001

Explore Kyushu!! Nagasaki Atomic Bomb Museum

Nagasaki Atomic Bomb Museum seperti namanya adalah sebuah museum yang berada di kota Nagasaki. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1955 dan mulai dibuka pada bulan April tahun 1966. Akan tetapi bangunan yang berdiri sekarang adalah bangunan yang baru dibuka oleh Pemerintah Jepang mulai tahun 1996 untuk menggantikan bangunan yang lama.

Museum ini didirikan secara khusus untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada 9 Agustus 1945, dimana pada tanggal itu terjadi peristiwa pemboman yang dilakukan USA sebagai salah satu upaya mengalahkan Jepang untuk mengakhiri perang dunia II. Sebuah bom Atom bernama Fatman dijatuhkan oleh pesawat tempur USA di Kota Nagasaki.

Berbagai hal yang menarik terdapat di dalam museum yang tujuan didirikannya bukan sekedar mengenang peristiwa di masa lalu, tetapi juga menyampaikan bahwa peristiwa horror seperti yang terjadi di Nagasaki ini janganlah pernah sampai terjadi kembali di kemudian hari.

P_20170322_113817

di Museum ini tersaji lengkap mulai cerita sejarah bagaimana asal mula USA merencanakan pemboman di Nagasaki, bagaimana drama politik yang terjadi saat itu, kemudian selain Nagasaki dan Hiroshima kota-kota apa saja yang awalnya menjadi kandidat dijatuhkannya Bom Atom, dan lain sebagainya. Dari sini juga penulis baru tau kalau Kota Kumamoto ternyata awalnya merupakan salah satu kota yang menjadi kandidat sasaran pemboman.

Di museum tersaji juga berbagai bekas-bekas ‘peninggalan’ hasil pemboman, mulai dari foto-foto horror yang memperlihatkan akibat pemboman, foto tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam tragedi ini, kemudian juga berbagai benda yang tersisa juga diperlihatkan di dalam museum. Ada juga ilustrasi-ilustrasi yang menggambarkan luar area yang terkena dampak bom, kemudian berapa panas yang dihasilkan oleh bom atom tersebut juga.

P_20170322_113249

Perjalanan jauh kami dari Kumamoto yang mencapai 3jam untuk melihat isi museum ini ternyata sangat worth, kami sangat terpuaskan dengan berbagai informasi yang tersaji di Museum. Museum ini berada di kota Nagasaki, tidak jauh dari titik dijatuhkannya Bom alias Ground Zero, jadi kalau teman-teman berkunjung ke Museum bisa sekalian mengunjungi ground zero dan juga Nagasaki Peace Park.

Untuk menikmati isi museum kita hanya dipungut biaya sebesar 200 Yen saja, cukup murah, dan yang pasti bagi yang tidak bisa membaca tulisan Jepang tidak perlu khawatir karena berbagai informasi juga terdapat dalam bahasa Inggris. Museum ini pernah mendapat kritik karena isinya dianggap hanya dilihat dari 1 pihak saja dan kurang membawa pesan kedamaian, tetapi menurut penulis sendiri, isi museum sangatlah menarik dan patut disimak.

Mau ke Nagasaki? Mungkin artikel kami yang lain mengenai ryugakusei pass ini bisa bermanfaat JR Kyushu Foreign Student Pass. Bagi teman-teman yang punya agenda trip ke Nagasaki jangan lupa mampir ke museum ini ya, dijamin nggak nyesel!!!

Credit: Photo by http://www.city.nagasaki.lg.jp, Dhoni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *