Kumamoto Castle

Tahukah Anda? Serba Serbi Kumamoto Edisi #1

Website PPIJK kembali mencoba mengulas Kumamoto nih dengan menghadirkan beberapa fakta menarik tentang Kumamoto. Semoga serba serbi Kumamoto yang pertama ini ada kelanjutannya ya nanti.

  • Tokoh Populer

Penggemar manga, weeaboo, maupun Otaku hampir pasti tau semua orang yang 1 ini, yang ternyata lahir di Kumamoto. Ya!! Kumamoto adalah tempat kelahiran Mangaka One Piece, Eiichiro Oda (尾田 栄一郎). Popularitas One Piece sebagai manga dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah tentu dah tidak diragukan lagi, sayangnya kok gak ada ya Mugiwara Store di Kumamoto… https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_best-selling_manga

  • Olahraga

Dalam olahraga, Kumamoto sangat tidak dipisahkan dari Badminton. Selain jadi pemusatan latihan atlet timnas Jepang, Kumamoto juga memiliki sebuah tim kuat yang pada musim 2016/2017 menjadi juara S/J League untuk tim beregu putri yaitu Saishunkan (再春館製薬所). Kumamoto juga bercita-cita ni menjadi homebase tim olimpiade badminton Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. Kumamoto Saishunkan juga tampil di Djarum Superliga 2017 walaupun tidak dengan kekuatan penuh. http://www.saishunkan-badminton.jp/

saishunkan

  • Tokoh Sejarah

Miyamoto Musashi, samurai yang tidak terkalahkan dalam 60 duel-nya, meninggal di Kumamoto juga lho. Apabila menggunakan kereta dari Kota Kumamoto ke arah Aso, pasti kita akan bertemu dengan sebuah stasiun yang bernama Musashi-zuka atau kalau diterjemahkan adalah makam musashi karena letaknya yang bersebelahan dengan Musashi-zuka koen. Tertarik untuk mengunjunginya?

  • Bangunan Bersejarah

Kumamoto Castle adalah salah satu dari 3 Castle terbesar di Jepang bersama Himeji Castle dan Matsumoto Castle. Kumamoto Castle sendiri adalah lambang kegagahan dari Era Edo, yang menjadikan Kumamoto sebagai pusat pemerintah Kyushu pada saat itu. Kumamoto Castle sendiri sebenernya sudah rusak parah akibat pemberontakan Satsuma pada awal Era Meiji, akan tetapi pada tahun 1960 kembali direkonstruksi berdasarkan data-data yang ada sehingga menjadi semirip mungkin dengan castle yang asli. Saat ini Kumamoto Castle mengalami kerusakan parah akibat gempa April 2016 lalu, dan perbaikannya direncanakan selesai pada tahun 2036.

  • Maskot

Maskot Kumamoto yaitu Kumamon adalah Maskot paling populer di Jepang lho!! Kumamon merupakan maskot yang diciptakan untuk mempopulerkan pariwisata di Kumamoto. Kumamon diciptakan pada tahun 2010 seiring dengan dibukanya jalur Kyushu Shinkanzen pada tahun 2011 yang tentunya ikut menghubungkan Kumamoto. Artikel lengkap tentang Kumamon Menyusul ya!!

P_20161127_154608[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *