1488941728445

Menikmati Hangatnya Ramadhan di Jepang (baca: Kumamoto)

Ramadhan telah tiba, Marhaban Ya Ramadhan!! Umat Islam di seluruh dunia menyambut hangat kedatangan bulan suci umat Islam ini, tidak terkecuali umat muslim yang tinggal di Jepang, khususnya Kumamoto. Umat Islam dari berbagai negara yang tinggal di Kumamoto, baik dari Indonesia, Pakistan, Bangladesh, Afganistan, Malaysia, Jepang, dll semua menyambut hangat kedatangan Bulan Ramadhan.

Di Jepang penentuan datangnya bulan Ramadhan ditetapkan oleh Ruyat-e-Hilal Committee-Japan yang pada tahun ini menetapkan 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada sabtu 27 Mei 2017. KMII alias Keluarga Besar Masyarakat Islam Indonesia sendiri sebelumnya sudah terlebih dahulu menetapkan hal yang sama dengan berbagai pertimbangan dalam penentuan awal puasa. Jadi awal Ramadhan antara Jepang dan Indonesia alhamdulillah sama ni.

Kegiatan sholat Tarawih di Kumamoto Islamic Center alias Kumamoto Masjid sudah mulai dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2017 malam hari sebagai ‘pembuka’ Bulan Ramadhan. Sebagai Imam sholat Tarawih, jauh-jauh didatangkan seorang Hafiz Qur’an dari Pakistan yang akan menjadi Imam tetap sholat Tarawih. Targetnya adalah Imam membaca di Tarawih Imam membaca Qur’an sampai Khatam lho dalam 1 bulan.

Kedatangan ramadhan disambut sangat hangat disini, orang-orang berbondong-bondong ke masjid untuk sholat berjama’ah sehingga masjid menjadi lebih ramai daripada hari-hari lain diluar bulan Ramadhan. Alhamdulillah.. Di Jepang lama puasa sangat beragam, pada dasarnya semakin ke utara maka puasa yang dijalani pun semakin lama karena belahan bumi utara saat ini sedang peralihan musim semi ke musim panas. Di Kumamoto sendiri lama puasa berkisar kurang lebih 16 jam setiap harinya. Walaupun lebih lama dari Indonesia yang berkisar 13 jam akan tetapi menurut penulis rasanya hampir sama saja, tidak jauh berbeda.

Di Kumamoto Islamic Center (KIC) ini pada setiap hari juga diadakan acara buka puasa bersama, setiap Komunitas secara terjadwal bergantian memasak untuk disajikan saat berbuka puasa, tidak terkecuali komunitas Indonesia juga. Menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Komunitas Indonesia untuk menyajikan makanan karena kita harus bisa menyajikan menu yang disukai oleh komunitas lain, dan ini bukanlah hal yang mudah.

Acara buka puasa bersama ini, menjadi acara berkumpul umat Islam di Kumamoto baik pelajar/mahasiswa, maupun para pekerja disini. Moment berbuka puasa menjadi moment yang sangat semarak karena menjadi ajang berkumpul yang baik bagi kami, selain itu ini juga menjadi ajang mengenal komunitas lain juga lho. Selain umat Islam, teman-teman yang non-muslim bahkan teman-teman kami orang Jepang pun diperkenankan untuk ikut bergabung di acara buka puasa ini, tentu ini dimaksudkan untuk mengenalkan Islam lebih jauh, sekaligus memberikan ‘kabar’ bahwa umat Islam di Kumamoto adalah orang-orang yang damai dan bersahabat.

Selain jadwal memasak, jadwal kebersihan Ramadhan setiap komunitas juga disusun oleh Dewan Shuro KIC, untuk menjaga KIC selalu bersih dan nyaman. Piket kebersihan ini cukup melelahkan karena harus mencuci begitu banyak peralatan masak dan makan, tetapi mungkin kalau tidak merasakan piket khas KIC ini akan terasa rugi karena pastinya akan jadi kenangan sendiri kedepannya nanti.

Semoga Ramadhan di Kumamoto tahun ini berlangsung dengan lancar dan semakin semarak, semoga juga orang-orang Islam di Kumamoto bisa terus meningkatkan ketaqwaannya di bulan yang mulia ini. Marhaban Ya Ramadhan!!

 20170528131817

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *