330969

Happy Marine Day!!

Hari ni tanggal 17 Juli 2017 penduduk Jepang sedang menikmati hari libur nasional yang bernama Marine Day atau disebut juga dengan Ocean Day atau Sea Day alias Hari Laut. Dalam Bahasa Jepang sendiri hari ini disebut dengan 海の日 alias Umi no HiHari ini diperingati sebagai rasa terimakasih bangsa Jepang kepada laut yang menjadi bagian penting dari Jepang sebagai sebuah negara kepulauan.

Pada Sejarahnya Marine Day awalnya bernama Marine Memorial Day (海の記念日 umi no kinen bidan) diperingati sejak tahun 1941, saat itu hari ini belumlah dijadikan hari libur nasional. Hari ini diusulkan sebagai peringatan perjalanan Emperor Meiji atau Mutsuhito dari Aomori ke Hakodate dan dari Hakodate ke Yokohama menggunakan Meiji Maru, sebuah kapal yang dibuat di Skotlandia untuk digunakan pemerintah Jepang. Kapal ini adalah kapal besi pertama yang pernah dimiliki oleh Jepang. Saat ini Meiji Maru diabadikan menjadi sebuah museum kapal yang dipajang di area kampus Tokyo University of Marine Science and Technology.

Sejak 1996 Marine Memorial Day diubah namanya menjadi Marine Day dan diperingati setiap tanggal 20 Juli. Akan tetapi mulai tahun 2003 tanggal peringatannya berubah kembali menjadi setiap hari senin ke-3 di Bulan Juli. Hal ini sebenarnya tidak lain adalah untuk memperpanjang hari weekend, agar orang-orang bisa menikmati liburan lebih panjang, atau dalam istilah yang dipopulerkan di Jepang, ini adalah bagian dari Happy Monday system. Total ada 4 hari libur nasional Jepang yang tanggalnya dibuat flexible pada hari senin setiap bulan tertentu dalam rangka memperpanjang weekend ini. Hal ini tidak lain selain untuk memberi waktu istirahat lebih, tetapi juga untuk memacu pariwisata Jepang itu sendiri agar orang-orang meluangkan waktunya untuk berwisata di long weekend.

Tidak ada tata cara peringatan tradisional khusus yang biasa dilakukan oleh orang Jepang pada Marine Day ini. Akan tetapi di marine day seperti ini tempat-tempat wisata yang berkaitan dengan air seperti Aquarium raksasa atau waterboom terkadang mengadakan acara-acara tertentu, bisa pertunjukan khusus yang berkaitan dengan air, atau bisa juga kompetisi yang berhubungan dengan air. Orang-orang Jepang pun biasa memanfaatkan hari ini untuk berwisata ke tempat-tempat yang bertemakan air, termasuk bermain ke pantai tentunya mengingat ini pas dengan sudah tibanya musim panas.

Photo: shipspotting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *