img_2209

Happy Monday!! Health and Sports Day (Taiiku no hi) di Jepang!

Hari ini 9 Oktober 2017 adalah hari libur nasional dalam kalender Jepang. Hari dalam bahasa Jepang disebut dengan 体育の日 atau dibaca: Taiiku no hi. Taiiku no hi ini adalah hari yang ditetapkan oleh Pemerintah Jepang sebagai harinya berolahraga.

Taiiku no hi diperingati sejak tahun 1966 untuk memperingati Tokyo Olympics tahun 1964 yang juga merupakan Olimpiade musim panas pertama yang diselenggarakan di Asia. Pada awalnya dulu Taiiku no hi diperingati setiap tanggal 10 Oktober yang merupakan tanggal pembukaan Olimpiade Tokyo 1964, akan tetapi kemudian ini diubah oleh Pemerintah Jepang ke Hari Senin minggu ke-2 Bulan Oktober. Perubahan ini menyesuaikan dengan kebijakan Happy Monday yang digagas oleh Pemerintah Jepang.

Happy Monday adalah skema hari libur nasional yang diperingati pada hari senin setiap tanggal tertentu. Skema ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000. Tujuan dari skema Happy Monday ini diantaranya adalah untuk memperpanjang weekend sehingga bisa memicu orang-orang untuk pergi berwisata ke tempat yang jauh dan membelanjakan uangnya sehingga ekonomi Jepang bisa terus tumbuh. Selain Taiiku no hi, hari libur nasional lain yang termasuk Happy Monday adalah: Coming of Age Day setiap senin minggu ke-2 Januari, Marine Day setiap senin minggu ke-3 Juli, dan Respect of Age Day setiap senin minggu ke-3 September.

img_2244

Kembali mengenai Health and Sport Day, untuk memperingati hari ini biasanya sekolah-sekolah maupun perusahaan maupun berbagai komunitas mengadakan 運動会 alias Undoukai alias Sport Day. Penyelenggaraan Undoukai ini tidaklah mesti tepat pada saat Taiiku no hi karena biasanya hari itu dijadikan hari libur oleh banyak sekolah sehingga pelaksanaan Undoukai biasa diganti pada hari sabtu atau minggu disekitar tanggal tersebut, atau ada juga yang memilih di akhir Oktober dimana cuaca sudah lebih sejuk.

Undoukai yang diselenggarakan sendiri biasanya berupa perlombaan alias olimpiade mini dengan menampilkan berbagai lomba seperti lari, lompat, permainan bola tangan, dan lomba-lomba olahraga permainan lain menyesuaikan kelompok umur dari peserta tentunya. Di Yochien dan SD para orang tua murid biasanya ikut meramaikan dengan menonton sampai ikut berkompetisi meramaikan Undoukai di sekolah anak-anak mereka. Berbagai pertunjukan bernuansa olahraga pun tidak ketinggalan disajikan oleh peserta Undoukai. Seru sekali ya!!

source photo: thespacebetweentwoworlds.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *