17504498_10203035379642044_3191782800302661058_o

Profil Lulusan Spring 2017: Dr. Eng. Agus Santoso

Melengkapi Profil Lulusan Spring 2017 yang telah dipublish sebelumnya yaitu Pak Adit dan Pak Nasrul. Kali ini kami menyampaikan lulusan yang ke-3 alias terakhir di periode Spring 2017 yaitu Pak Agus yang alhamdulillah berhasil menyelesaikan pendidikan Doctoralnya hanya dalam 5 semester saja alias 2,5 tahun.

Nama lengkap beliau adalah Agus Santoso, beliau berasal dari Cilacap, Jawa Tengah dan merupakan Dosen Teknik Mesin di Politeknik Negeri Cilacap. Di Kumamoto University Pak Agus bergabung di Department Advanced Mechanics System dengan disupervisori oleh Professor Michio Sadatomi. Beliau memulai pendidikan Doctoralnya di Kumamoto University pada Oktober 2014 dan menyelesaikannya pada Maret 2017. Pak Agus tinggal di Kumamoto bersama Istri beliau Bu Susi dan Ketiga anak beliau Farros, Fauziah dan Fatih.

Untuk menyelesaikan pendidikan Doctoralnya Pak Agus menulis sebuah thesis yang berjudul:

Experimental study of two-phase flow across Y-junction, sudden expansion and sudden contrction in rectangular minichannel.

Aliran dua phase gas-liquid di minichannel adalah suatu phenomena yang terjadi di compact heat exchanger/penukar kalor dengan perubahan phase seperti misalnya : air condtioners (AC), alat pendingin di peralatan elektronik, Peralatan-peralatan tersebut terdiri dari channels/saluran-saluran aliran dengan penampang bundar dan persegi panjang dan juga berbagai variasi singularities seperti, percabangan, impacting, pembesaran tiba-tiba, pengecilan tiba-tiba dan lengkungan. Dalam eksperimen ini untuk meneliti phenomena aliran dua-phase gas-liquid di minichannel persegi panjang horisontal dengan percabangan Y, pembesaran dan pengecilan mendadak.

Berikut ini adalah list Journal dan Conference yang beliau tulis dan ikuti selama menjadi mahasiswa Kumamoto University:

Journal papers :

  • Agus SantosoDaiki Goto, Tomoaki Takehira, Ahmad Aslam, Akimaro Kawahara, Michio Sadatomi. Non-Newtonian Two-Phase Flow Characteristics Across Sudden Expansion in Horizontal Rectangular Minichannel. World Journal of Mechanics, Vol 6(8), 2016, pp. 257-272.
  • Agus Santoso ,Rintaro Nagai, Akifumi Mori, Akimaro Kawahara and Michio Sadatomi. Experimental study on two-phase flow in horizontal rectangular minichannel with Y-junction. International Journal of Engineering Research and Aplications, 6(2), 2016, pp. 39-48.
  • Daiki Goto, Agus Santoso, Tomoaki Takehira, Ahmad Aslam, Akimaro Kawahara and Michio   Sadatomi. Pressure drop for gas and non-newtonian liquid two-phase flows across sudden expansion in  horizontal rectangular mini-channel. Journal of Mechanical Engineering and Automation, Vol. 6(3), 2016, pp. 51-57.
  • Agus Santoso,Daiki Goto, Tomoaki Takehira, Akimaro Kawahara, Michio Sadatomi. Two-phase characteristics across sudden contraction in horizontal rectangular minichannel. Journal of Mechanical Engineering and Automation, Vol. 6(3), 2016, pp. 58-64.
  • Rintaro Nagai, Yuki Tabata, Akimaro Kawahara and Michio Sadatomi, Agus Santoso. Experimental study on two-phase pressure drop through horizontal mini-channel with Y-branch. Journal of Mechanical Engineering and Automation, Vol. 6(3), 2016, pp. 78 – 84.
  • AgusSantoso, Daiki Goto, Tomoaki Takehira, Akimaro Kawahara and Michio Sadatomi. Single-phase and two-phase pressure drops across sudden contraction in horizontal rectangular minichannel. International Journal of Advancements in Mechanical and Aeronautical Engineering, 2(2), 2015, pp. 195-199.

Conferences :

  • AgusSantoso, Daiki Goto, Tomoaki Takehira, Akimaro Kawahara and Michio Sadatomi.  Experimantal study on two-phase pressure drop through sudden expansion and sudden contraction in horizontal rectangular minichannel. Proc. of The 27th International Symposium on Transport Phenomena, Hawaii-USA, September 2016.
  • AgusSantoso, Daiki Goto, Tomoaki Takehira, Akimaro Kawahara and Michio Sadatomi. Two-phase characteristics across sudden contraction in horizontal rectangular minichannel. Proc. of the Global Symposium on Engineering and Applied Science, Bangkok-Thailand, March, 2016.
  • Agus Santoso, Goto, T. Takehira, A. Kawahara and M. Sadatomi. Single-phase and two-phase pressure drops across sudden contraction in horizontal rectangular minichannel. Proc. of  the 3rdInternational Conference on Advances in Mechanical, Aeronautical and Production Techniques-MAPT’15, Kuala Lumpur-Malaysia, April, 2015.

Pengalaman menarik/suka duka selama di Kumamoto ;

  1. Di Fluid Engineering lab. selama hampir 3 tahun terakhir saya adalah mahasiswa program doctor satu-satunya dan ditempatkan satu ruang dengan mahasiswa M2 (Master tingkat akhir) yang semuanya orang jepang. Dengan situasi dan kondisi seperti itu bisa dikatakan saya jarang bersenda gurai dengan teman lab. bahkan bisa seharian tidak berbicara dan ini saya manfaatkan dengan memaksimalkan pekerjaan di depan laptop.
  2. Sudah menjadi tradisi setiap tahun sekali Fluid Engineering Lab. Kumadai melakukan presentasi progress penelitian yang dilakukan di luar kampus dan biasanya menginap 1 malam. Tempat  yang di pilih biasanya penginapan yang memiliki pemandian air panas atau onsen (onsen yado). Pada pengalaman pertama mengikuti tradisi lab. ini ada kejadian unik dimana setelah para members lab. selesai melakukan presentasi, sore harinya acara dilanjutkan dengan acara mandi bersama di onsen. Sebelumnya saya belum pernah ke onsen, jadi ada keinginan untuk mencoba rasa penasaran saya, mandi ala jepang di onsen. Apa mau dikata setelah memasuki pintu masuk onsen, di bagian loker, melihat para sensei dan teman – teman lainnya sudah tidak mengenakan pakaian sehelaipun, saya mengurungkan niat untuk mencoba acara mandi bersama tersebut dan balik badan untuk keluar. Ada rasa ngilu atau sedikit shock (hehe..) melihat kenyataan tersebut, walau pada saat itu sensei dengan kondisi sudah bugil tersenyum ramah ketika saya masuk ke tempat tersebut. Akhirnya saya minta waktu tersendiri untuk bisa mandi setelah tempat itu kosong sekitar jam 9 malam.
  3. Keterlambatan pencairan beasiswa pernah saya alami selama kurang lebih 2 bulan lamanya, ini terjadi sewaktu menginjak semester 3 dan keluarga baru sampai di kumamoto. Uang di tabungan hampir tidak tersisa hanya cukup untuk makan bahkan masih perlu meminjam uang ke teman. Dapat dibayangkan kondisi saat itu dimana anak istri yang baru sampai di kumamoto sudah dihadapkan pada kondisi yang tidak nyaman dan sulit. Menunggak biaya sewa rumah selama 2 bulan, ditagih hampir tiap minggu oleh pihak sekolah untuk uang pangkal sekolah TK/yochien, bahkan sampai kartu kredit pun diblokir. Sedikit banyak kondisi tersebut mengurangi konsentrasi belajar saya, namun Alhamdulillah tidak sampai mengurangi target belajar secara keseluruhan di Kumadai serta anak – anakpun tetap bersekolah dengan lancar.
  4. Peristiwa yang tidak terlupakan bagi kami dan mungkin juga buat rekan-rekan seperjuangan adalah ketika 2 gempa besar mengguncang Kumamoto yang disertai dengan gempa-gempa susulannya yang sampai hari ini saya membuat tulisan ini , masih terjadi. Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allaah SWT, kami selamat dan tidak kurang suatu apapun. Walaupun rumah yang kami tempati adalah rumah tua (berusia lebih dari 40 tahun) tapi tidak mengalami kerusakan berarti dan masih layak huni. Hampir 2 minggu lamanya kami sekeluarga mengungsi di Gym Kumadai. Setelah itu kami kembali ke rumah kontrakan dengan perasaan yang masih was-was dan trauma, sehingga kurang lebih 3 minggu kami masih tidur di ruang tamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
  5. Mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan keluar negeri dengan gratis, dengan mengikuti konferensi/seminar ilmiah di Kuala Lumpur, Bangkok dan Hawaii.

Ada beberapa hal yang saya lakukan, serta situasi dan kondisi selama studi di Kumadai yang memungkinkan bisa membuat studi saya tepat waktu ;

  • Kenali, selami, pahami serta ikuti kebiasaan adat dan budaya di lab. dan jalin komunikasi yang baik dengan Sensei sehingga akan terjadi hubungan yang baik.
  • Fokus dan konsentrasi dalam belajar. Masuk ke lab. setelah mengantar anak ke TK, sekitar jam 9, dan pulang jam 7 malam. Makan siang saya biasanya tetap di lab. dengan bekal yang di bawa dari rumah. Sekitar jam 2 siang saya biasanya (terutama kalau hujan) menjemput anak yang pulang sekolah TK. Setelah itu jam 3 sudah di lab. lagi. Kegiatan ini dilakukan dari hari senin sampai jumat, sedangkan sabtu dan minggu saya luangkan waktu untuk keluarga. Jarang saya masuk ke lab. pada hari tersebut, kecuali kalau ada deadline untuk tulisan atau eksperimen. Prinsip saya adalah menikmati waktu studi di jepang dengan keluarga, karena itu sabtu-minggu saya dedikasikan waktu untuk keluarga.
  • Semangat, pantang menyerah dan tentu saja selalu berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam studi.

Semoga Sukses untuk Pak Agus sekeluarga dan semoga hal-hal yang telah disharingkan oleh Pak Agus disini bisa menjadi nasehat, motivasi, pembelajaran bagi kami-kami semua. Sukses Selalu Pak Agus!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *