airshow2

Blue Impulse Mengudara!! Peringatan 1 Tahun Gempa Kumamoto

Pada hari Minggu, 23 April 2017 lalu, bertempat di Kumamoto Castle dan sekitarnya, pemerintah Prefecture Kumamoto mengadakan peringatan 1 tahun gempa yang menimpa Kumamoto pada April 2016 silam.  Adapun berita lebih lengkap mengenai gempa besar yang melanda Kumamoto dapat dibaca pada tautan berikut: siaran pers gempa kumamoto april 2016

Warga Jepang maupun orang asing khususnya yang tinggal di Kumamoto sangat antusias mengikuti acara ini. Tidak hanya anak kecil dan pasangan muda, namun juga para lanjut usia turut serta dalam memeriahkan acara tsb.

Visitors

Acara utama peringatan 1 tahun gempa Kumamoto berlokasi di lapangan sekitar Kumamoto Castle, selain panggung hiburan yang menghadirkan berbagai pertunjukan traditional Jepang, tentu orang-orang yang datang menanti atraksi utama pada hari itu, apa itu ya? Sebelumnya ada sedikit cerita ni dari kami:

Beberapa hari sebelum dilaksanakannya acara ini, di langit Kumamoto beberapa kali terlihat pesawat tempur sedang melakukan latihan (rehearsal). Banyak orang awalnya mengira hal tersebut sebagai antisipasi pasukan tempur Jepang dalam merespon ancaman dari Korea Utara. Ya, suhu politik memang sedang memanas sehubungan dengan dilakukannya uji coba rudal kendali Korea Utara pada 16 April 2017. Ternyata bukan, pesawat tempur ini adalah Blue Impulse yang merupakan tim khusus dari Japan Air Self-Defense Force (JASDF) yang khusus datang Ke Kumamoto untuk mempertontonkan aksi akrobatik pesawat demi menghibur warga Kumamoto dan sekitarnya.

airshow2

Pertunjukan yang disuguhkan oleh Blue Impulse sungguh mengundang decak kagum, berbagai manuver yang cantik disajikan oleh pasukan khusus JASDF ini. Semua orang yang menontonnya, baik menonton di sekitaran Kumamoto Castle maupun disekitarnya dipuaskan dengan pertunjukan akrobatik pesawat ini.

Selain berbagai pertunjukan yang ada, beberapa personil khusus juga disiapkan oleh penyelenggara dengan mengenakan kostum ninja dan pakaian perang tradisional Jepang. Pengunjung bisa mengambil foto mereka dengan leluasa ataupun berfoto bersama. Di bagian tengah komplek pertokoan souvenir dan makanan juga disajikan hiburan. Tak lupa camilan, snack dan berbagai makanan yang menggoda lidah ditawarkan ke pengunjung.

Peringatan ini menurut beberapa warga Kumamoto menjadi sebuah penglipur lara yang bagus bagi warga Kumamoto, mereka berharap dengan ini Kumamoto bisa bangkit menjadi lebih kuat lagi. Semoga dengan peringatan 1 tahun gempa Kumamoto, semangat untuk terus hidup tetap bergelora! (Bhady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *