18119338_1325069994252597_518889760267406265_n

Beasiswa MEXT G to G (Embassy Recommendation) untuk S2/S3 keberangkatan 2018 dibuka!! Apa sih Mext G to G itu? Simak disini!!

Bagi teman-teman yang ingin kuliah di Jepang dengan beasiswa dari Pemerintah Jepang atau dikenal juga dengan Monbukagakusho alias MEXT pendaftarannya dah dibuka lho!! Teman-teman yang nantinya diterima akan berangkat pada April 2018!!

Sebelumnya kita kenalan dulu nih dengan beasiswa MEXT! Beasiswa MEXT adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Jepang yang bernama Ministry of Education, Culture, Sport, Science and Technology atau bisa disingkat MEXT dan ditujukan untuk memberikan kesempatan pelajar asing untuk bisa kuliah di Jepang!

Dari cara mengalokasikan kuota beasiswa, Beasiswa MEXT untuk S2/S3 bisa digolongkan menjadi 2 golongan yaitu Beasiswa MEXT U to U (University to University) dan Beasiswa MEXT G to G (Government to Government). Apa bedanya?

  • Beasiswa MEXT U to U kuota beasiswanya diberikan ke Universitas yang terpilih di Jepang, ada sekitar 20 Universitas yang terpilih untuk menyelenggarakan ini. Setelah itu Universitas-Universitas yang terpilih ini yang akan menjaring sendiri mahasiswa yang kemudian akan diusulkan ke Pemerintah Jepang untuk menerima Beasiswa ini. Secara resmi U to U disebut juga MEXT University Recommendation.
  • Beasiswa MEXT G to G kuota beasiswanya diberikan kepada Negara-Negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang, dimana proses pendaftaran dan seleksi beasiswa dilakukan oleh pihak Japan Embassy di negara-negara tersebut. Secara resmi G to G ini disebut juga Embassy Recommendation.

Nah yang dibuka kali ini adalah yang G to G nih alias Embassy Recommendation. Perbedaan mencolok dari 2 jenis beasiswa diatas adalah klo U to U kita sudah pasti mau ke kampus mana, sedangkan untuk G to G teman-teman harus berjuang dapetin beasiswa dulu baru kemudian setelah lulus diberikan surat keterangan yang bisa digunakan mendaftar ke Universitas-Universitas di Jepang. Teman-teman bisa mendaftar ke 3 Universitas berbeda, setelah mendapat LoA sebagai research student lantas surat dikirimkan ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia untuk kemudian direkomendasikan ke MEXT.

Perbedaan mendasar yang kedua, penerima beasiswa U to U biasanya bisa langsung menjalani kuliah di Universitas tujuan nanti, sedangkan penerima beasiswa G to G harus menjadi research student terlebih dahulu dalam tempo waktu sekurang-kurangnya 6 bulan, atau standartnya 1 tahun. Selama menjadi research student hal yang paling pokok adalah teman-teman dituntut belajar bahasa Jepang, sehingga kemampuan berbahasa Jepangnya bagus. Ketika menjalani research student inilah biasanya teman-teman nantinya mengikuti seleksi memasuki kampus yang teman-teman tuju tersebut, kalau teman-teman lulus, bisa langsung jadi mahasiswa S2/S3 disana dengan beasiswa MEXT juga.

Pendaftaran MEXT 2018 dibuka nih mulai 26 April 2017-16 Mei 2017, bagi yang tertarik buruan daftar ya!! Simak informasi lengkap mengenai pendaftaran beasiswanya disini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2018.html selamat mencoba ya!!

2 thoughts on “Beasiswa MEXT G to G (Embassy Recommendation) untuk S2/S3 keberangkatan 2018 dibuka!! Apa sih Mext G to G itu? Simak disini!!

  1. Halo min! Mau nanya, untuk beasiswa G to G ini, untuk pilihan ke tiga universitas nya tersebut, harus dapet profesor pembimbing nya dulu tidak? Atau bisa mencantumkan saja universitas dan jurusan yang diinginkan untuk riset?

    1. itu tergantung setiap Universitas.. biasanya persyaratan tiap Universitas bisa beda-beda.. tapi dari pengalaman yang ambil di Kumamoto University memang harus sekalian cari dosen pembimbing yang sesuai dengan bidangnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *