7 Cara Mendapatkan Barang Dibawah 500 Yen di Jepang 6

Convenience Store yang Benar-Benar Convenient di Jepang

Convenience store atau biasa disini disebut konbini adalah mini mart yang keberadaan dah sangat menjamur hampir di seluruh Jepang. Mini mart di Indonesia memang saat ini dah bisa jadi tempat beli pulsa, bayar listrik, tiket, dll.. Tetapi di Jepang Convenience Store sudah merambah bisnis itu sejak lama lho. Yok disimak tentang apa saja sih layanan yang tersedia mini mart alias konbini di Jepang:

Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Untuk ini tidak perlu dijelaskan lagi sepertinya ya, berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan rumah tangga di jual di Konbini. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah disini seluruh konbini buka 24 jam sehingga kapan saja kita butuh sesuatu secara dadakan bisa coba cari di konbini. Walaupun demikian, usahakan beli sesuatu di konbini hanya kalau kepepet atau butuh cepat saja ya, karena harga di konbini ini lebih mahal daripada kalau kita beli di supermarket.

Harga-harga barang yang tercantum di Konbini biasanya mencantumkan 2 harga yaitu harga asli dan harga yang setelah pajak. Jadi kalau menghitung-hitung yang dibelanjakan jangan sampai salah hitung ya.

Selain kebutuhan sehari-hari hampir semua Konbini di Jepang memiliki corner khusus untuk majalah yang terkadang kita bisa melihat contoh majalah yang dijual, sehingga kadang ini menjadi tempat baca majalah gratisan.

Sedia makanan fresh dan Bento

Di Konbini tidak hanya makanan pabrikan saja lho yang tersedia, biasanya konbini juga sedia onigiri, bento box, spaghetti, yakisoba, salad, ada juga yang sedia telur rebus, gorengan, dll. Makanan-makanan ini adalah makanan fresh yang hanya berusia 1 hari itu saja, kalau tidak laku maka makanan akan ditarik, tidak dipajang untuk hari berikutnya. Kita bisa lho minta makanan untuk dihangatkan terlebih dahulu di microwave agar tidak dingin ketika kita memakannya. Untuk teman-teman yang muslim mungkin kurang banyak pilihan karena kebanyakan yang dijual haram, tetapi seperti onigiri maupun salad ada juga yang oke buat dikonsumsi oleh muslim.

7eleven dan juga Family mart juga menjual minuman kopi yang fresh, bukan yang sudah di dalam kemasan. Konbini di Jepang tidak hanya menjual minuman dingin tetapi juga minuman hangat juga.

Jasa Pengiriman dan Penerimaan Barang

Konbini yang lingkupnya nasional seperti 7eleven, Lawson, Family Mart mereka biasanya sedia jasa untuk mengirimkan barang, jadi yang mau mengirim barang tidak perlu repot, tinggal pergi saja ke Konbini saja untuk mengirimkan barang.

Selain Jasa pengiriman barang, tersedia juga jasa untuk menerima barang. Hal ini biasa dipakai oleh orang-orang yang memesan barang di Amazon dan mereka khawatir barang sampai ketika sedang tidak ada orang di apato/rumah sehingga mereka request agar barang dikirim ke konbini terdekat.

Jasa pembayaran 

Di konbini kita juga bisa nih digunakan untuk membayar berbagai hal, mulai membayar barang pesenan di amazon atau yahoo auction bagi yang tidak punya credit card, membayar tiket transportasi yang butuh reservasi seperti bus malam, pesawat, dll, bayar biaya simcard prabayar seperti OCN, bisa juga kita membayar asuransi kesehatan kita di konbini, listrik pun bisa juga dibayar di konbini. Selain itu bagi yang ingin ‘mengisi ulang’ kartu transportasi seperti Suica, Sugoca, Nomica dan semacamnya bisa dilakukan juga di Konbini. Di Konbini tertentu dijual juga lho tiket-tiket untuk masuk ke tempat wisata tertentu, biasanya disertai discount juga.

Jasa ATM

Memang bisa dibilang tidak semuanya tetapi banyak Konbini yang juga sedia ATM. Konbini di ATM seperti Lawson dan Family Mart bisa berbeda-beda tergantung dengan bank mana kerjasamanya, sedangkan untuk 7eleven ATM yang tersedia ya ATM Seven Bank. Unik kan? 7eleven di Jepang memiliki bank-nya sendiri yang bisa berfungsi sebagai simpan pinjam seperti Bank pada umumnya. Bagi wisatawan Asing ATM Seven Bank ini biasanya dicari-cari karena bisa digunakan untuk menarik uang dari tabungan di negara mereka menggunakan kartu ATM yang dibawa dari negara mereka sendiri, selain itu ATMnya juga tersedia berbagai bahasa untuk memudahkan.

Numpang Wifi

Ini tentunya bukan jasa berbayar tetapi jelas memudahkan kita, konbini yang kelasnya sudah nasional seperti Family Mart, Lawson, 7eleven pasti mereka sedia free wifi, kita hanya perlu registrasi terlebih dahulu saja. Dengan banyaknya orang asing di Jepang registrasi wifi tersedia dalam menu berbahasa Inggris juga lho sekarang. Jadi bagi yang kebingungan akses internet karena nggak berlangganan simcard/mobile phone di Jepang bisa datang saja di luar konbini terdekat kamu bisa menikmati jasa free wifi.

Lain-lain

masih ada lagi nih beberapa jasa yang terkadang tersedia di konbini seperti jasa loundry, jasa print/photo copy, ada juga conbini yang tersedia tempat duduk di dalamnya sehingga kita bisa menikmati makanan yang kita beli sambil duduk-duduk di dalamnya, tetapi kursi yang tersedia hanya sedikit biasanya. Banyak konbini yang sedia toilet juga lho bagi yang kebingungan nyari toilet ketika jalan-jalan, bisa coba cek saja konbini terdekat.

credit: photo by japaneselocation.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *