1507008128438

Selamat Hari Batik Nasional dari Kumamoto!!

Batik adalah sebuah teknik ‘melukis’ diatas kain yang khas berasal dari Indonesia, setiap corak dari kain batik memiliki terminologi alias maknanya sendiri-sendiri. Batik pada tahun 2009 ini diakui oleh UNESCO sebagai  Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Tanggal penetapannya yaitu 2 Oktober dijadikan peringatan di Indonesia sebagai Har Batik Nasional.

Pada Hari Batik Nasional sekolah-sekolah maupun institusi pemerintah di Indonesia maupun perwakilannya di luar negeri biasanya turut memeriahkannya dengan serempak mengenakan pakaian batik pada hari itu. Kami yang di Kumamoto juga nggak mau ketinggalan ni untuk memeriahkan Hari Batik Nasional ini dengan mengadakan sesi foto bersama di Kampus.

Sayang sekali niat kami untuk berfoto pada tanggal 2 Oktober terhalang oleh hujan yang seharian penuh menghiasi Kota Kumamoto, jadilah kami menggeser sesi Foto bersama ini pada tanggal 3 Oktober alias mundur sehari. Walaupun mundur sehari tapi semangat kami untuk ikut memeriahkan Hari Batik Nasional ini sama sekali nggak luntur kok!!

Sekitar 20an mahasiswa Kumamoto University yang terdiri dari berbagai angkatan ini berkumpul di depan library pada pukul 11.50 untuk bersiap meramaikan sesi foto bersama kali ini. Selain foto bersama ini juga menjadi acara berkumpul dan berkenalan juga bagi teman-teman mahasiswa baru yang baru saja memulai perkuliahan di Kumamoto. Penasaran hasilnya? Ini dia:

One thought on “Selamat Hari Batik Nasional dari Kumamoto!!

  1. 👍kampus KU memang keren, saya bersama isteri bulan Maret yg lalu pernah berkunjung kesana.
    Senang melihat mahasiswa dari Indonesia ber”batik ria” disana. Sayang putra kami tidak ikut serta, karena akhir bulan lalu sudah pindah ke Fukuoka.
    Salam dari Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *