1502583035244

Liputan Sosialisasi dan Pelayanan Terpadu dari KBRI Tokyo di Kumamoto

Acara sosialisasi dan pelayanan terpadu dari KBRI Tokyo di Kumamoto alhamdulillah telah lancar terselanggara pada tanggal 12 Agustus 2017. Acara Sosiialisasi dan Pelayanan Terpadu dari KBRI Tokyo ini terselenggara berkat kerjasama dari KBRI Tokyo, PPIJ Kumamoto, FUMIKU dan juga disponsori oleh BNI Tokyo. Acara ini sendiri dihadiri oleh peserta dari berbagai penjuru Kyushu.

Acara Sosialisasi dan Pelayanan Terpadu ini dimulai pada pukul 10.50, mundur 20 menit dari jadwal semula karena pihak KBRI kesulitan mendapatkan tiket pesawat yang tepat pada liburan Obon kali ini sehingga terlambat sampai di tempat acara. Rombongan pertama yang hadir di tempat acara adalah Pak Arief Munandar, Atase Imigrasi KBRI Tokyo beserta Pak Toto dari juga bagian Imigrasi KBRI Tokyo dan juga pihak dari BNI Tokyo.

Acara yang diselenggarakan di Kumamoto City Gymnasium ini dibuka oleh Sdr Lukman Hakim selaku MC Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PPIJ Kumamoto Sdr Dhoni Putra Setiawan, Ketua FUMIKU Sdr Budi Nugroho dan Pak Arief Munandar selaku perwakilan dari KBRI. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dipimpin Sdr Nissa Wahyu dan juga sekilas review mengenai gempa April 2016 lalu yang terjadi di Kumamoto oleh Sdr Hendarmawan dan kemudian dilanjutkan penampilan musical dari KIFA (Kumamoto-Indonesia Friendship Association) yang membawakan lagu Ayo Mama, Indonesia Pusaka dan Ue o Muite Aruko (Sukiyaki). Menutup rangkaian acara di Hall diadakanlah sosialisasi dari Pak Arief Munandar mengenai bidang keimigrasian dan dilanjutkan tanya jawab dengan peserta acara.

1502583009066

Pada pukul 12.20 sendiri bersamaan dengan berlangsungnya acara sosialisasi, pelayanan keimigrasian juga dimulai di ruangan lain untuk mempercepat proses pengurusan passport. Pada pukul 12.30 acara di hall ditutup dan peserta dipersilakan untuk mengambil bento yang sudah disiapkan oleh panitia. Panitia juga menyediakan tempat untuk melaksanakan sholat di hall bagi yang ingin melaksanakannya.

Pukul 12.50 Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Bapak Ir. Arifin Tasrif tiba di tempat acara bersamaan dengan Bagian Pelayanan Konsuler Pak Toni Wibawa. Pak Toni langsung menuju tempat pelayanan konsuler untuk mempercepat pelayanan sedangkan Pak Dubes sudah dinanti berbagai agenda pertemuan di VIP Room yang telah diagendakan panitia.

1502583129231

Setidaknya ada 4 Agenda yang dilaksanakan oleh Pak Dubes di VIP Room. Agenda pertama adalah pertemuan dengan Bidang Olahraga Kumamoto Prefecture dan Juga Kumamoto Badminton Association. Disini disampaikanlah mengenai keinginan Kumamoto untuk menjadikan Kota ini sebagai homebase nantinya bagi Kontingen Badminton Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Agenda kedua adalah pertemuan dengan KIFA, disini KIFA menyampaikan keinginan mereka untuk menyelenggarakan student exchange dan mengenai kesulitan yang mereka hadapi untuk mendapatkan ijin VISA. KIFA dalam hal ini memohon petunjuk dari Duta Besar kita untuk memperlancar keinginan KIFA ini, Presiden KIFA Yoshiomi Mori hadir bersama beberapa pengurus KIFA dalam acara ini. Agenda ketiga adalah adanya penyerahan secara simbolis Piala Fumiku KBRI Cup dari Pak Dubes ke Ketua Fumiku, Sdr Kharisma Bani Adam.

1502583040578

Sekitar pukul 15.15 di sela-sela agenda ketiga dan keempat Pak Dubes menyempatkan diri untuk mampir di Hall dan menyapa warga Indonesia yang ada disana. Di Hall sendiri saat itu sedang dilangsungkan acara lomba untuk anak-anak tentunya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang hampir tiba tanggal 17 Agustus nanti. Moment ini tidak dilewatkan beberapa warga Indonesia disini untuk berbincang dengan beliau dan kemudian sesi foto bersama pun dilakukan bersama peserta sosialisasi dan pelayanan yang masih di tempat acara.

Pukul 15.30, pada agenda keempat, Pak Dubes bertemu dengan Hiromitsu Yagi-san yang merupakan Presiden dari Kumamoto International Foundation, disini dibahas keinginan KBRI untuk menyelenggarakan Festival di Kumamoto pada tahun 2018 nanti yang tentunya sekalian bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke warga Jepang di Kumamoto. Kumamoto menjadi salah satu dari 3 kota yang oleh KBRI terpilih menjadi tempat penyelenggaraan acara ini pada tahun 2018 nanti. Setelah agenda ini selesai pada pukul 16.00 Pak Dubes berpamitan meninggalkan tempat acara untuk langsung menuju Kumamoto Airport menuju Tokyo. Pada pukul 16.40 keseluruhan acara pelayanan Konsuler maupun keimigrasian selesai di laksanakan.

1502583073352

Melalui tulisan ini Panitia Acara Sosialisasi dan Pelayanan Terpadu dari KBRI Tokyo di Kumamoto ini berterimakasih banyak atas kehadiran Duta Besar kita Ir Arifin Tasrif beserta seluruh jajaran KBRI Tokyo yang telah hadir pada acara ini. Kami berterimakasih juga pada seluruh peserta yang telah hadir pada acara kami ini. Kami selaku panitia juga memohon maaf sebesar-besarnya akan segala kekurangan kami selama acara ini berlangsung. Semoga acara ini bisa memberi kemanfaatan yang besar kepada rekan-rekan semua. Teriakhir kembali kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkerjasama demi keberlangsungan acara ini. Terimakasih yang sebesar-besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *