74a214f4293e3c65a98552652f6c4691

The Golden Week!!!

Bagi teman-teman yang tinggal di Jepang, yang menggemari segala sesuatu tentang jepang, harusnya gak asing lagi nih dengan istilah yang satu ini “Golden Week”. Kenapa gak asing? ya karena libur, termasuk juga penerbitan majalah manga seperti Shonen, jadi bikin yang pas ceritanya tanggung makin menjadi gregetan.

Apa itu Golden Week? Golden Week pada dasarnya adalah satu rentang waktu dimana disitu berkumpul beberapa hari libur sekaligus, dimulai pada tanggal 29 April sampai 5 Mei setiap tahunnya. Rentang waktu inilah yang terkenal dengan nama Golden Week. Ada hari spesial apa aja sih di golden week? Ini dia:

Showa Day (昭和の日)

Showa Day pada dasarnya diambil dari hari dimana Kaisar Hirohito atau yang juga disebut juga Emperor Showa lahir yaitu tanggal 29 April. Pada masa Kaisar Hirohito masih berkuasa dulu, Showa Day merupakan The Emperor’s Birthday (天皇誕生日), kemudian setelah Emperor Showa wafat pada tahun 1989-2006 berubah nama menjadi Greenery Day (みどりの日) sebelum pada tahun 2007 diubah menjadi Showa Day. Jadi 29 April adalah hari untuk memperingati kelahiran dari Emperor Showa alias Kaisar Hirohito yang tidak lain adalah ayah dari Kaisar yang berkuasa di Jepang saat ini yaitu Kaisar Akihito.

Constitution Memorial Day (憲法記念日)

Constitution Memorial Day adalah hari untuk memperingati lahirnya Konstitusi baru alias tatanan pemerintahan yang baru yang terjadi pada tanggal 3 Mei 1947 atau setelah Perang Dunia Ke-II yang membuat Jepang berbenah untuk menyongsong era baru setelah berakhirnya Perang Dunia ke-II. Hari ini dianggap sebagai hari yang mensimbolkan lahirnya sistem demokrasi dalam Pemerintah Jepang.

Greenery Day (みどりの日)

Greenery Day sebelum tahun 2007 adalah perpanjangan dari Emperor’s Birthday (Showa) dan diperingati setiap 29 April. Greenery Day ditujukan untuk merefleksikan Hari untuk menyatu dengan alam, dipilihnya tanggal 29 April adalah bentuk penghormatan kepada Emperor Showa yang sangat mencintai tanaman. Akan tetapi, lantas tanggal 29 April dijadikan hari libur tersendiri yaitu Showa Day, sedangkan Greenery Day digeser ke tanggal 4 Mei.

Children’s Day (こどもの日)

Children’s Day atau Hari-nya anak-anak awalnya adalah Tango no Sekku (端午の節句) yang merupakan hari-nya anak laki-laki saja namun kemudian berubah menjadi Children’s Day sehingga menjadi perayaan umum untuk semua anak. Perayaan ini awalnya selalu diperingati pada tanggal 5 bulan 5 dari Penanggalan China (Tiongkok). Setelah Jepang beralih menggunakan penanggalan Masehi yang kita pake sekarang ini, hari libur pun sejak tahun 1948 ditetapkan pada tanggal 5 Mei. Salah satu yang paling khas dari perayaan ini adalah adanya Koinobori yang bergelantungan di berbagai sudut area di Jepang.

7386cd6dd20f2e91b5931ccf7fc62bd6


Golden Week adalah salah satu liburan terpanjang di kalender Jepang selain Liburan Tahun Baru dan Obon. Walaupun secara penanggalan hanya 4 hari diantara 1 minggu yang libur, perusahaan-perusahaan biasanya meliburkan karyawannya 1 minggu penuh agar karyawannya bisa menikmati liburan ini. Berbagai majalah juga absen terbit termasuk Shonen yang biasanya terbit setiap minggu.

Di masa Golden Week inilah orang-orang jepang biasanya menghabiskan waktunya untuk liburan penuh, ada yang berlibur keluar kota, ada yang pulang ke kampung halaman, dan banyak pula yang pergi keluar negeri. Tempat-tempat wisata penuh dengan orang yang sedang melakukan liburan, hotel penuh, penerbangan full book dan beberapa daerah bahkan sengaja menyelenggarakan festival tertentu demi menyedot wisatawan. Selamat menikmati Golden Week ya!!

credit photos: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *