イード アルーフィトルおめでとうございます

Bahasa Jepangnya Ramadhan ma Idul Fitri apaan ya?

Ramadhan 1438H memang sudah hampir berakhir, tapi nggak ada salahnya nih website PPIJK ngeshare informasi mengenai ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan Ramadhan dan Idul Fitri..

Bagi kita yang tinggal di jepang kadang-kadang kita dihadapkan persoalan serius tapi santai ni ketika menjelaskan Ramadhan ke teman-teman Jepang kita. Bingung jelasin ramadhan itu ngapain aja kegiatannya selain nggak boleh makan dan minum. Yuk kita simak beberapa istilah yang berkaitan dengan Ramadhan dan Idul Fitri:

Islam–>イスラム(Isuramu)
Ramadhan –> ラマダン (Ramadan)
Puasa –> 断食 /  だんじき (Danjiki)
Bulan Ramadhan –> ラマダン月 /  ラマダンづき (ramadan dzuki)
atau bisa juga Bulan Puasa–>だんじき月 /  だんじきつき(danjiki tsuki)
Bulan Suci–>聖月/ みづき (midzuki) atau bisa juga 神聖な月/ しんせいなつき(shinseina tsuki)
Sahur atau makan di dini hari (tengah malam) –> 夜食 / やしょく (yashoku)
Buka Puasa –> 断食明け / だんじきあけ (danjiki-ake)
Menahan dari makan dan minum –> 飲食を絶つ/ いんしょく を たつ (inshoku o tatsu)
Fajr–> 夜明け/ よあけ (yoake)
Sunrise –> 日の出/ ひので (hinode)
Sunset–>日没/ にちぼつ(nichibotsu)
Sholat/Ibadah–>祈り/ いのり (Inori)
Untuk menyebut nama ibadah tidak menggunakan nama Inori tetapi:礼拝/れいはい (reihai) jadi, misalnya sholat tawarih menjadi: タラウィ礼拝 (tarawii reihai)
Zakat atau charity–> 喜捨/ きしゃ (kisha)
wajib–> 義務/ ぎむ (gimu)
Kalender–>暦/ れき (reki)
Penanggalan Bulan–>太陰暦/ たいいんれき (taiinreki)
Kalender Islam–>イスラム暦/ イスラムれき(isuramu reki)
Lebaran–>ラマダン明け/ ラマダンあけ(ramadan ake)
Idul Fitri/Eid Al Fitr–>イード アルーフィトル (iido aru fitoru)

Beberapa istilah merupakan istilah yang didekatkan dengan istilah yang sebenarnya sudah ada dalam bahasa jepang seperti kata danjiki yang sebenarnya biasa digunakan untuk menyebut kata diet, kemudian kisha yang sebenarnya merujuk kata charity secara umum. Penggunaan ramadan ake pun diantara orang-orang muslim sendiri pun kurang biasa sehingga kita tetap menyebutnya iido arufitoru alias idul fitri. Istilah istilah ini sangat berguna terutama apabila teman-teman ingin menerangkan ke orang-orang jepang yg notabene kebanyakan non-muslim tentang berbagai istilah berkaitan dengan ramadhan dan idul fitri.

Sebentar lagi dah Lebaran ni,  penulis sekalian nyicil untuk mengucapkan lebaran nih ke teman-teman semua. Selamat Hari Raya Idul Fitri Ya, mohon maaf lahir batin teman-teman semuanya. イード アルーフィトルおめでとうございます (iido aru fitoru omedetou gozaimasu). 心身ともにお許し ください/しんしん ともに およるし ください(shinshin tomoni oyorushi kudasai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *