Adriatico Guest House, ICTP, Trieste - Italia

Ingin bepergian ke Italia, ini cara mengurus visa nya

Adriatico Guest House, ICTP, Trieste - Italia

Adriatico Guest House, ICTP, Trieste – Italia

Bagi mahasiswa asing di Jepang, terkadang harus bepergian ke luar negeri baik dalam rangka menghadiri conference, summer school ataupun sekedar berlibur. Italia adalah salah satu negara yang banyak dijadikan lokasi penyelenggaraan conference, misalnya COMPSAC 2017 dan The CODATA-RDA School of Research Data Science.

Untuk bisa menghadiri event di luar negeri, termasuk di Italia, kita harus mempersiapkan rencana perjalanan dengan baik, diantaranya mengurus visa di kantor perwakilan negara Italia di Jepang. Bagi mahasiswa di wilayah Kyushu, termasuk Kumadai tentunya, pengurusan visa Italia dapat dilakukan di kantor konsulat di Osaka. Alamat kantornya yaitu:

Consulate General of Italy in Osaka
Nakanoshima Festival Tower. 17F,
2-3-18, Nakanoshima, Kita-ku,
Osaka 530-0005 Telp. 06 4706 5841 (Visa Office)

Informasi mengenai persyaratan dan tata cara permohonan visa Italia dapat diakses di laman web melalui tautan Going to Italy. Beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya paspor yang masih berlaku, pas foto satu lembar, surat undangan resmi dari penyelenggara conference, sertifikat/surat keterangan sebagai mahasiswa Kumadai, tiket pesawat Jepang-Italia pp, surat keterangan akomodasi, dll. Untuk lebih rinci, bisa dilihat di laman web nya.

Setelah mengisi formulir dan melengkapi dokumen (sesuai daftar checklist), kita harus melakukan reservasi secara online melalui laman web PRENOTA ON LINE dan mendaftar sebagai pengguna baru. Tersedia tiga pilihan bahasa yaitu Italiano, English dan 日本語. Silakan mengikuti prosedur pendaftaran dan reservasi sesuai dengan petunjuk yang ada. Tentukan hari, tanggal dan hari baik menurut anda kapan bisa datang ke kantor konsulat Italia di Osaka. Berikut ini contoh screenshot proses tersebut.

italia1

italia2

Selanjutnya kita tinggal datang sesuai reservasi (jangan sampai terlambat, sebab tiap-tiap reservasi sudah fixed jadwalnya) dengan membawa dokumen lengkap, daftar checklist dan print out jadwal reservasi dari laman web PRENOTA ON LINE.

Semoga bermanfaat. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *