Foto 1 (2)

Keseruan di Sigma Festival (Shigumasai) Universitas Kumamoto 2017

eWnlPKbl_400x400

Sigma Festival

Sigma Festival adalah festival kampus tahunan yang diadakan oleh Universitas Kumamoto dengan tema utama “Rock You!”. Ketika mendengar istilah “Rock” kita akan terbayang itu hanyalah sebuah musik, namun kali ini, Rock dalam tema “Rock You!” menggambarkan sebuah pergerakan emosi yang kuat dan dapat pula diilustrasikan untuk memunculkan emosi pengunjung hingga dapat mengatakan “Wow!” dan memberikan kesan hati yang berdegup kencang. Di samping itu, Rock You dapat pula direpresentasikan dengan “Rokyou” yang kemudian dapat dibaca dengan “Roku” yang artinya ke enam dan “You” dengan “Kyu” singkatan dari “Kyushu”. Dalam even tersebut, para mahasiswa Universitas Kumamoto menyelenggaraan “Sigma Festival” terbaik, yang diharapkan dapat membawa pergerakan dan perubahan yang besar di Kumamoto, Kyushu melalui “Sigma Festival”.

Hari Pertama

6969953003563

Para mahasiswa Universitas Kumamoto mengadakan festival ini selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 3-5 November 2017. Hari pertama, Jum’at 3 November 2017, agenda utama adalah dengan tema “1st Music Day. Agenda tersebut berlangsung antara pukul 10:00-20:00. Festival dibuka dengan acara “opening” yang berlangsung antar pukul 9:30-10:00. Sigma Festival diwarnai dengan berbagai band musik dan pertunjukan dan diakhiri dengan pelepasan balon tujuh warna pada pukul 10:30.

Mr. Green Apple

Festival dilanjutkan dengan Sigma Paradise antara pukul 10:00-20:20. Dalam Sigma Paradise pengunjung disajikan lantunan musik yang menyenangkan dengan parade Higo Pella. Adapun dipanggung utama, anak-anak sekolah dasar dan SMP mempersembahkan sebuah tarian dengan tubuh yang energik. Acara puncak pada siang hari dari Sigma Paradise adalah tampilnya grup musik asal Tokyo, Mrs. Green Apple. Grup ini cukup terkenal di Jepang karena album pertama mereka yang berjudul “TWELVE” berhasil menyabet peringkat 10 pada “Japanese National Oricon Charts”, salah satu institusi yang melakukan pemeringkatan grup musik.

Foto 5

Pada siang hingga sore hari, penunjung dapat berbicara dengan pria yang menggunakan kostum beruang besar, wanita cantik, maupun pria yang menggunakan kostum wanita. Disamping itu, pengunjung juga berkesempatan memainkan kartu Uno. Acara-acara musik lainnya seperti the ensemble stage, MPB Live, Jazz set you free dimana kita diundang untuk menjadi pemain musik jazz. Festival hari pertama ditutup dengan kegiatan Kumamoto Univesity Collection dan kontes Mr dan Mrs. Kumamoto.

6970025741723

Hari kedua Sigma Festival bertemakan Alam (Nature). Pada hari kedua ini, pengunjung dihadirkan dengan dekorasi suasana alam serta makhluk-makhluk darat dan air. Sejumlah suara gitar akustik yang dibawakan oleh asosiasi pecinta gitar akustik mengiringi hari itu. Festival dimeriahkan dengan sebuah permainan game SIGMA Allright. Ada seorang mahasiswa yang meyamar dengan menggunakan kostum binatang. Apabila dapat menemukannya, kita akan mendapat kenang-kenangan berupa permen. Pada hari kedua ini, Higo Pella lagi-lagu juga memberikan permainan musiknya. Untuk anak-anak, ada tantangan membuat lilin sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga diperkenankan untuk membawa pulang hasil karyanya secara cuma-cuma.

Foto 7

Fantasi adalah tema utama pada hari ke tiga. Tema ini didasari dengan dekorasi yang akan mengarahkan kita kepada negeri impian. Seperti halnya, menelusuri berapa banyak Unicorn yang dapat ditemukan di sana? Hari ketiga adalah hari terakhir festival. Kini, tim Cheerleader yang hadir diawal Sigma Festival kembali hadir di hari ketiga untuk bersorak dan menyemangati semua performa agar maksimal. Seperti biasa, tim Higo Pella mepersebahkan alunan musik merdu dan serba alaminya. Plaza anak-anak popular setiap tahun. Plaza ini adalah kebuh binatang dan berbagai hal hal imut-imut yang sangat cocok dengan kesan anak-anak, setiap orang diberi kesempatan untuk memberi makanan kepada hewan yang disayangi.

DN3Y3NLUIAAxk_O

DN3XHnIVAAAGlMH

Akhir Kata, Sigma Festival ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemenang kontes Mr. and Miss. Kumamoto University. Proyek-proyek mengagumkan dan berbagai penghargaan ditampilkan dalam layar lebar. Kembang api diluncurkan sebagai penutup untuk mengakhiri Sigma Festival tahun ini. Festival yang sangat menyenangkan dan memberikan banyak kenangan.

Credit Gallery: @blopa_blopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *