kumamoto-city-tram-3-1024x580

Berkelana Dengan Tram di Kumamoto!!

Bagi teman-teman yang ingin berkelana di dalam Kota Kumamoto menggunakan Transportasi Umum, selain Bus dan Kereta ada 1 lagi nih transportasi yang bisa digunakan yaitu menggunakan Tram atau kalau orang kita biasa bilangnya Trem. Memang tidak seperti Bus dan Kereta yang menjangkau area yang lebih luas, menggunakan Tram yang notabene adalah kereta dalam kota ini bisa memberi nuansa sendiri lho!!

Tram pada dasarnya adalah kereta dalam kota, tidak seperti Kereta biasa, Tram berjalan melalui jalur khusus yang berada di tengah jalan raya. Di gambar dibawah ini teman-teman bisa melihat rute yang dilewati oleh Tram di Kota Kumamoto.

Kumamoto-City-Tram-Map

Jadi ada 2 Rute Tram di Kumamoto, yang pertama A-line dari Kengun-machi menuju Kumamoto-station dan sebaliknya, dan yang kedua B-line dari Kengun-machi menuju Kami Kumamoto-station dan sebaliknya. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu flat 170 Yen untuk dewasa dan 90 Yen untuk anak-anak (harga yang tertera pada gambar diatas masih harga lama).

Beberapa pusat keramaian di Kumamoto terhubung menggunakan Tram, seperti Kumamoto Station, Kumamoto Kotsu Center, Kumamoto Castle dan Sakura No Baba, Shimotori dan Kamitori, Suizenji Park, Kumamoto Zoo, sampai Ezu-lake pun bisa ditempuh sekitar 1km jalan kaki dari Hachobaba-station.

Yang pengen nyoba menggunakan Tram, gampang banget ni, tinggal teman-teman menuju salah satu stasiun Tram yang tertera di gambar diatas saja, kemudian tinggal naik. Kalau teman-teman dari Kumamoto University, yang paling deket adalah Suidocho Station. Pas turun teman-teman tinggal bayar saja 170 Yen karena tarifnya jauh dekat sama saja. Jangan lupa bayar pake uang pas ya karena gak ada kembaliannya uangnya, bagi yang gak punya uang pas bisa tuker dulu di mesin yang ada di Tram, tersedia di bagian depan maupun belakang Tram.

Menggunakan Tram juga menjadi salah satu pilihan menarik ni bagi yang ingin menuju Kumamoto Station dari Kurokami Campus, hanya ada 1 bus yang langsung menuju Kumamoto Station dari Kurokami Campus yaitu Bus nomer 18, seandainya lama, teman-teman bisa menggunakan Bus ke Suidocho, dan lanjut menggunakan Tram dari Suidocho ke Kumamoto Station.

Belum pernah nyoba pake Tram? Wajib cobain ya!!!

credit: explore-kumamoto.com, inasunnyspot.com

2 thoughts on “Berkelana Dengan Tram di Kumamoto!!

    1. bayar pas turun.. ada mesin buat masukin uangnya di dekat sopir tram.. harus uang pas, kalau nggak ada uang pas dituker di mesin penukar uang dulu buat nuker 500/1000 jadi uang receh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *