang tengah menjalin kerjasama latihan dengan tim badminton dari Jepang untuk persiapan Olympic 2020. Hal ini juga dapat memperdalam hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Pada pertengahan November, terlaksana sudah serah terima jabatan yang dinanti-nanti. Tonggak kepengurusan dari Sdr. Dhoni Setiawan diserahkan kepada Sdr. Andan Sigit dengan harapan kepengurusan PPIJ Kumamoto akan menjadi lebih baik. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 50 masyarakat Indonesia ini disambut cukup antusias. Dalam kegiatan ini pula diperkenalkan pengurus baru PPIJ Kumamoto dan ramah tama untuk menjaga keakraban masrakat Indonesia di Kumamoto. Tak lama berselang, PPIJ Kumamoto berlatih bersama KIFA untuk menghibur masyarakat Kumamoto di Internasional Festival yang diadakan di Kengun-machi. Partisipasi kita dalam kegiatan ini menuai pujian dan rasa terima kasih. Selain itu, melalui kegiatan ini hubungan Indonesia dengan Kumamoto semakin baik. Sebagai rasa terima kasih bahkan KIFA mengundang rekan-rekan PPIJ Kumamoto untuk hadir di konser galang dana yang di adakan di Shintoshin Plaza. Di akhir tahun ini, PPIJ Kumamoto pun mengadakan End Year Gathering dengan tujuan untuk merekatkan tali persaudaraan antar masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan ini pula disampaikan harapan setiap masyarakat Indonesia agar tahun berikutnya menjadi lebih baik. Untuk kedepan banyak sekali rencana kegiatan yang sudah kami rencanakan demi menjaga hubungan yang telah dibentuk sejak PPIJ Kumamoto di dirikan. Salah satu inovasi kegiatan yang kami bawa pada kepengerusan ini adalah Indonesia Cultural Night dimana dalam kegiatan ini kami ingin mewadahi masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat kumamoto. Selain itu kami juga ingin mengadakan kegiatan untuk liburan bersama demi meningkatkan rasa kebersamaan masyarakat Indonesia di Jepang khususnya daerah kumamoto.

Demikian refleksi singkat kegiatan PPIJ Kumamoto 2017/2018 yang telah terwujud. Dimana ada akhir, akan selalu ada awal yang baru. Sebagaimana tahun 2017 yang telah berakhir, 2018 menjadi perjalanan baru bagi kita. Kepengurusan PPIJ Kumamoto 2017/2018 bahkan belum sampai setengah jalan. Dengan menjunjung semangat yang baru kami punya harapan yang besar untuk menjadikan PPIJ Kumamoto sebagai rumah kedua untuk para pelajar Indonesia yang tengah belajar di Kumamoto. Selain itu kami juga punya harapan besar untuk bisa menjadi jembatan bagi elemen-elemen yang sangat berperan penting dalam kegiatan PPIJ Kumamoto. Namun yang terpenting tentu saja bagaimana kami bisa tetap menjaga dan meningkatkan rasa kebersamaan masyarakat Indonesia di Kumamoto. Semoga pada tahun 2018 ini, dengan serangkaian kegiatan yang sudah kami rencanakan, semua cita-cita dan harapan kami dapat terwujud.

image4284

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *