1488710404606

Lunch Party bersama KIFA dan Peserta JENESYS!! Enjoy Kumamoto My Friends!!

JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Student and Youth) adalah sebuah proyek yang digagas oleh Pemerintah Jepang yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, solidaritas dan persaudaraan erat di Asia melalui program exchange yang diselenggarakan selama beberapa hari di Jepang. Program exchange ini sudah berlangsung mulai tahun 2007 dan setiap tahunnya tidak kurang dari 3000 siswa menikmati program exchange yang diselenggarakan oleh oleh proyek ini. JICE (Japan International Cooperation Center) selaku penyelengara program ini bertugas melakukan kerjasama dengan berbagai sekolah, universitas, pemerintah daerah maupun organisasi local untuk mengelola keberlangsungan JENESYS.

Minggu, 5 Maret 2017 bertempat di Hotel New Otani, diselenggarakan Lunch Party yang dihadiri oleh para Peserta JENESYS yang seluruhnya dari Indonesia, KIFA (Kumamoto-Indonesia Friendship Association) dan juga perwakilan pelajar Indonesia yang baru kuliah di Kumamoto yang berjumlah 18 orang. Para Peserta JENESYS sebanyak 25 orang yang kebanyakan berasal dari bidang ilmu keperawatan ini datang ke Kumamoto untuk mempelajari tentang sistem pendidikan di Jepang dan juga mempelajari sistem kesehatan dan juga fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh Kumamoto.

Lunch Party sendiri berlangsung dengan suasana yang hangat. Setiap bangku diatur sedemikian rupa agar terdiri dari Peserta JENESYS dan pelajar Indonesia di Kumamoto sehingga bisa saling sharing mengenai pengalaman satu sama lain, terutama tentu memotivasi peserta JENESYS ini untuk nantinya bisa kembali ke Jepang tentunya untuk melanjutkan study. Selain orang-orang Indonesia ada pula para member KIFA yang ikut berbaur bersama kami, sehingga kami pun bisa bertukar cerita dengan member KIFA mengenai Kumamoto, mengenai cita-cita kami, dan hal-hal lain juga.

14887104296971488710371486

Acara Lunch Party ini sekaligus digunakan oleh KIFA untuk memperkenalkan diri dihadapan teman-teman Peserta JENESYS mengenai siapa mereka, bagaimana sejarah berdirinya KIFA, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh KIFA dan juga visi dan misi KIFA kedepannya. Acara Lunch Party diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari perwakilan peserta JENESYS ke Presiden KIFA, Yoshiomi Mori-sensei, kemudian setelah rangkaian acara lunch party selesai tentu acara foto bersama seluruh peserta Lunch Party tidak terlewatkan.

Pertemuan ini mungkin singkat, kedatangan teman-teman peserta JENESYS ini mungkin hanya sebentar saja di Kumamoto, Hari selasa tanggal 7 Maret mereka harus berangkat untuk kembali lagi ke tanah air. Namun, kami berharap bahwa perjalanan singkat ini menjadi perjalanan yang bermakna, yang bermanfaat bagi semuanya sampai kedepan nanti. Enjoy Kumamoto kawan, dan sampai kita bertemu lagi!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *