INFO STUDY (1)

Mau Kuliah Full Degree di Jepang? Exchange Dulu Aja!!!

Banyak jalan yang biasa ditempuh oleh orang-orang untuk bisa kuliah di luar negeri, termasuk di Jepang tentunya, ada yang bisa karena institusi asalnya punya kerjasama dengan kampus di luar negeri, ada yang punya kekuatan finansial yang baik untuk bisa kuliah di luar negeri, ada yang sibuk melakukan tes ini itu demi ke luar negeri, dll.. Diantara berbagai cara ini ada satu cara yang terbukti efektif membuka peluang untuk bisa kuliah Full Degree di luar negeri, yaitu dengan cara mengikuti exchange program terlebih dahulu.

Banyak orang yang pengen keluar negeri tetapi ogah-ogahan dengan program yang ‘hanya’ sekedar exchange saja, mereka maunya kalau nggak S2 atau S3 langsung secara full degree. Akan tetapi jangan meremehkan kekuatan dari student exchange ini, karena ini terbukti menjadi pembuka jalan yang sangat potensial untuk bisa ke luar negeri. Pada artikel ini kami tidak menawarkan program exchange tertentu, tetapi menshare pengalaman berharga yang bisa jadi tips pada teman-teman yang nantinya pengen keluar negeri khususnya Jepang.

Di Kumamoto University saat ini pun ada beberapa orang mahasiswa full degree yang ternyata bukan tinggal di Kumamoto untuk pertama kalinya, karena sebelumnya mereka pernah kuliah di Kumamoto University terlebih dahulu dulu dengan program exchange 1 tahun maupun 6 bulan. Tercatat setidaknya ada 5 mahasiswa doctoral saat ini yang sebelumnya pernah exchange disini sewaktu mereka masih menjadi mahasiswa master sebelumnya. Kami pun mendapat kabar bahwa pada bulan Oktober nanti seorang alumni exchange student saat masih S1 dulu juga akan melanjutkan pendidikan masternya di Kumamoto University dengan beasiswa dari MEXT. Ada juga yang dulunya hanya datang dengan mengikuti summer program yang hanya 2 minggu kemudian diterima mengikuti exchange 6 bulan, ada juga yang dulunya magang 3 bulan di sebuah perusahaan kemudian dapat beasiswa MEXT untuk exchange selama 1th. Dan masih banyak lagi cerita para alumni Kumamoto University yang dulunya juga merupakan alumnus program exchange.

Keuntungan dari pernah menjalani exchange terlebih dahulu adalah bahwa alumni program exchange ini otomatis akan dipandang lebih karena pengalaman yang pernah dijalaninya dibandingkan mahasiswa lain yang belum pernah ke luar negeri. Selain itu apabila kita mendaftar di kampus yang sama maka kita akan mengenal lebih dulu para professor yang sekiranya potensial menjadi pembimbing kita.

Untuk teman-teman yang berminat ke luar negeri usahakan punya planning yang jelas, jangan semuanya serba dadakan, karena gak semua orang bisa tiba-tiba siap ke luar negeri. Teman-teman bisa mulai nyicil cari tau persyaratan yang dibutuhkan, walaupun mungkin teman-teman pengen ke luar negerinya masih lama sekalipun. Terutama mungkin seperti kemampuan berbahasa Inggris atau berbahasa jepang, yang tentu gak bisa dadakan buat dapatin sertifikatnya, dan mungkin juga butuh tes berkali-kali buat dapatin nilai yang memenuhi persyaratan. Untuk yang keluar negeri dengan program S2/S3 planning research yang bagus akan jadi kunci diterima atau tidaknya di luar negeri.

Jadi jangan pernah ragu ya mencoba untuk daftar program exchange apabila terbuka kesempatannya!! Walaupun hanya beberapa bulan saja, tetapi ini bisa membuka pintu yang lebih besar lagi bagi teman-teman untuk melangkah ke jenjang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa full untuk kuliah degree di luar negeri. Mau kuliah full degree di Jepang? Exchange dulu aja!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *