DCT_SPECIAL20_1280x720

Inilah Typhoon Noru! Badai Angin Terbesar dan Terkuat di tahun 2017

Saat ini Jepang khususnya Pulau Kyushu dan sekitarnya ‘menunggu’ kedatangan Typhoon Noru, yang diperkirakan akan sampai di Pulau Kyushu pada hari Minggu 6 Agustus 2017. Typhoon ini secara lengkap dinamai TY 1705 Noru oleh JMA, menunjukkan bahwa typhoon ini adalah badai angin ke-5 sepanjang tahun 2017 yang terjadi di sekitar Jepang. Typhoon ini sendiri saat ini sudah mulai mengusik di kepulauan di selatan  Pulau Kyushu dan mengakibatkan gelombang tinggi di lautan.

Ada beberapa hal unik pada Typhoon ini yang berbeda dengan Typhoon yang pernah menerjang Jepang sebelum-sebelumnya:

Pertama Typhoon ini berumur sangat panjang, typhoon ini terbentuk pada tanggal 21 Juli 2017, berarti sampai artikel ini ditulis (4 Agustus 2017) Typhoon ini sudah berumur 2 minggu dan diperkirakan masih ‘berumur’ cukup panjang dan akan ‘menjelajahi’ Jepang dimulai dari Kyushu. Setelah Typhoon Noru sebenarnya ada 6 tropical storm lain yang terbentuk disekitaran lautan Jepang namun, saat ini tinggal 1 saja yang masih eksis yaitu TS 1711 Nalgae karena baru terbentuk beberapa hari yang lalu. Umumnya Typhoon ataupun tropical cyclone lainnya hanya ‘berumur’ sekitar 1 minggu, bahkan kurang.

Kedua kekuatan Typhoon berubah ubah, beberapa hari pertama setelah terbentuk kekuatan typhoon masihlah belum seberapa sampai kemudian terus membesar dan puncaknya pada tanggal 30 Juli 2017 kekuatan Typhoon digolongkan ke dalam golongan Super Typhoon atau setara dengan Typhoon Category 5 menurut standart yg dipakai USA dengan kecepatan angin max mencapai 160 mph (mile per hour) atau 140 Knots yang mengejutkan banyak pengamat cuaca karena peningkatan kecepatan angin mencapai 2x lipat dibandingkan 18 jam sebelumnya. Hal inilah yang membuat Typhoon Noru menyandang status sebagai Typhoon terkuat sepanjang 2017. Saat ini Typhoon Noru terus melemah kekuatannya tetapi masih punya kekuatan perusak yang cukup tinggi, kecepatan maximal angin saat ini ada di kisaran 80 mph  (70 knots) menurut wunderground.com. Diperkirakan kecepatan angin max masih diatas 50 knots pada tanggal 6 Agustus besok ketika angin ini menerjang Kyushu.

noru.a2017214.0405.1km

Ketiga Typhoon kali ini berukuran sangat besar dan memilik pergerakan yang sangat lambat karena ukurannya ini. Ukuran Typhoon Noru terbilang raksasa, beberapa foto satelit dari NASA yg beredar Internet menunjukkan betapa WAH-nya ukuran typhoon Noru ini. Ukuran Typhoon Noru bahkan terbilang lebih besar dari Pulau Kyushu sendiri sehingga radius warning yang diperkirakan oleh JMA pun jaraknya mencapai radius 200km pada 6 Agustus 2017 nanti. Tidak salah klo Typhoon ini dibilang yang terbesar di tahun 2017 ini. Selain pergerakan lambat, pergerakan typhoon yang satu ini pun terbilang unik karena terus berubah-ubah arahnya dalam 2 minggu perjalanannya.

Itulah sekilas mengenai Typhoon yang satu ini yang disebut sebagai The world strongest storm di tahun 2017 ini. Tentu selaku penduduk Jepang khususnya Kyushu kami tidak ingin terjadi apa-apa disini. Tetap waspada teman-teman dan taati himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat demi keselamatan kita semua. Selalu up to date berita di situs-situs cuaca akan membantu kita untuk bersiap diri.  Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan.

Credit Foto: nasa.gov, weather.com

iss052e023801_0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *