kmm-fe-01

Mengenal Maskot Kumamoto: Kumamon!!!

Kumamon itulah nama maskot Prefecture Kumamoto yang dipopulerkan mulai tahun 2010 yang lalu. Maskot ini diciptakan oleh pemerintah Kumamoto Prefecture dengan tujuan untuk lebih mempopulerkan pariwisata di Kumamoto seiring dengan dibukanya Kyushu Shinkansen Line mulai tahun 2011.

Nama Kumamon sendiri pada dasarnya diambil dari Kanji depan dari nama Kumamoto yaitu “Kuma” yang berarti juga beruang. Seperti namanya, Kumamon sendiri berwujud sebagai beruang hitam besar dengan dua lingkaran merah besar di pipinya dan memiliki warna putih di wilayah sekitar mata, mulut, hidung dan telinganya.

Kemunculan Kumamon sendiri secara cepat menjadi sangat booming dan dikenal diseluruh jepang karena sosoknya yang sangat khas, mudah dikenali, lucu, dan tingkahnya yang sangat menggemaskan. Walaupun banyak yang awalnya seram melihatnya tapi begitu melihat tingkah polahnya yang menggemaskan, siapa yang tidak jatuh cinta pada Kumamon?

P_20161127_154608

Kepopuleran Kumamon sendiri sudah terbukti lho!! Pada tahun 2011 Kumamon menjuarai Yuru-chara Grand Prix atau Kontes kepopuleran antar maskot-maskot wilayah di seluruh Jepang yang pemilihannya berdasarkan pada voting online. Yuru-chara Grand Prix sendiri mengangkat konsep yang cukup unik yaitu maskot yang pernah menjadi juara tidak diperkenankan lagi untuk mengikuti kontes pada tahun berikut-berikutnya lagi. Mungkin agar bisa berbagi popularitas kali ya!!

Walaupun Jepang sekarang punya lebih dari 1.700 maskot wilayah tapi popularitas Kumamon sendiri semakin bersinar tidak hanya di dalam negeri tetapi juga diluar negeri. Beberapa artis terkenal dari luar jepang seperti Keanu Reeves, BTS, Lea Seadux pernah bertemu Kumamon, selain itu beberapa negara juga pernah disinggahi maskot yang menggemaskan ini. Brand Kumamon sendiri sudah menjadi Brand yg sangat luar biasa populer dengan total pendapatan dari merchandise saja pertahunnya lebih dari 100 Miliar Yen, menyaingi pendapatan dari penjualan merchandise anime-anime popular.

Kumamon ternyata memiliki jadwal yang amat sangat padat lho teman-teman!! Bagi teman-teman yang pengen tau kegiatan Kumamon apa saja bahkan pengen bisa bertemu dengan Kumamon, bisa simak jadwal Kumamon di website resminya ni disini http://kumamon-official.jp/ . Sayang sekali ya tidak ada bahasa inggrisnya bagi yang bahasa Jepangnya pas-pasan. Selain disana teman-teman bisa mendatangi yang namanya Kumamon Square nih, disana tersedia banyak informasi, foto kegiatan dan berbagai hal tentang Kumamon. Di waktu-waktu tertentu bahkan teman-teman bisa bertemu langsung lho dengan Kumamon perhatikan jadwalnya ya disini https://www.kumamon-sq.jp/en/ tapi teman-teman juga harus berlomba dengan keberuntungan nih klo banyak orang maka yg boleh masuk ke Kumamon Square harus dibatasi.

Yuk Ke Kumamoto dan bertemu dengan Kumamon!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *