jr kyushu

Enjoy Kyushu dengan JR Kyushu Foreign Student Pass!

Untuk menunjang pariwisata di Jepang, Pemerintah Jepang bekerjasama dengan berbagai operator transportasi di Jepang menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan sekaligus meringankan orang-orang yang ingin berekreasi di berbagai daerah di Jepang. Salah satu-nya adalah JR Pass yang dikeluarkan oleh Japan Rail Company, berupa sebuah kartu Pass yang bisa digunakan untuk menggunakan jasa transportasi JR di area tertentu dan dalam tempo waktu tertentu pula, salah satunya adalah JR Kyushu Rail Pass.

Ada 2 macam JR Kyushu Pass yang dijual, yang pertama adalah untuk orang asing yang berkunjung sementara di Jepang seperti pemegang visa turis, dan yang kedua adalah untuk mahasiswa asing yg tinggal di Jepang. JR Kyushu Pass untuk mahasiswa asing ini disebut dengan JR Kyushu Foreign Student Pass (JR Kyushu Ryugakusei Pass). Bagi mahasiswa asing yang ingin berjalan-jalan keliling Kyushu, ini tentu sangat memudahkan, karena harganya yang terjangkau dan berlaku untuk semua transportasi kereta yg dioperatori JR di Kyushu area.

P_20170327_074701Ada 2 macam tiket yang ditawarkan untuk JR Kyushu Foreign Student Pass yaitu Northern Kyushu Area dan All Kyushu Area. Untuk Nothern Kyushu Area harganya adalah 7.200 Yen, sedangkan untuk All Kyushu Area harganya adalah 14.400 Yen. Untuk membelinya siapkan Resident Card teman-teman, tiket ini bisa dibeli di stasiun-staisun besar JR, dan untuk yang di Kumamoto University bisa membelinya di Coop. Dengan menggunakan ini, kita bisa menikmati 3 hari perjalanan berturut-turut unlimited menggunakan kereta yang dioperasikan oleh JR. Setelah membeli tiket, kita akan mendapatkan 2 lembar kertas seperti gambar diatas. Kertas yang lebih besar (panjang) hanyalah petunjuk penggunaan, jadi tidak perlu dibawa-bawa, sedangkan yang kecil adalah tiket yang harus kita bawa. Di stasiun lokal yg sistemnya masih manual tiket hanya perlu ditunjukkan ke petugas stasiun saja, sedangkan untuk stasiun yg sudah menerapkan sistem pengecekan tiket secara electric, setiap memasuki dan meninggalkan area peron kereta kita masukkan tiket ke mesin pengecekan tiket electric yg tersedia, kemudian kita ambil kembali tiket di ujung satunya lagi.

Perlu diperhatikan bahwa gerbong yang bisa kita naiki secara free adalah Gerbong yang “Non-reserved” saja. Pada kereta seperti Shinkanzen dan beberapa kereta cepat terdapat seat yang reserved dan ada juga yang non-reserved, jadi perhatikan ya jangan sampai salah gerbong. Beberapa kereta khusus seperti Yufuin no Mori, SL Hitoyoshi, dan beberapa kereta khusus semua seat-nya adalah reserved, jadi kita harus booking terlebih dulu dan mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menggunakan kereta-kereta tersebut. Untuk kereta lokal semuanya free, informasi lengkap bisa didapat disini  http://www.jrkyushu.co.jp/tabi/2011_study_abroad_pass/index.html.

Perlu diperhatikan juga bahwa batas paling utara untuk menggunakan shinkanzen adalah Hakata Station. Walaupun Kokura Station juga masih berada di area Kyushu akan tetapi kita tidak bisa menggunakan Shinkanzen sampai Kokura karena shinkanzen dari Hakata ke Kokura sudah termasuk wilayah operasional JR West, bukan lagi JR Kyushu. Untuk bisa mencapai Kokura dan sekitarnya kita bisa menggunakan kereta JR lain selain shinkanzen, walaupun tentu waktu tempuhnya menjadi lebih lama.

P_20170324_142203

Untuk mengetahui gerbong nomer berapa yang merupakan gerbong non-reserved di shinkanzen bisa dilihat di papan electric yang tertera di peron keberangkatan kereta. Disana tertera informasi nama kereta, jadwal keberangkatan, nomer gerbong non-reserved dan juga panjang rangkaian kereta (untuk shinkanzen ada yang 6 gerbong, ada yang 8 gerbong). Setelah tau gerbong mana yang non-reserved segera menuju ke pintu/gate yang tertera nomer gerbong tersebut. Di pintu-pintu(gate) tersebut tertera 2 nomor, masing-masing adalah nomer gerbong untuk kereta dengan panjang 6 gerbong, dan 1 lagi nomer gerbong untuk kereta 8 gerbong, sehingga penumpang tidak salah memasuki gerbong.

Untuk memudahkan gunakan web www.hyperdia.com atau aplikasi hyperdia untuk mengetahui jadwal kereta. Enjoy Kyushu my friends!! Jangan Sampai ketinggalan kereta ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *