1025146

Selamat Kumamoto! Pekan Olahraga Korda Kyushu-Okinawa

Sabtu, 4 November 2017 lalu, diadakan Pekan Olahraga Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Koordinator daerah Kyushu – Okinawa, Jepang. Kegiatan ini diadakan di Ritsumeikan Asia Pasific University, Beppu-shi, Oita-ken, bertindak sebagai tuan rumah sekaligus panitia lokal adalah PPI APUINA.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk peringatan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober lalu. Beberapa ajang yang dilombakan adalah:
– Poster Ilmiah ;
– Foto pemandangan alam daerah masing-masing ;
– Video sumpah pemuda ;
– Tenis Meja ;
– Badminton ; dan
– Futsal.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh 8 perwakilan warga Indonesia di Area Kyushu – Okinawa diantaranya: Fukuoka, Kita-kyushu, Saga, Kumamoto, Oita, Kagoshima, Miyazaki, dan Okinawa. Namun hanya ada 5 daerah yang bisa mengirimkan perwakilannya untuk hadir di pekan olahraga ini diantaranya: Fukuoka, Kita-Kyushu, Kumamoto, Miyazaki, dan Oita. Sehingga daerah tuan rumah Oita mengirimkan 4 tim diantaranya APUINA A dan APUINA B yang berasal dari kampus tuan rumah, serta Nakatsu dan Usa yang keduanya merupakan tim kenshusei.

Kegiatan ini bahkan dihadiri oleh Atase bidang Pendidikan KBRI Tokyo, Alinda F. M. Zain. Bu Alinda memberikan sambutan diawal kegiatan dengan tema Sumpah Pemuda. Selain itu Ketua PPI Jepang Pusat mengirimkan perwakilannya yaitu dari Biro Akademik dan Pengembangan Riset PPI Jepang, Sdr Ginting yang berasal dari Hiroshima untuk menghadiri kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, Kumamoto mengirimkan total 10 perwakilan untuk ikut dalam seluruh ajang olahraga yang dilombakan, diantaranya: Tenis Meja, Badminton dan Futsal. Dalam ajang ini Kumamoto berhasil mendapatkan Juara 2 dalam Tenis Meja, Juara 3 dalam Badminton, dan Juara 3 dalam Futsal. Perolehan juara di beberapa ajang ini membuat PPIJ Kumamoto secara komulatif menjadi Juara Umum 2 dalam ajang Pormas PPI Korda Kyushu-Okinawa ini. Tampil sebagai Juara Umum 1 adalah Tim Nakatsu, dan Juara Umum 3 adalah Tim APUINA B.

Alhamdulillah pencapaian ini membuat kontingen Kumamoto yang harus berangkat pukul 06.00 pagi dan baru sampai kembali di Kumamoto pukul 01.30 dini hari ini pulang dengan rasa bangga dan puas.

Selamat untuk PPIJ Kumamoto!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *