1502756891224

Kumamoto Marching Band Festival 2017

Pada tanggal 11 Agustus 2017, di Kumamoto Athletic Stadium digelar event tahunan Kumamoto Marching Band Festival. Event ini adalah penyelenggaraan Kumamoto Marching Band Festival yang ke-44 kalinya. Kami warga Indonesia di Kumamoto merasa sangat beruntung karena kami diundang oleh KIFA untuk menyaksikan event tahunan yang satu ini.

Keterlibatan KIFA dalam acara ini tentunya tidak lepas dari keterlibatan Presiden KIFA Yoshiomi Mori-sensei sebagai salah satu board penyelenggara acara ini, sehingga kami mendapatkan tiket secara cuma-cuma. KIFA juga sekaligus penyediakan transportasi bus untuk sekitar 40 orang Indonesia ini yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa. Sedikit beruntung pada siang itu cuaca tidaklah sepanas seminggu sebelumnya walaupun tetap membuat kami merasa cukup kegerahan.

Acara Kumamoto Marching Band ke-44 ini dibuka pada pukul 16.30 dengan beberapa sambutan dan juga penampilan pembuka grup ‘gado-gado’ yang terdiri dari beberapa grup marching band berbeda, selain itu maskot Kumamoto Kumamon dan Maskot TKU pun ikut menari bersama dalam pembukaan mengikuti gerakan grup marching band pembuka ini. Total ada 21 Grup Marching Band dari seluruh penjuru Kumamoto yang menunjukkan kebolehannya di acara ini. Berbagai grup yang tampil ini mulai dari anak-anak usia SD sampai Mahasiswa, polisi pun turut tampil pada acara ini sembari mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas, sebuah cara yang kreatif sekali dari mereka ya.

1502756854345

Penampilan berbagai grup marching band ini cukup bervariasi, tidak hanya menonjolkan suara marching band, ada juga yang menonjolkan atraksi koreografi mereka, dengan ‘bersenjatakan’ tongkat ataupun bendera, gerakan para pemegang instrumen pun bervariasi dan membentuk formasi-formasi unik tertentu sehingga tidak hanya enak didengar tetapi juga acara ini enak untuk ditonton. Music yang dimainkan pun beraneka ragam tidak hanya music asal Jepang tetapi juga international, Sound Track Film Beauty and The Beast menjadi salah satu primadona karena menjadi salah satu lagu yang paling sering diperagakan.

Semakin malam semakin meriah pula acara marching band ini, mulai pukul 19.00 keatas grup-grup yang tampil bisa dibilang bukanlah grup-grup ‘biasa’ melainkan para juara kompetisi marching band yang sudah tampil di berbagai event di Jepang tidak hanya Kumamoto. Atraksi maupun sajian musical yang ditampilkan pun semakin menarik dan semakin mengundang decak kagum.

Setelah keseluruhan 21 tim tampil, acara ini ditutup dengan sajian yang tidak kalah menariknya.. Sajian musical dipadukan dengan pertunjukan para peserta menggunakan light stick, lampu stadion sengaja dimatikan agar keindahan dari atraksi ini lebih jelas terlihat. Presiden KIFA, Mori-sensei mendapat kehormatan untuk menjadi conductor di sajian acara yang terakhir ini. Pukul 20.30 seluruh sajian acara selesai diselenggarakan. Terimakasih banyak untuk KIFA yang telah mengundang kami di acara ini!! Cuplikan penampilan beberapa peserta bisa dilihat di Video dibawah ini ya!! Selamat Menikmati!!

Credit: Foto: Andan, Video: Fikri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *