DSCN8185

Musim Panas di Jepang itu……. Spesial Lho!!!

Musim panas di Jepang itu… gimana ya.. apa ya spesialnya musim panas (natsu) dengan musim yaitu gugur (Aki), semi (Haru), dingin (Fuyu)… itulah yang akan kita bahas disini soal bagaimana spesialnya musim panas di Jepang. Kenapa spesial?

Musim panas di Jepang itu… Panas…

Musim panas memang panas, tetapi mungkin banyak temen-temen terutama yang di Indonesia ngira karena Jepang negara 4 musim maka panasnya nggak bakal panas-panas banget.. Ini teori yang salah, musim panas di Jepang tetaplah panas.. suhu udara diatas 35 derajat saat musim panas di Jepang..  Selain suhu udara yang panas, UV index yang tinggi, angin yang berhembus di musim panas di Jepang ni juga terasa panas dan kering.. ini menjadikan musim panas di Jepang terasa sangat panas.. Disarankan di musim panas ini apabila keluar rumah menggunakan tabir surya dan juga topi ni, dan kacamata hitam kalau diperlukan.. Selain panas, musim panas itu lama.. siang hari di musim panas relatif lebih lama daripada malam hari, pada bulan Juni terutama jarak antara sunset dengan sunrise mencapai 14 jam.. ini juga ni yang membuat orang-orang di Jepang semakin meresapi suhu panas disini..

Musim panas di Jepang itu… Musim Hujan…

Ini juga merupakan hal unik yang mungkin susah dimengerti orang Indonesia mengenai Jepang.. Di Indonesia kita jelas memiliki 2 musim yaitu musim kemarau yang panas dan juga musim hujan.. Sedangkan di Jepang, curah hujan tertinggi di Jepang terjadi justru pada musim panas.. terutamanya ni di kisaran bulan Juni akhir-Juli, seperti sekarang ini ni yang hujan deras terus menerus tanpa henti… secara tidak resmi periode peralihan dari musim semi ke musim panas ini memang seringkali disebut Tsuyu alias musim hujan.. jadi yang mau ke Jepang/udah berada di Jepang pada Juni akhir-Juli/Agustus awal ini selalu sedia payung ya..IMG-20170704-WA0000

Musim panas di Jepang itu… Musimnya Typhoon…

Musim typhoon.. wah setelah mengenal 4 musim plus musim hujan.. ternyata ada 1 musim lagi yang nggak ketinggalan yaitu musim typhoon.. Jepang yang areanya langsung menghadap ke Samudra Pasific ini mau tidak mau pasti menghadapi yang namanya musim typhoon ini.. Typhoon biasa mulai bermunculan ketika udara mulai panas, sekitar bulan Juni sampai kisaran bulan September/Oktober.. Pada musim ini juga pesawat biasanya sering dicancel karena adanya typhoon.. Terutama bagi kami-kami yang tinggal di Selatan Jepang termasuk Kumamoto, Typhoon akan menjadi langganan yang bisa muncul beberapa kali setiap bulannya.. klo sudah begini maka kami harus rajin-rajin memantau situsnya JMA (Japan Meteorology Agency).. Selain itu apabila level typhoon yang dihadapi cukup besar biasanya akan ada peringatan dan himbauan dari pemerintah lokal, harus ditaati ya..

Typhoon biasanya kehadirannya dibarengi dengan hujan lebat seperti yang beberapa hari menerjang kyushu ini setelah pada tanggal 4 Juli 2017 lalu diterjang typhoon level Tropical Storm.. Dikarenakan datangnya typhoon bersamaan dengan datangnya musim hujan, curah hujan yg terjadi pun sangat tinggi.. Hujan yang menerjang Kyushu pada 5-6 Juli 2017 ini bahkan disebut sebut hanya terjadi sekali setiap beberapa dekade.. sampai tulisan ini dibuat kerusakan akibat hujan dan juga longsor terjadi di beberapa kota di Kyushu, 2 orang meninggal, dan beberapa masih dinyatakan hilang.. Semoga hujan cepat mereda dan tidak bertambah korban jiwa ya..

DSCN8472

Musim panas di Jepang itu… Musim liburan…

Liburan musim panas.. ini adalah liburan terpanjang bagi anak-anak sekolah di Jepang.. Liburan musim panas ini lamanya sampai 6 minggu, dimulai 20an Juli sampai akhir Agustus.. Walaupun begitu kabarnya sih anak-anak sekolah di Jepang tetap dapat banyak PR ni ternyata untuk dikerjakan sepanjang musim panas.. untuk mahasiswa sendiri karena memang Juli biasanya sudah memasuki akhir perkuliahan tentunya setelah itu kami menikmati liburan ini sampai nantinya masuk kuliah lagi sekitar bulan Oktober. Konon katanya musim panas dibuat libur karena tidak kondusif untuk belajar mengajar karena saking panasnya udara, bener nggak ya… Saat musim panas tempat-tempat yang menyediakan wahana bermain air biasanya yang paling diburu ni… Bagi yang mau liburan saat musim panas perhatikan hal-hal yang dah disampaikan diatas tadi ya.. selalu jaga kesehatan, jangan lupa banyak minum air…

Musim panas di Jepang itu… Musimnya Festival…

Di musim panas inilah banyak diadakan berbagai macam festival di Jepang.. Festival yang diadakan beraneka ragam.. setiap kota/prefecture biasanya ada festivalnya sendiri-sendiri.. beberapa festival besar biasanya diadakan mendekati liburan Obon sekitar pertengahan Agustus.. Selah satu festival yang biasanya hampir pasti ada di musim panas adalah festival kembang api… wah tentu banyak orang menunggu-nunggu sekali festival yang satu ini..

IMG_20160918_171140

Musim panas di Jepang itu… Musimnya buah-buahan…

Salah satu hal yang menguntungkan pada musim panas adalah banyak buah-buahan yang biasanya sulit ditemui jadi mudah ditemui, terutama menjelang akhir musim panas.. buah-buahan tertentu banyak yang hanya bisa ditanam apabila kandungan air dalam tanahnya tinggi dimana ini bisa ditemui di musim panas yang curah hujannya tinggi.. selain buah sayur pun demikian juga.. tidak hanya buah dan sayur tetapi makanan-minuman dingin yang biasanya nggak ada jadi bisa dinikmati di musim panas.. Eh ini mah lain soal ya.. ya gak apa-apalalah, yang jelas kapan lagi bisa makan Kakigori (es serut) selain musim panas…

Musim panas di Jepang itu… Musimnya serangga…

Kalau anda tinggal di Jepang dan mulai menemui banyak serangga berarti anda sudah mulai memasuki musim panas!! Itu jaminan lho!! Di musim panas inilah serangga bermunculan, tidak hanya sejenis belalang yang biasa diburu oleh anak-anak ketika liburan musim panas, tetapi termasuk diantara serangga yang saya maksud adalah nyamuk, kecoa dan laba-laba!! Di Jepang asalkan sekitar kita bersih sangat jarang kita menemui nyamuk walaupun apabila tidur dengan jendela terbuka sekalipun.. kecuali di musim panas.. musim panas serang-serangga berkembang biak pesat termasuk nyamuk dan kecoa yang tentunya mengganggu kita.. siap sedia pembasmi nyamuk dan kecoa ya menjelang musim panas…

Itulah sekilas tentang spesialnya musim panas di Jepang… Bagi yang pengen di liburan musim panas di Jepang.. selamat berlibur, selalu berhati-hati dan jaga kesehatan.. serta jangan lupa makan Kakigori.. Selamat musim panas!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *