DSC_0104

Liputan Keseruan Tournament Badminton FUMIKU CUP 2017

Setelah lama menunggu akhirnya Fumiku Cup 2017 bisa terselenggara pada tanggal 14 Agustus 2017 yang lalu di Kumamoto Prefectural Gymnasium. Fumiku Cup adalah ajang badminton tahunan yang diselenggarakan oleh Fumiku bekerjasama dengan PPIJ Kumamoto. Tournament ini pertama kali digelar pada tahun 2007. Pada tahun 2017 ini penyelenggaraan Fumiku Cup terpaksa mulur dari jadwal semula dikarenakan gymnasium yang ada di Kumamoto seluruhnya harus menjalani perbaikan karena gempa April 2016 yang lalu.

IMG_0082

Fumiku Cup 2017 diikuti oleh 18 Tim yang berasal dari berbagai Kota di Pulau Kyushu. Acara pembukaan dibuka tepat pukul 10.00 oleh MC Lukman yang kemudian dilanjutkan sambutan  dari Ketua Panitia Sdr Adam, sambutan dari President of Kumamoto Badminton Association Mr Sakamoto, dan juga dilanjutkan sambutan oleh Mr Okuzono dari Kumamoto International Sports Division, dan terakhir sambutan dari Perwakilan Kepolisian Kumamoto. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sesi foto bersama. Secara simbolis tournament dibuka dengan para stakeholder yang memainkan 1 point pertandingan bulutangkis.

Di tengah suhu udara yang panas di Kumamoto 18 Tim berebut Piala KBRI Tokyo. Ke-18 Tim yang bertanding dibagi kedalam 4 grup berbeda, sehingga grup ada yang terdiri dari 5 tim dan 4 tim. Juara Grup dan Runner Grup berhak lolos ke babak berikutnya. Peserta Yang lolos ke babak 8 Besar antara lain adalah: Tim Gado-Gado dan Pattimura dari Grup A, Soekarno Hatta dan WR Supratman dari Grup B, Imam Bonjol dan Simosone dari Grup C, KH Zaenal Mustafa dan Soekarno dari Grup D.

Semifinal pada akhirnya mempertemukan tim Gado-Gado melawan Tim Imam Bonjol dan Tim KH Zaenal Mustafa melawan tim Soekarno Hatta, ini menarik karena keempat tim ini mewakili kota yang berbeda-beda, Gado-Gado berasal dari Kitakyushu di Fukuoka-ken, Imam Bonjol berasal dari Kota Imari di Saga-ken, KH Zaenal Mustafa dari Kurume di Fukuoka-ken dan Soekarno Hatta merupakan tim tuan rumah Kumamoto.

DSC_0584

Pertandingan sengit di semifinal melahirkan 2 finalis yaitu Tim Imam Bonjol (Indro/Farhan) dan Tim KH Zaenal Mustafa (Rian/Miyamoto), sedangkan Tim Gado-Gado (Andri/Segara) dan Tim Soekarno Hatta (Marlo/Akira) akan memperebutkan juara ke-3. Lolosnya Tim Imam Bonjol ke final sendiri merupakan ulangan tahun lalu bagi salah satu anggota yaitu Indro Wibowo yang kali ini berganti pasangan duet.

Pertandingan Final berlangsung sangat alot, walaupun dalam kondisi lelah dan kedua tim menunjukkan penampilan yang sangat agresif dan sangat menghibur seluruh penonton di gymnasium. Final pada akhirnya dimenangkan oleh sang ‘juara bertahan’ Tim Imam Bonjol dengan Rubber Game 19-21, 21-18, 21-15, sedangkan untuk perebutan tempat ke-3 dimenangkan oleh Tim Soekarno-Hatta. Kemenangan Tim Imam Bonjol patut diapresiasi tinggi mengingat tim ini tergabung dalam grup berisi 5 tim sehingga harus bertanding 4 kali di babak grup. Selain itu Tim Imam Bonjol di babak 8 besar juga harus bertanding rubber game untuk bisa lolos ke semifinal. Sebuah Perjuangan yang sangat layak diapresiasi.

DSC_0691

Rangkaian acara Fumiku Cup akhirnya ditutup dengan upacara pemberian hadiah kepada para pemenang, Juara 1 Tim Imam Bonjol, Juara 2 Tim Zaenal Mustafa dan Juara 3 Tim Soekarno Hatta. Pukul 17.00 akhirnya seluruh rangkaian acara selesai dilaksanakan. Selamat kami ucapkan pada para juara, semoga ajang kompetisi Fumiku Cup ini semakin semarak lagi pada tahun-tahun kedepan sehingga bisa menjadi ajang silaturahmi yang baik bagi warga Indonesia di Jepang khususnya di Kyushu.

Foto-Foto Fumiku Cup: Buka Foto

 DSC_0685

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *