Visitors

[Sore wa dame da!] Hal-hal yang Gak Boleh saat Liburan di Jepang (2)

Meneruskan [Sore wa dame da!] Edisi 1 (Link Edisi 1) di Edisi kedua kita masih membahas hal yang sama yaitu apa saja yang nggak boleh dilakukan ketika pas liburan di Jepang. Yuk kita simak lagi:

  • Dilarang buang sampah sembarangan: Jepang adalah negeri yang jarang punya tempat sampah tetapi sangat bersih. Aneh bukan? Ya, disini orang-orang membiasakan diri untuk membawa pulang sampahnya sendiri. Teman-teman yang sedang liburan di Jepang pun bisa mencontoh ini, ketika berwisata bawalah semacam plastik untuk bisa membawa sampah yang teman-teman bawa, dan buanglah ketika menemukan tempat sampah yang tepat. Jangan memaksa membuang sampah makanan ke sampah untuk botol/kaleng yg biasa ditemui didekat vending machine ya!! Perhatikan benar-benar tempat sampah yang ada untuk jenis sampah apa, jangan sampai salah.
  • Dilarang tidak tertib di restaurant: Seperti apa itu? Di Jepang banyak restaurant yang disana teman-teman harus mengembalikan peralatan makan yang digunakan ke tempat yang telah disediakan. Perhatikan ini baik-baik ya, biasanya tempatnya sudah dikasih tanda. Kalau teman-teman bingung, perhatikan saja orang Jepang yang keluar sebelum teman-teman bagaimana mereka memperlakukan alat makannya. Restaurant yang memberlakukan sistem seperti ini biasanya restaurant Udon, Ramen, dan juga yang model self service mengambil makanannya. Oh iya, budayakan antri juga ya!!
  • Dilarang telpon di kendaraan umum: beberapa teman sudah punya pengalaman beberapa kali mengalami teguran ni gara-gara menelpon di kendaraan umum seperti bus dan kereta. Selain itu ketika kereta sangat penuh larangannya nambah, jangan mainan HP untuk keperluan apapun, karena akan mengganggu yang ada disekitar temen-temen, tetapi di kereta yang cukup lowong nggak akan ada masalah bagi teman-teman untuk membuka-buka HP.
  • Dilarang meninggalkan kartu identitas: Untuk teman-teman yang merupakan pelajar atau pekerja ataupun penduduk sementara di Jepang pastikan selalu membawa resident card teman-teman, sedangkan untuk para wisatawan, pasport wajib selalu dibawa kemana-mana, jangan sampai tertinggal di hotel atau penginapan. Kalau tidak bisa menunjukkan identitas saat kebetulan ada pemeriksaan alias razia dari polisi teman-teman bisa dianggap masuk ke Jepang secara ilegal. Selain itu membawa passport bagi wisatawan akan sangat berguna di toko-toko yang memberlakukan Tax Free buat wisatawan asing lho untuk pembelian jumlah tertentu!
  • Dilarang merokok sembarangan: Ini aturan yang sangat ketat dan sangat penting di Jepang untuk para perokok, di Jepang merokok di depan umum adalah sangat dilarang. Biasanya Jepang memang menyediakan spot-spot khusus merokok, dimana orang-orang bisa merokok disitu dengan bebas. Akan tetapi jangan sekali-kali ya teman-teman nyoba ngerokok di keramaian. Jepang salah satu negara dengan konsumsi rokok tinggi, tapi mereka tetap berpegang terhadap aturan merokok ini secara ketat, wajib dicontoh ya!!
  • Dilarang berisik: Jepang salah satu tempat yang sangat sensitif dengan suara, tentunya kalau di kota, di tempat wisata banyak bicara akan sangat wajar asalkan tidak teriak-teriak, tetapi di kendaraan umum, di lift, usahakan teman-teman hanya bicara hal-hal yang penting-penting saja, jangan sampai mengganggu yang lainnya. Di area pemukiman, terutama ketika malam hari pun teman-teman harus menjaga untuk bersuara keras, jangan sampai yang nyamperin untuk ngasih tau adalah polisi.
  • Dilarang berbasah-basahan di toilet: maksudnya adalah jangan mpe air yg kita pake di toilet tumpah kemana-mana. Bagi yang belum biasa menggunakan toilet kering mungkin ini tantangan, tapi haruslah dibiasakan ya. Orang jepang sukanya toilet dalam keadaan bersih dan kering, jangan berlebihan juga menggunakan airnya. Untuk buang air kecil teman-teman bisa menggunakan tisu basah untuk menggantikan air, sedangkan klo buang air besar klo bisa sih cari toilet yang dah canggih yang ada bidetnya untuk kenyamanan.
  • Tambahan Buat Muslim terutama jangan makan sembarangan: teman-teman yang muslim walaupun di negeri orang haruslah sebisa mungkin menjaga diri dari makan sembarangan, sedikit survei mengenai makanan yang halal, yang boleh di makan di Jepang bagi muslim tidaklah sulit sebelum berangkat. Apalagi klo teman-teman berkunjungnya di kota besar, teman-teman tidak akan kesulitan mencari tempat makan halal. Gunakan aplikasi pencari makanan halal seperti halal gourmet, halal navi, dll untuk membantu teman-teman.

Sekian dulu.. Nantikan Edisi berikutnya ya!! Link Edisi 3: Edisi 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *