J-3

JASSO Short-Term Exchange Kumamoto University untuk S2/S3 di Graduate School of Science and Technology dibuka!!

Berita gembira ini akhirnya kembali datang, IJEP Shorterm-Exchange Program 2017 untuk Mahasiswa Graduate Program di Graduate School of Science and Technology kembali dibuka setelah pada tahun 2016 lalu sempat absen. Berbeda dengan short-term exchange S1 yang lebih menyasar ke arah pendidikan bahasa jepang di Kumamoto University, program ini ditujukan untuk teman-teman S2-S3 di Indonesia yang ingin merasakan atmosphere riset di Jepang.

Program Short-term exchange ini diselenggarakan oleh GSST atau Graduate School of Science and Technology. Apa saja sih bidang yang termasuk GSST? Teman-teman bisa melihat link ini GSST. Adapun penjelasan detail mengenai program dan persyaratannya bisa dilihat di sini Application Information dan form pendaftaran bisa didownload di form1 . Secara umum persyaratannya tidaklah ribet seperti: Toefl 530/iBT 71/IELTS 6.0 kemudian IPK 2.3 skala 3, dan kemudian meminta surat-surat rekomendasi dari dosen/dekan. Untuk Indonesia yang IPK-nya menggunakan skala 4, maka ada cara konfersinya yang tertera di Application Information yang linknya sudah tertera diatas, tinggal klik saja.

Program ini menerima 20 orang mahasiswa aktif yang sedang mengenyam pendidikan di berbagai Partner Universities (list partner university) dari Kumamoto University untuk merasakan pendidikan sekaligus menjalani risetnya di Kumamoto University selama 6 bulan atau 1 tahun (bisa memilih). Jadi teman-teman bisa merasakan beneran bagaimana rasanya menjadi mahasiswa di Jepang sekaligus menjadi bagian dari salah satu lab di Jepang. Pada tahun 2015 ada 7 orang mahasiswa dari Indonesia yang menjalani exchange dengan program ini, yang terbanyak diantara berbagai negara yg juga mengirimkan mahasiswanya kesini.

Selama disini tentu teman-teman tentu free biaya exchangenya ya, dan mendapatkan support beasiswa dari JASSO sebesar 80.000 Yen/bulan. Untuk teman-teman yang tinggal sendirian di Kumamoto nanti, kami jamin ini sudah sangat mencukupi. Teman-teman nanti akan ditawari tinggal di International House yang di dalamnya telah tersedia beberapa perlengkapan dan perabotan yang memudahkan teman-teman selama disini, dan harganya pun lebih terjangkau dibandingkan sewa apartment disini.

Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa ditanyakan ke International Office kampus masing-masing, karena yang mengirimkan wajib melalui International Office kecuali ITS yg melalui Liaison Office atau untuk tanya-tanya bisa juga menghubungi langsung email yang tertera di Application Form diatas. Bisa juga teman-teman mengontak Liaison Office Kumamoto University di ITS.

Mia Hernawati
Kumamoto University Liaison Office at ITS
Gedung Pasca Sarjana , Lt. 1
(Ruang Direktorat Inovasi,Kerjasama dan Kealumnian)
Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Sukolilo – Surabaya
Indonesia 60111
Bisa juga yang ingin tanya-tanya untuk menghubungi PPIJ Kumamoto di ppijkumamoto.adm@gmail.com. Bagi yang tertarik jangan lupa Daftar ya!! Program ini juga bisa membuka jalan lebar juga bagi teman-teman S2 misalnya yang ingin lanjut S3 disini lho, terbukti sudah banyak mahasiswa jebolan program ini yang kemudian lanjut menjadi mahasiswa S3 disini.. Jangan ragu, buruan daftar, Deadlinenya 9 Juni 2017, buruan ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *